fashion-beauty

Apakah Kamu Punya Masalah Kulit Sensitif? Begini Tips Melindunginya

Berikut beberapa cara melindungi kulit yang sensitif. Yuk, simak!

Rima Sekarani Imamun Nissa
Sabtu, 13 Agustus 2022 | 08:12 WIB

Cuaca panas kadang membuat beberapa orang tak nyaman. Hal itu biasanya karena mereka memiliki kulit sensitif sehingga rentan mengalami beberapa masalah kulit seperti kemerahan, ruam, iritasi, hingga pori-pori tersumbat. Tentu saja masalah kulit ini membutuhkan perawatan yang ekstra.

Cuaca panas memang waktunya untuk mengenakan pakaian yang tidak bikin gerah. Namun, hal itu justru yang kemudian membuat kulit jadi terpapar sinar matahari langsung. Jika kamu memiliki masalah kulit seperti ini, tahukah bagaimana cara melindungnya?

Pertama, dilansir dari laman Times of Indian, hal yang mesti dilakukan untuk mencegah masalah kulit sensitif adalah melindungi kulit dengan menggunakan pakaian yang tertutup, khususnya saat berpergian keluar rumah. Jangan lupa juga untuk membawa payung, sunglasses, dan topi yang besar.

Baca Juga: 8 Arti Mimpi Pinjam Uang, Pertanda Kebanyakan Utang di Dunia Nyata?

Melindungi kulit dengan tabir surya. (Shutterstock)

Kedua, memakai sunscreen. Menggunakan sunscreen juga penting untuk melindungi kulit sensitifmu. Tak hanya itu, jahatnya sinar UV-A dan UV-B ini bisa membuat kulitmu jadi tanning, menyebabkan penuaan dini, bintik-bintik, garis halus, hingga kerutan. Gunakanlah tabir surya dengan SPF 30 atau lebih.

Ketiga, kulitmu harus selalu terhidrasi. Minumlah banyak air putih. Selain karena kamu akan mengeluarkan banyak keringat di tengah cuaca panas, air putih juga bagus untuk melindungi kulit sensitifmu.

Keempat, rutin cuci muka. Gunakan pembersih muka yang ringan tanpa busa untuk melakukan cuci muka 1-2 kali sehari. Hal ini penting untuk menghilangkan minyak dan polusi di pori-pori kulit. Jangan gunakan scrub yang keras pada kulit sensitif karena itu bisa menyebabkan kulit robek dan iritasi.

Baca Juga: Web Series Ini Suguhkan Keragaman Kuliner di Jatim, Banjarmasin dan Lombok, Tonton Yuk!

Kelima, gunakan pelembap water based. Penggunaan pelembap berbahan dasar air dapat menghidrasi kulitmu saat cuaca panas.

Baca Juga: Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

Jika hal-hal di atas tetap tidak bisa melindungi kulit sensitifmu secara efektif, segera lakukan pemeriksaan ke dokter kulit.

fashion-beauty

Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

Pagelaran IFW 2024 kali ini digelar dengan menjadikan wastra Betawi sebagai fokus utama dengan mengusung tema Langgam Jakarta Teranyam.

fashion-beauty

Sambut Hari Raya Bareng Brand Lokal, Ini 4 Rekomendasinya

Rayakan Lebaran bersama koleksi terbaik persembahan brand lokal.

fashion-beauty

6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

Berikut beberapa jenis kain yang cocok untuk bahan baju Lebaran.

fashion-beauty

IFW 2024 Jadi Rujukan Tren Mode Lintas Generasi, Berkomitmen Usung Produk Lokal

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 digadang-gadang menjadi pencipta tren fesyen lintas generasi di Indonesia.

fashion-beauty

5 Gaya Paula Verhoeven Pakai Outer Kemeja, Modisnya Anak Muda Banget

Berikut beberapa inspirasi busana kasual ala Paula Verhoeven.