lifestyle

Susu Sapi atau Susu Kedelai? Ini Perbandingan Nutrisinya

Sayangnya tidak semua orang bisa mengonsumsi susu sapi, karena tubuh intoleran terhadap laktosa yang dikandung dalam susu sapi.

Tinwarotul Fatonah
Senin, 25 Juni 2018 | 11:20 WIB

Apakah di antara kalian ada yang masih rutin mengkonsumsi susu? Kebiasaan yang belum umum dilakukan di Indonesia ini sebenarnya sangat penting lho. Kandungan nutrisinya yang padat dapat membantu kalian tetap bugar sepanjang hari, baik itu susu sapi atau susu kedelai.

Keduanya sama-sama memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh, meski begitu ada juga kandungan yang terdapat dalam susu sapi tapi tidak dapat diperoleh dari susu kedelai, seperti kandungan kalsium yang lebih tinggi dan Vitamin B12 yang tidak terdapat pada sumber-sumber protein non daging.

Baca Juga: Ayu Ting Ting Pamer Tas Branded Favorit, Ternyata Kembaran dengan Sosok Spesial

susu/pinterest.com

Vitamin B 12 sendiri berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah, menjaga kesehatan kulit serta mata, berperan aktif dalam proses sintesis DNA tubuh, mengatur sistem saraf, mencegah penyakit jantung serta meningkatkan stamina tubuh.

Sayangnya tidak semua orang bisa mengonsumsi susu sapi, ada kondisi dimana tubuh intoleran terhadap laktosa dan akan memberikan gangguan pencernaan seperti diare, mual, perut kembung saat mengonsumsi susu sapi. Untuk menghindari itu, banyak orang yang beralih pada susu kedelai.

Baca Juga: Pemerintah Kamboja Sontek Strategi Indonesia Atasi Perkawinan Anak

susu/pinterest.com

Beralih pada susu kedelai adalah keputusan tepat, karena memilki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, seperti kandungan mangan yang tinggi, sehingga tidak menyebabkan sembelit jika dikonsumsi secara berlebihan.

Selain itu mangan juga berkhasiat untuk kesehatan tulang, menangkal radikal bebas, membantu metabolisme, membantu penyerapan vitamin, aktivasi enzim dan membantu proses pencernaan.

susu/pinterest.com

Sedangkan waktu yang paling tepat untuk mengkosumsi susu adalah pagi hari. Karena pagi hari dibutuhkan banyak energi untuk melakukan beragam aktivitas dan susu dapat menjadi sumber energi untuk melakukan kegiatan sepanjang hari.

Baca Juga: Ingin Ganti Warna Rambut, Fuji Pilih Salon Elit Langganan Selebritis

Jadi mulai sekarang biasakan minum susu pagi hari ya cantik. Agar lebih maksimal, sebaiknya kamu mengkombinasikan keduanya.

lifestyle

Hadiah dari Amanda Manopo Bikin Heran, Sara Wijayanto: Lagi Butuh!

Hadiah seperti apa yang diberikan Amanda Manopo untuk Sara Wijayanto?

lifestyle

8 Arti Mimpi Menangis Darah, Bisa Jadi Simbol Besarnya Perasaan Bersalah

Arti mimpi menangis darah juga dikaitkan dengan rasa sakit hati yang begitu dalam.

lifestyle

Cara Mencairkan Daging Beku, Simak Tips dari Chef Yuda Bustara

Bukan direndam air, begini cara mencairkan daging beku yang aman dan efektif.

lifestyle

Waspadai Efek Implan Payudara, Bisa Picu Kanker?

Ria Ricis sempat ingin pasang implant payudara demi Teuku Ryan.

lifestyle

Ternyata Habis Rp60 Juta, Shandy Purnamasari Syok saat Jajan Skincare

Shandy Purnamasai menghabiskan uang lebih dari Rp60 juta untuk membeli banyak produk skincare.