Senin, 29 November 2021
Amertiya Saraswati : Kamis, 16 September 2021 | 09:00 WIB

Dewiku.com - Acara Met Gala 2021 ramai dihadiri selebritas dunia. Mayoritas tamu juga akan memilih tampil unik saat menghadiri acara yang digelar di Metropolitan Museum of Art, New York tersebut.

Tak hanya selebritas dunia, salah satu anggota DPR Amerika Serikat juga hadir di Met Gala 2021. Namun, gaya anggota DPR dari Partai Demokrat tersebut menuai kontroversi.

Melansir Vogue, tokoh politik bernama Alexandria Ocasio-Cortez tersebut memakai gaun putih dari desainer Brother Vellies.

Alexandria Ocasio-Cortez atau yang sering dipanggil AOC tak hanya memakai gaun putih biasa. Di bagian belakang gaun, terdapat tulisan warna merah yang berbunyi "Tax the Rich" atau "Kenakan Pajak untuk Orang Kaya".

"Kita tidak bisa terlalu nyaman di tempat duduk di meja yang sudah diberikan," ungkap Aurora James, pendiri sekaligus direktur kreatif rumah mode Brother Vellies yang membuat gaun tersebut.

"Kita harus selalu berusaha mendorong diri kita sendiri, mendorong rekan kita, mendorong budaya, dan mendorong negara ini maju. Fesyen sedang berubah, Amerika sedang berubah," tambahnya.

Gaya Busana Anggota DPR Amerika di Met Gala 2021 Jadi Kontroversi (instagram.com/aurorajames)

Pada acara tersebut, AOC juga memakai sepasang sepatu warna merah yang memiliki pita panjang dan dekorasi bunga di bagian tumit.

Sebagai tambahan, perwakilan dari Partai Demokrat ini juga membawa tas yang memiliki pesan serupa yaitu "kenakan pajak untuk orang kaya".

Sebenarnya, ini bukan kali pertama tokoh politik hadir di acara Met Gala. Pada tahun 2001 silam, Hillary Clinton juga pernah hadir di acara tersebut.

Namun, Alexandria Ocasio-Cortez sukses menjadi sorotan karena tampil dengan menggunakan gaun yang mengundang kontroversi. Di sisi lain, AOC menjelaskan alasannya memakai gaun dengan pesan kontroversial tersebut.

"Ketika kita bicara soal mendukung keluarga pekerja, dan ketika kita bicara soal memiliki aturan pajak yang adil, percakapan ini biasanya terjadi di kelas pekerja dan orang-orang kelas menengah di lantai senat," ujar AOC seperti dikutip dari CNN.

"Aku pikir ini sudah saatnya membawa semua kelas ke dalam percakapan."

Gaya Busana Anggota DPR Amerika di Met Gala 2021 Jadi Kontroversi (instagram.com/aurorajames)

Meski begitu, tidak sedikit pula yang menyebut AOC hipokrit. Penyebabnya, ia hadir ke acara Met Gala yang terkenal dipenuhi orang-orang kaya dan perlu membeli tiket seharga USD 35.000 atau hampir Rp500 juta.

"Alexandria Ocasio-Cortez menghadiri Met Gala yang memiliki tiket seharga USD 35.000 dengan gaun Brother Vellies bertuliskan 'Tax the Rich' adalah hal rumit," ungkap kritikus fashion di New York Times, Vanessa Friedman.

"Bukan membenci AOC. Tapi menghadiri acara untuk orang super kaya dengan baju bertuliskan 'pajaki orang kaya' tidak akan mengubah apa-apa. Ini hanya aksi untuk menjustifikasi kehadirannya di acara mewah yang tidak cocok dengan persona politiknya," tambah komentator politik Ana Navarro-Cardenas.

Meski begitu, pendiri Brother Vellies membalas kritikan tersebut dan membela AOC. Menurutnya, AOC hanya ingin memastikan pesan tersebut juga ditangkap orang-orang kaya di Met Gala.

BACA SELANJUTNYA

Kemeja Simpel Nagita Slavina Bikin Syok, Harganya Setara Motor