lifestyle

Tips Diet Sukses, Kenali Nutrisi Makanan dari Warnanya

Informasi kecil ini sangat berfungsi ketika kamu menyusun menu diet.

Dinar Surya Oktarini
Senin, 29 Oktober 2018 | 12:54 WIB

Makanan yang sehat biasanya dapat dinilai dari tampilan fisik, seperti berkulit segar dan memiliki warna yang cerah. Buat yang sedang diet, ada pengetahuan kecil yang informatif dan bisa kamu jadikan rujukan dalam mengatur menu sehat nih, yaitu mengenali nutrisi makanan dari warnanya. Menarik kan? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Makanan warna merah

Berbagai buah berry yang berwarna merah seperti strawberry dan rasberry memiliki kandungan pigmen warna merah yang disebut dengan likopen. Kandungan ini juga ditemui dalam buah dan sayuran lainnya yang berwarna merah, seperti tomat, semangka, buah naga, kol dan bayam merah.

Baca Juga: 20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Manfaat kandungan likopen untuk tubuh adalah memelihara kesehatan hati dan meningkatkan memori otak.

Tomat. (Unsplash/Tom Hermans)

 

Makanan warna oranye

Baca Juga: Tes Kepribadian Julid, Ini Link Google Form yang Viral di TikTok

Buah jeruk, wortel, mangga dan pepaya adalah buah yang sering kita jumpai di pasaran. Meskipun murah, ternyata kandungan dalam buah berwarna oranye ini sangat banyak lho. Beta karoten dan vitamin A adalah dua nutrisi yang paling dicari dari buah-buahan ini.

Salah satu manfaat betakaroten adalah meremajakan sel-sel tubuh sehingga mencegah penuaan dini. Setelah masuk ke dalam tubuh, buah warna oranye ini akan berubah menjadi vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata dan jantung

Makanan warna kuning

Buah pisang, paprika, lemon, jagung dan nanas memiliki warna kuning yang cukup khas. Bukan cuma sedap dipandang mata, buah-buah ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Dua yang paling tinggi kandungannya adalah vitamin C dan kalium.

Bagi kesehatan tubuh, kandungan vitamin C sangat baik karena mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga berfungsi untuk mencegah stroke dan katarak.

Ilustrasi buah lemon untuk perawatan wajah. (Unsplash/rawpixel)

 

Makanan warna hijau

Makanan yang identik dengan warna sayuran ini memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti asam alegat, magnesium, zat besi dan vitamin B kompleks. Untuk mendapatkan semua kandungan tersebut, kamu bisa rajin mengkonsumsi sayuran hijau seperti sawi, bayam, brokoli dan paprika. Buah hijau seperti alpukat, melon dan kiwi juga nggak kalah bernutrisi lho.

Asam alegat, salah satu kandungan dalam makanan berwarna hijau berfungsi untuk menormalkan tekanan darah, melindungi tulang dan gigi mempertajam penglihatan.

Ilustrasi kiwi. (Pixabay)

 

Makanan warna ungu

Terong, beet, ubi, anggur, plum dan berbagai buah berry seperti blackberry juga blueberry sangat kaya akan polytontrients dan flavonoid.

Keduanya bermanfaat meningkatkan daya ingat, mencegah terbentuknya gumpalan darah, dan mengurangi risiko stroke.
Sedangkan polytontrients bertugas meningkatkan keterampilan motorik atau koordinasi gerakan otot, kesehatan mata, dan sistem imunitas tubuh.

Buah anggur. (Pixabay)

 

Makanan warna putih

Putih bukan berarti nggak memiliki kandungan gizi. Buah berwarna putih seperti sirsak, duku, leci dan kelengkeng memiliki kandungan zat allicin dan indoles. Makanan berwarna putih bermanfaat untuk menurunkan risiko hipertensi dan kolesterol. Beberapa mengandung isoflavon yang dapat menjaga kesehatan tulang, serta mencegah kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Bos MS Glow Lebaran di Malang, Ketahuan Pakai Sandal Rp150 Juta

Ilustrasi buah leci. (Pixabay)

 

lifestyle

20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Mau kirim pantun gombal untuk meluluhkan pujaan hati?

lifestyle

Balikan dengan Mantan Pacar? 4 Zodiak Ini Mau Berikan Kesempatan Kedua

Ada beberapa zodiak yang cenderung tak ragu balikan dengan mantan pacarnya.

lifestyle

6 Arti Mimpi Bulan Madu ke Luar Negeri, Harapan Indah Segera Tercapai

Pernah mimpi pergi bulan madu ke luar negeri? Apa maknanya?

lifestyle

Strada Coffee, Tempat Ngopi Baru Bernuansa Unik yang Hadir di Jakarta

Di sana, pengunjung dapat menyelami dunia kopi yang penuh dengan pengetahuan dan kenikmatan.

lifestyle

Detoksifikasi Terbukti Kaya Manfaat, Coba Ikuti Tantangan Seru Ini

Detoksifikasi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.