fashion-beauty

6 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Tak Seribet yang Dibayangkan

Pori-pori wajah yang membesar bisa membuat seseorang jadi kurang percaya diri. Bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah yang aman?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Sabtu, 02 September 2023 | 11:53 WIB

Penampakan pori-pori wajah yang besar mungkin menjadi masalah bagi banyak orang. Kondisi ini bisa membuat wajah tampak tidak rata dan kasar.

Pori-pori besar juga rentan terhadap masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Kalau ingin mengatasi masalah kulit satu ini, berikut deretan cara mudah mengecilkan pori-pori wajah.

1. Membersihkan Wajah secara Rutin

Baca Juga: Ragam Manfaat Susu Kacang Mede untuk Kesehatan, Cocok buat Bumil dan Busui!

Langkah pertama, jaga kebersihan kulit. Membersihkan wajah secara rutin bakal membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori.

Tentu bakal lebih baik jika kamu menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Hindari menggosok wajah terlalu keras karena hal itu bisa merusak kulit.

2. Gunakan Toner

Setelah membersihkan wajah, tahap berikutnya adalah menggunakan toner untuk mengencangkan pori-pori dan mengontrol produksi minyak.

Toner mengandung bahan-bahan kaya khasiat seperti asam salisilat atau asam alfa hidroksi yang membantu membersihkan pori-pori secara lebih dalam. Oleskan toner dengan lembut menggunakan kapas pada seluruh wajah, terutama area yang memiliki pori-pori besar.

3. Clay Mask

Clay mask termasuk jenis masker wajah yang dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah dengan menghilangkan kelebihan minyak dan mengangkat kotoran yang terperangkap di dalamnya.

Pilih masker dengan kandungan seperti lumpur vulkanik, karbon aktif, atau tanah liat bentonit. Gunakan secara teratur dan tentunya sesuai petunjuk pada kemasan agar mendapatkan hasil optimal.

4. Chemical Peeling

Chemical Peeling termasuk metode paling efektif untuk mengecilkan pori-pori wajah. Prosedur ini membantu mengangkat lapisan atas kulit yang mengandung sel kulit mati, minyak berlebih, dan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Hanya saja, sebaiknya konsultasikan dengan ahli kecantikan atau dermatolog sebelum menggunakan perawatan satu ini, apalagi jika kamu punya kulit sensitif.

5. Tabir Surya

Paparan sinar matahari yang berlebihan berpotensi merusak elastisitas kulit dan membuat pori-pori wajah kian membesar. Selalu gunakan tabir surya setiap hari, bahkan saat cuaca tidak terlalu terik. Pilihlah produk dengan SPF tinggi dan sesuaikan dengan jenis kulitmu.

6. Konsumsi Makanan Sehat dan Minum Air Putih

Baca Juga: Nonton Film Horor Bisa Turunkan Berat Badan, Ternyata Ini Alasannya

Asupan nutrisi yang baik sangat penting untuk kesehatan kulit. Konsumsi makanan sehat kaya vitamin, mineral, dan antioksidan akan membantu menjaga elastisitas kulit, termasuk mengurangi ukuran pori-pori. 

fashion-beauty

Bingung Cari Non-comedogenic Moisturizer? Ini Rekomendasinya

Moisturizer berikut ini diklaim tidak menyumbat pori-pori.

fashion-beauty

Jalan-Jalan ke Korea, Tas Mini Caca Tengker Bikin Penasaran

Tas yang dikenakan Caca Tengker sukses mencuri perhatian.

fashion-beauty

Rekomendasi 4 Lip Oil Harga Terjangkau, Mulai dari Rp15 Ribuan

Biarpun harganya terjangkau, lip oil di bawah ini tetap terbukti berkualitas.

fashion-beauty

5 Tas Mewah Bridesmaid Mahalini, Hampir Semuanya Dior

Gaya bridesmaid Mahalini tak lepas dari sorotan publik.

fashion-beauty

Cincin Kawin Rizky Febian dan Mahalini Curi Atensi, Desainnya Bikin Jatuh Hati

Cincin pernikahan Rizky Febian dan Mahalini didesain khusus sesuai kepribadian kedua mempelai.