fashion-beauty

Tips Pilih Makeup sesuai Warna Kulit, Ini Kata MUA Profesional

Ternyata bukan coba mengoleskan ke punggung tangan, simak tips dari MUA profesional ini.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kamis, 18 April 2024 | 13:15 WIB

Memilih makeup yang cocok untuk warna kulit kerap menjadi tantangan tersendiri. Sebaiknya memang tidak sembarangan pilih produk kosmetik agar tidak merusak hasil riasan.

Selama ini, banyak perempuan yang mengetes kecocokan warna makeup dengan cara mengoleskannya pada pergelangan atau punggung tangan. Hal itu umumnya dilakukan saat hendak memilih foundation atau lipstik.

Sayangnya, ternyata itu bukan cara yang tepat. Ini karena warna kulit wajah dan tangan sangat berbeda. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Baca Juga: Tes Kepribadian: Angka Favorit Bisa Mengungkap Karakter Seseorang

Makeup artist (MUA) profesional, Kirana Fary, mengungkapkan bahwa seperti halnya tone kulit manusia, warna makeup dibagi menjadi dua jenis, yakni warm atau cool. Jadi, jika ingin menemukan warna makeup yang pas, ketahui dulu tone kulit masing-masing.

Loading...

Caranya, periksa warna urat nadi pada pergelangan tangan. Jika urat nadi yang dimiliki tampak berwarna hijau, artinya kamu mesti memilih warna makeup warm. Jika memiliki warna nadi biru atau ungu, pilihlah makeup dengan tone cool.

Baca Juga: Koleksi Raket Tenis Syahrini Bikin Ketar-ketir, Harganya Tembus Ratusan Juta

"Jadi biasanya kita lihat dari urat nih, kalau hijau itu uratnya maka lebih ke warm. Maka, jangan pakai foundation dengan warna yang agak ke pink," ungkap Kirana, dilansir dari Suara.com.

Kirana juga sangat tak menyarankan untuk mencoba kecocokan warna makeup dengan cara mengoleskannya pada punggung tangan. Menurutnya, lebih baik aplikasikan pada bagian urat nadi atau bagian bawah rahang.

"Lebih gampang itu jangan pernah nyobain ke tangan karena bisa jadi beda. Tapi, bisa coba ke area di bawah nadi atau kita cobain juga di bawah rahang," terangnya.

Selain itu, ada spesifikasi sendiri bagi perempuan berhijab. Kirana menyarankan mereka untuk memilih makeup dengan warna yang jauh lebih terang.

Penggunaan kerudung, kata sang MUA, bisa membuat makeup yang digunakan menjadi tak begitu terlihat. Oleh karenanya, penting bagi perempuan berhijab untuk memilih makeup dengan warna yang lebih terang.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Smartwatch Terbaik 2023, Bikin Gaya Kerenmu Lebih Modis

"Untuk yang berhijab, jangan takut untuk yang lebih terang sedikit dari warna aslinya. Kenapa? Karena kita yang berhijab itu kulitnya benar-benar bersentuhan dengan kain yang akan bikin tone down cepat banget," tandasnya.

fashion-beauty

Gaya Annisa Pohan Pakai Batik di AS, Pancarkan Aura Elegan Tenteng Tas Mewah

Busana yang dikenakan Annisa Pohan memiliki desain yang tampak menawan.

fashion-beauty

Rekomendasi Sandal Futuristik, Kualitasnya Terkenal Jempolan

Sandal dari BIRKENSTOCK ini memadukan gaya ikonik yang modern.

fashion-beauty

Viral Tren Makeup Syahrini, Ini 3 Kunci Riasan Cetar Membahana

Banyak orang berdandan ala Syahrini yang dianggap punya gaya khas nan ikonik.

fashion-beauty

Cari Tinted Moisturizer? Ini Rekomendasinya

Tinter moisturizer yang praktis semakin disukai beauty enthusiast.