fashion-beauty

Cara Memilih Sunscreen untuk Anak, Utamakan Produk Berbahan Organik

Jangan sembarangan memilih sunscreen untuk anak!

Rima Sekarani Imamun Nissa
Rabu, 19 Juni 2024 | 07:30 WIB

Semakin banyak orang yang menyadari penting sunscreen untuk melindungi kulit anak dari bahaya paparan sinar matahari. Tentu saja, produk tabir surya yang dipilih tak boleh sembarangan.

"Tabir surya merupakan bahan-bahan kosmetik yang secara fisik atau kimia dapat menghambat penetrasi sinar ultraviolet (UV) ke dalam kulit," jelas Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Nur Dwita Larasati, M.Sc, Sp.KK, dikutip dari laman resmi RS Soeradji.

Secara umum, sunscreen mengandung SPF dan PA. Sun Protection Factor atau SPF merupakan ukuran yang berfungsi melindungi kulit dari sinar UVB, penyebab sunburn dan risiko kerusakan jangka panjang seperti kanker kulit.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Angka Favorit Bisa Mengungkap Karakter Seseorang

Ibu dan anak (Pixabay/Jupi Lu)

Di sisi lain, Protection Grade of UVA atau PA adalah sistem penilaian untuk mengukur tingkat proteksi suatu produk sunscreen terhadap sinar UVA, faktor utama penyebab penuaan dini dan tanning alias penggelapan kulit.

Angka pada SPF memberitahu rentang waktu seseorang sampai kulitnya terasa terbakar. Misal jika anak pakai tabir surya SPF 30, kulitnya bakal terlindungi 30 kali lebih lama ketimbang saat tidak menggunakannya.

Sementara, tingkatan PA dilihat dari perlindungan UVA yang terbagi dalam empat jenis, yakni PA+ perlindungan ringan, PA++ perlindungan sedang, PA+++ perlindungan tinggi, dan PA++++ perlindungan sangat tinggi.

Baca Juga: Jarang Mandi Kayak Tasya Farasya? Dokter Kulit Ternyata Bilang Begini

Tak cuma perkara SPF, wajib memilih sunscreen yang mencegah reaksi alergi, mengingat kulit bayi masih sangat sensitif. Selain itu, pilih produk yang bebas bahan pengawet dan tidak mengandung bahan kimia lainnya sebagaimana MSKIDS Sunbae SPF30 PA+++ yang diformulasikan untuk bayi 6 bulan ke atas dan Sunhero SPF50 PA+++ untuk anak 3 tahun ke atas.

Saat memilih tabir surya untuk anak, penting juga untuk memastikan penggunaan bahan organik seperti zinc oxide dan titanium dioxide.

Baca Juga: Koleksi Raket Tenis Syahrini Bikin Ketar-ketir, Harganya Tembus Ratusan Juta

Lalu, apakah perlu re-apply secara berkala? Sebagaimana orang dewasa, sunscreen pada anak juga perlu re-apply setiap 2-3 jam sekali, terlebih jika si kecil sering berkeringan dan suka main air.

fashion-beauty

Aurel Hermansyah Ajak Ameena Jajan Jamu Keliling, Sandalnya Bikin Salfok

Seperti ini gaya Aurel Hermansyah saat jajan jamu keliling bareng Ameena.

fashion-beauty

Ayu Ting Ting Ikuti Tren Berpakaian di Korea, Perpaduannya Bikin Heran

Ayu Ting Ting memadukan midi dress dengan celana jeans sehingga menghasilkan tampilan unik.

fashion-beauty

Gara-Gara Rosacea, Wajah Maia Estianty Gampang Beruntusan

Salah makan saja, kulit Maia Estianty bisa jadi beruntusan serta terasa pedih dan gatal.

fashion-beauty

Aaliyah Massaid Jarang Pakai Heels, Ternyata Ini Alasannya

Aaliyah Massaid jarang terlihat mengenakan sandal atau sepatu hak tinggi.

fashion-beauty

Happy Bumil, Intip Gaya Centil Syahrini Pakai Sepatu Rp15 Juta

Sepatu Syahrini tampak memiliki desain yang manis dan elegan.