Minggu, 17 Januari 2021
Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati : Selasa, 02 Oktober 2018 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Dewiku.com - Menikah jadi momen bahagia yang dinantikan setiap pasangan. Karena diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup, tentunya acara pernikahan ingin digelar secara spesial. Sayangnya, dana yang dibutuhkan tidaklah sedikit.

Nah, jalan terbaiknya adalah mulai menabung untuk menikah seawal mungkin. Berikut DewiKu siapkan tipsnya. Yuk, simak!

1. Pikirkan konsep pernikahan

Sebelum membuat strategi menabung yang tepat, sebaiknya kamu dan pasangan menentukan target dan rencana pernikahan tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, misalnya bagaimana konsep pernikahan yang diinginkan, apakah mau yang sederhana atau mewah semua perlu dibicarakan.

Ilustrasi menabung. (Unsplash)

2. Bikin anggaran pernikahan

Pasti tidak mau kan setelah acara selesai masih harus membayar tagihan karena biaya pernikahan yang membengkak? Maka dari itu, sangat penting untuk membuat anggaran dan menaatinya.

Prioritaskan anggaran untuk bagian yang benar-benar pokok seperti biaya gedung, katering, undangan dan seterusnya. Jangan lupa pikirkan masalah inflasi dan tetek bengeknya, ya.

3. Alokasikan minimal 30 persen gaji

Menyisihkan 30 persen dari gaji tidak akan terasa berat jika dilakukan secara konsisten. Misal nih, gaji kamu Rp 3 juta disisihkan 30 persennya, berarti Rp 900 ribu. Dalam sebulan kamu dan pasangan bisa mengumpulkan Rp 1.8 juta.

Nah, kalau kamu dan dia berencana menikah 3 tahun lagi, kalian sudah bisa mengumpulkan uang sebanyak Rp 64 juta!

Ilustrasi menabung. (Unsplash)

4. Perbaiki gaya hidup

Uang sebanyak apapun tidak bakal cukup untuk memenuhi gaya hidup. Jangan sampai kamu punya dendam kesumat dengan pekerjaan yang menumpuk, sehingga akan melampiaskannya di akhir pekan untuk ngopi-ngopi, nonton atau makan di restoran mahal.

Sebisa mungkin, kurangi jajan yang tidak perlu, ya. Berkorban demi masa depan itu bukan hal yang buruk, kok.

5. Menabung dengan investasi

Kalau mengandalkan uang tabungan saja dirasa belum cukup, kamu dan pasangan bisa mulai berinvestasi. Kalau tidak mau yang berisiko seperti reksadana, berinvestasi pada logam mulia bisa jadi alternatif.

Cobalah setiap bulan membeli emas, nantinya emas bisa dijual kembali sebagai dana tambahan. Bahkan kalau harga emas sedang naik, kalian bisa dapat untung lebih.

Sudah siap menabung untuk menikah?

BACA SELANJUTNYA

Terlanjur Nyaman Tanpa Status, Nenek Ini Takut Diminta Berkomitmen