Rabu, 29 September 2021
Rima Sekarani Imamun Nissa | Nur Khotimah : Senin, 07 Juni 2021 | 14:00 WIB

Dewiku.com - Gaun pengantin legendari mendiang Putri Diana akhirnya dipamerkan ke hadapan publik. Gaun tersebut dikenakan saat Putri Diana menikah dengan Pangeran Charles 40 tahun silam, tepatnya pada 29 Juli 1981.

Sejak pertama kali dikenakan, gaun pengantin Putri Diana sudah sangat menarik perhatian publik. Gaun tersebut bahkan diklaim sebagai salah gaun pengantin paling terkenal di dunia.

Mendapat predikat luar biasa di mata dunia, apakah kamu sudah tahu fakta-fakta menarik tentang gaun pengantin mendiang ibu Pangeran William dan Pangeran Harry ini?

Merangkum Independent, berikut 5 fakta tentang gaun pengantin Putri Diana yang jarang diketahui publik. Simak langsung, yuk.

1. Ada noda bekas parfum

Barbara Daly selaku penata rias Putri Diana menceritakan bahwa sang putri menumpahkan parfum Quelques Fleurs ke gaun pengantinnya sebelum pernikahan hingga jadi menimbulkan noda.

Dalam buku "Rosalind Coward, Diana: The Portrait", Daly meminta Putri Diana untuk meletakkan buket bunga pengantinnya di bagian depan gaun. Beruntung buket bunganya kalau itu cukup besar.

Gaun pengantin mendiang Putri Diana yang sedang dipamerkan. (Instagram/@jadebeerbrides)

2. Seharusnya tidak terlalu kusut

Apakah kamu pernah penasaran kenapa bagian rok gaun sutra-taffeta Putri Diana sangat kusut ketika tiba di lokasi pernikahan? Rupanya hal ini terjadi di luar dugaan sang desainer, David Emanuel.

"Kami tahu itu akan sedikit kusut, tapi waktu saya melihat Putri Diana tiba di St Paul dan kami melihat lipatannya, saya benar-benar ingin pingsan. Saya benar-benar ngeri karena terdapat banyak kerutan di sana," kata David Emanuel dalam film dokumenter, "Invitation To A Royal Wedding".

Lipatan rok gaun pengantin Putri Diana ternyata muncul akibat ruang kereta yang kecil. Sedangkan gaun lumayan cukup besar dan pajang, sehingga kemungkinan banyak terlipat di dalam kereta.

3. Memecahkan rekor

Gaun pengantin mendiang Putri Diana memiliki ekor sepanjang 25 kaki (hampir 8 meter). Ini menjadi ekor gaun terpanjang dalam sejarah pernikahan kerajaan. Ekor berhias payet itu mesti dipasang ke gaun dengan mekanisme khusus.

Gaun pengantin mendiang Putri Diana yang sedang dipamerkan. (Instagram/@jadebeerbrides)

4. Putri Diana memilih desainer sendiri

David Emanuel dan sang istri, Elizabeth Imanuel merupakan desainer suami-istri yang dipilih langsung oleh Putri Diana untuk merancang gaun pengantinnya.

Putri Diana memilih pasangan ini setelah mereka menciptakan beberapa gaun taffeta untuk dirinya dan mendapat respons baik dari publik serta media.

5. Ada gaun pengantin cadangan

David dan Elizabeth rupanya membuat gaun pengantin cadangan untuk Putri Diana. Gaun ini dipersiapkan kalau-kalau desain gaun pengantin utamanya bocor ke media.

Gaun alternatif yang dibuat oleh David dan Elizabeth mempunyai garis leher yang lebih menonjol dan hiasan renda lebih sedikit. Mereka juga menyiapkan rok cadangan untuk keadaan darurat.

Itu dia fakta-fakta menarik tentang gaun pengantin mendiang Putri Diana yang sangat fenomenal. Gaun tersebut kini dipamerkan di Istana Kensington mulai 3 Juni 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang. 

BACA SELANJUTNYA

Jadi Sorotan, Meghan Markle Diejek Salah Kostum saat Kunjungan ke New York