fashion-beauty

Kupas Tuntas Fesyen Manusia Purba dari Manusia Es Otzi

Penemuan mumi Otzi berkaitan erat dengan perkembangan dunia fesyen, lho.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kamis, 13 Desember 2018 | 07:15 WIB

Mumi selama ini identik dengan hal yang menyeramkan. Namun di balik itu semua, ada hal menarik yang bisa kita ketahui dari mumi, salah satunya tentang fesyen manusia purba. Adalah Otzi, si manusia es yang ditemukan sekitar 53 abad yang lalu.

Karena ditemukan dalam timbunan es, jasad Otzi jadi terawetkan secara natural dan terbilang utuh. Pakaian yang melekat di tubuhnya pun masih bisa diteliti dengan mudah oleh para ilmuwan.

Menurut Natonal Geographic, dalam sebuah penelitian yang menggunakan teknologi modern dan teknik pengurutan generasi untuk memperkuat helai sasaran DNA, terungkap jika Otzi menggunakan baju yang cukup kompleks.

Baca Juga: Aromanya Unik, Ini 3 Rekomendasi Parfum untuk Anak Muda

Bukan cuma itu, hasilnya juga sangat mengejutkan. Meskipun tergolong manusia purba, rupanya Otzi sudah cukup melek fesyen, yakni dalam artian tidak menggunakan baju secara asal-asalan.

Otzi bahkan mendapat sebutan sebagai manusia purba paling berpengaruh dalam dunia fesyen karena kemampuannya dalam memodifikasi bahan alam sebagai baju.

Penemuan Otzi dengan fashion item-nya sangat berpengaruh pada dunia fesyen karena sebelumnya para peneliti cenderung sulit meneliti pakaian yang digunakan oleh manusia purba.

Baca Juga: 5 Tas Mewah Aura Kasih, Ada Hermes Seharga Nyaris Rp500 Juta

Yuk, simak apa saja yang digunakan Otzi ketika peneliti mendalami benda-benda yang melekat di tubuh manusia es ini.

Pakaian Otzi. (national geographic)

Mantel Kulit

Dari jasad Otzi, ditemukan jika dia mengenakan sebuah mantel kulit yang terbuat dari empat kulit binatang. Kuli itu bahkan berasal dari dua spesies berbeda, yaitu kulit kambing dan domba. 

Bisa dibayangkan dong, gimana rumitnya Otzi memodifikasi mantel bulu. Dia memilih untuk menyambung empat bulu hewan dari dua spesies yang berbeda dan itu terjadi sekitar 5000 tahun yang lalu. Amazing!

Celana panjang

Otzi juga menggunakan celana panjang, lho. Mengingat dia hidup di iklim yang sangat dingin, jadi nggak heran jika celananya terbuat dari kulit kambing dengan tekstur kenyal dan nyaman saat digunakan.

Pemilihan kulit yang dipakai berasal dari binatang domestik. Itu artinya selain berburu, Otzi juga mungkin beternak dan menggunakan kulit hasil ternaknya sebagai pakaian.

Pakaian Otzi. (national geographic)

Baju

Otzi menggunakan baju yang terbuat dari rumput dan benda-benda lainnya yang sifatnya menghangatkan. Hal ini sangat wajar karena Otzi harus membuat pertahanan diri yang baik untuk mengatasi rasa dingin.

Bisa dibayangkan bagaimana Otzi berekperimen untuk bisa menentukan bahan yang tepat sebagai baju? Dia bahkan tidak menggunakan bulu binatang, tapi memilih tanaman dan rumput-rumputan.

Topi

Aksesori kepala yang ditemukan bersama Otzi memiliki fungsi untuk menghangat kepalanya dari serangan dingin. Terbuat dari kulit beruang cokelat, topi ini dijamin hangat saat dipakai.

Pakaian Otzi. (national geographic)

Sepatu

Pada jasad Otzi juga ditemukan sepatu yang terbuat dari kulit rusa. Sedangkan pada bagian dalam, sepatu itu dilapisi oleh bulu binatang sehingga membuatnya tetap merasa hangat.

Hal menariknya adalah bagaimana sepatu Otzi hadir dengan detail yang rumit dan kompleks. Bukan cuma lembaran kulit binatang, tapi juga memiliki lapisan dengan jaring-jaring yang nyaman dan awet dipakai untuk perjalanan jauh.

Baca Juga: 20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Sejauh ini, peneliti belum bisa membuktikan jika Otzi membuat sendiri setiap fashion item tersebut. Artinya, tidak menutup kemungkinan jika pada 53 abad yang lalu, sudah ada fashion desainer dan shoe maker. Wow!

fashion-beauty

Aromanya Unik, Ini 3 Rekomendasi Parfum untuk Anak Muda

Parfum yang cocok untuk anak muda ini memiliki aroma unik dengan berbagai keistimewaan tersendiri.

fashion-beauty

5 Tas Mewah Aura Kasih, Ada Hermes Seharga Nyaris Rp500 Juta

Inilah beberapa koleksi tas mewah yang pernah dikenakan Aura Kasih.

fashion-beauty

Bos MS Glow Lebaran di Malang, Ketahuan Pakai Sandal Rp150 Juta

Sandal yang dipakai Shandy Purnamasari saat Lebaran sukses mencuri perhatian.

fashion-beauty

Tips Pilih Makeup sesuai Warna Kulit, Ini Kata MUA Profesional

Ternyata bukan coba mengoleskan ke punggung tangan, simak tips dari MUA profesional ini.

fashion-beauty

Kasual dan Menawan, 5 Gaya Dian Sastrowardoyo Pakai Celana Denim

Berikut inspirasi padu padan busana kasual ala Dian Sastrowardoyo.

fashion-beauty

Paula Verhoeven Mantap Berhijab, Ini 5 Potret Modisnya

Gaya busana Paula Verhoeven tetap tampak begitu menawan setelah memutuskan mantap berhijab.