fashion-beauty

Usung Kebudayaan Lampung, Indahnya National Costume Indonesia untuk Miss International 2023

Desain National Costime Indonesia dalam ajang Miss International 2023 mengangkat kebudayaan Lampung.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Minggu, 08 Oktober 2023 | 09:21 WIB

Puteri Indonesia 2023, Farhana Nariswari, siap mewakili Indonesia di ajang Miss International 2023 yang digelar di Jepang pada 26 Oktober mendatang. Salah satu hal yang jadi perhatian adalah menyiapkan national costume.

National costume yang akan dibawakan Farhana Nariswari mewakili megahnya kebudayaan lampung dengan mengusung tema "The Royal Siger Splendor: A Majestic Tribute to Lampung's Heritage".

Ini adalah busana karya desainer Inggi Indrayana Kendran. Pada foto-foto yang dibagikan akun Instagram officialputeriindonesia, Farhana Nariswari tampak menggunakan siger emas.

Baca Juga: 4 Zodiak Paling Konsisten Olahraga, Rajin Latihan di Pusat Kebugaran

Pada bagian caption unggahan itu, dijelaskan filosofi dari siger yang digunakan Farhana Nariswari. Aksesori itu menggambarkan sikap masyarakat Lampung yang menjaga harga diri dan nama baiknya.

Loading...

"Terinspirasi dari wanita Lampung yang menggunakan siger di kepalanya. Memiliki makna filosofis yang berkaitan dengan nilai-nilai hidup masyarakat Lampung, yakni Piil Pesenggiri, yaitu sikap untuk menjaga harga diri, nama baik, martabat, dan kehormatan hidup," demikian keterangan yang tertulis.

Baca Juga: Jam Tangan Nicholas Saputra Bikin Penasaran, Seleranya Terbukti Elegan

National costume Indonesia untuk Miss International 2023 didominasi warna hijau. Detail yang menonjolkan warna emas membuat Farhana Nariswari terlihat seperti putri kerajaan saat mengenakannya.

Gaun tersebut juga dihiasi berbagai gambar gajah emas. Gajah sendiri merupakan salah satu hewan kebangaan Lampung yang kini terancam punah.

"Melalui busana ini, ingin mengajak wanita Lampung khususnya untuk menjaga keluhuran budaya tanah kelahirannya, salah satunya dengan menjaga keseimbangan alamnya."

Lewat gaun itu, warga Indonesia, khususnya masyarakat Lampung, diajak selalu menjaga keindahan alam sekitar. Adanya motif gajah diharapkan juga mengingatkan betapa penting menjaga habitat demi mencegah kepunahan.

Baca Juga: Tak Hanya Gaji, ART Nikita Mirzani Juga Dapat Jatah Skincare

"Lukisan gajah pada ekor busana ini mengingatkan seluruh masyarakat bahwa lampung memiliki spesies Gajah yang terancam dalam garis kepunahan. Gajah merupakan salah satu satwa yang melekat dengan budaya masyarakat di sana. Keberadaannya kini haruslah menjadi perhatian kita demi menjaga keberadaannya," tulis akun officialputeriindonesia.

fashion-beauty

Happy Lihat Salju, Tasya Farasya Pakai Jaket Mewah Rp120 Juta

Busana hangat yang dikenakan Tasya Farasya ternyata mahal luar biasa.

fashion-beauty

Rekomendasi 4 Mineral Foundation, Aman untuk Kulit Sensitif

Mineral foundation semakin disukai karena teksturnya lebih ringan dari foundation biasa.

fashion-beauty

Aaliyah Massaid Liburan ke Swiss, Begini Gayanya Pakai Jaket Mewah

Aaliyah Massaid mengenakan jaket modis yang harganya mencapai lebih dari Rp30 juta.

fashion-beauty

Ayu Ting Ting Pamer Tas Branded Favorit, Ternyata Kembaran dengan Sosok Spesial

Ayu Ting Ting mengaku berusaha mendapatkan tas yang semirip mungkin dengan idolanya.

fashion-beauty

Ingin Ganti Warna Rambut, Fuji Pilih Salon Elit Langganan Selebritis

Salon tersebut telah menjadi langganan banyak artis ternama, tak terkecuali Nagita Slavina.