Sabtu, 28 November 2020
Dinar Surya Oktarini | Yasinta Rahmawati : Senin, 17 September 2018 | 17:30 WIB

Dewiku.com - Penyakit kanker masih menjadi penyakit paling mematikan dan memakan korban jiwa, maka dari itu penting untuk dideteksi sejak dini. Ada berbagai macam penyakit kanker, mulai dari kanker payudara, paru hingga kulit.

Meski kanker kulit nggak sepopuler kanker payudara dan lainnya, namun tetap sama berbahayanya. Gejalanya sendiri kadang nggak kelihatan sehingga banyak yang abai. Dilansir dari Beauty of Girls, berikut lima gejala umum kanker kulit yang perlu diwaspadai.

1. Tahi lalat nggak beraturan

Jangan pernah mengabaikan tanda ini karena ketinggian bentuk, ukuran, dan warna dapat menandakan kanker kulit sel melanoma. Jika kamu memperhatikan bahwa ada bentuk berbeda dari tahi lalat lainnya maka segera berkonsultasi dengan dokter.

Ilustrasi letak tahi lalat pada wajah. (Pinterest)

 

2. Garis gelap vertikal pada kuku

Bagian kuku juga perlu diperhatikan. Banyak orang nggak menyadari fakta bahwa kanker kulit dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh termasuk kuku jari dan kaki.

3. Masalah penglihatan

Meski menyerang kulit, salah satu gejalanya juga ada di mata. Pada kanker kulit sel melanoma, masalah penglihatan juga terlihat sebagai titik yang muncul di bagian belakang mata dan membuat penglihatan menjadi kabur.

4. Jerawat nggak kunjung hilang

Jerawat yang nggak kunjung hilang memang menyebalkan. Tetapi kadang-kadang jerawat ini bisa menandakan kondisi kesehatan yang lebih serius. Sebab seringnya jerawat atau jerawat lama yang nggak sembuh dapat menjadi gejala kanker kulit.

jerawat hidung/pinterest.com

 

5. Tahi lalat di telapak kaki

Ada begitu banyak orang memiliki tahi lalat di telapak kaki atau telapak tangan mereka. Tetapi kalau kamu melihat tahi lalat berubah bentuk atau ukurannya serta melihat tahi lalat baru yang nggak biasa di telapak tangan atau telapak kaki, segera konsultasi ke dokter.

BACA SELANJUTNYA

Kena Kanker Kulit, Wanita Ini Mulanya Keranjingan Tanning Bed