lifestyle

Duka di Balik Profesi Pramugari yang Tidak Banyak Orang Tahu

Salah satunya adalah harus siap bertaruh nyawa.

Dinar Surya Oktarini
Senin, 29 Oktober 2018 | 13:21 WIB

Menjadi pramugari mungkin jadi salah satu profesi yang kamu cita-citakan saat masih kecil. Meski profesi pramugari terlihat menyenangkan dan gaji lumayan, tapi mereka juga harus memikul beban dan risiko besar setiap harinya.

Seperti yang diketahui, pesawat terbang sangat rawan dengan kecelakaan. Awak kabin yang sedang bekerja pun tidak akan tahu kapan hal itu akan terjadi.

Seperti pesawat Lion Air TJ 610 yang jatuh pada Senin pagi, (29/10/2018). Pesawat yang dikomandoi kapten Bhavye Suneja ini membawa enam awak kabin yang salah satunya pramugari bernama Citra Noivita Anggelia.

Baca Juga: Manfaat Minum Susu saat Sahur, Minuman Sehat Kaya Protein

Tak berselang lama setelah kabar pesawat jatuh, Facebook milik Citra ramai komentar duka dan doa di postingan foto cover terakhirnya pada bulan April 2018.

Selain harus siap bertaruh nyawa, berikut duka menjadi pramugari yang tidak banyak orang tahu.

Ilustrasi pramugari. (Shutterstock)

 

Baca Juga: IFW 2024 Jadi Rujukan Tren Mode Lintas Generasi, Berkomitmen Usung Produk Lokal

1. Jarang bertemu keluargaS

Sekilas menjadi pramugari tampak menyenangkan, karena bisa terbang dari satu negara ke negara lain dengan fasilitas maskapai.

Namun pekerjaan pramugari yang memaksa untuk bepergian keliling daerah, tentunya membuat mereka sulit untuk bertemu keluarga.

2. Jarang libur

Untuk libur sendiri kembali lagi kepada kebijakan masing-masing maskapai. Tapi biasanya mereka jarang memberi libur saat weekend maupun libur nasional. Kalau pun ada waktu libur, itu ibarat menemukan harta karun yang terpendam.

3. Disepelekan

Banyak penumpang yang masih memperlakukan para pramugari sebagai pelayan di udara, seperti disuruh mengangkat koper ataupun membuka tutup botol. Sebenarnya tugas utama pramugari itu cuma membuat penumpang merasa nyaman. Mereka juga harus siaga jika terjadi keadaan darurat di pesawat.

4. Mendapat pelatihan militer

Pramugari pun tugasnya tidak kalah berat dengan para tentara di perbatasan lho. Dalam pendidikannya, mereka pun mendapat pelatihan militer seperti tinggal di hutan beberapa hari dan hanya memanfaatkan bahan seadanya, kemampuan berenang yang luar biasa. Hal itu agar mereka masih bisa mengurusi penumpang jika ada kondisi-kondisi yang mendesak.

5. Boleh makan saat semua penumpang sudah makan

Saat kamu bisa menikmati makanan yang disajikan para pramugari ke kursimu, para pramugari harus menunggu dulu. Mereka baru akan makan setelah memastikan tidak ada penumpang yang belum mendapatkan makanan.

6. Tidak cuma modal tampang

Masih banyak yang beranggapan bahwa kamu cuma harus berwajah cantik dan bertubuh tinggi buat jadi pramugari. Memang sih, biasanya maskapai penerbangan bakal menerapkan syarat tinggi badan.

Tapi tidak hanya itu, syarat lain yang perlu dipenuhi seperti di antaranya kemampuan berkomunikasi yang baik, kesabaran, dan kemampuan berbahasa asing. Untuk menjadi pramugari di maskapai ternama pun tahapan tesnya cukup panjang, bisa sampai tujuh tahapan!

Baca Juga: Bayar Zakat Fitrah Boleh Online? Simak Penjelasan Buya Yahya

Itulah enam duka menjadi pramugari yang tidak banyak orang tahu. Bagi yang bercita-cita jadi pramugari, tetap semangat ya!

lifestyle

Manfaat Minum Susu saat Sahur, Minuman Sehat Kaya Protein

Belum banyak yang tahu, ini pentingnya konsumsi susu saat sahur.

lifestyle

Liburan ke Luar Negeri Susah Cari Makanan Halal? Dian Ayu Lestasi Berbagi Tips Mudahnya

Suka jalan-jalan ke luar negeri? Dian Ayu Lestari ungkap caranya mencari makanan halal.

lifestyle

Senyuman 4 Zodiak Ini Paling Gampang Bikin Hati Meleleh, Gemas Banget!

Beberapa zodiak disebut memiliki senyuman imut menggemaskan.

lifestyle

8 Arti Mimpi Uang Robek, Bakal Ada Perubahan Prioritas Hidup

Apakah mimpi uang robek selalu berkaitan dengan masalah keuangan?

lifestyle

Cegah Masalah Asam Lambung, Habis Sahur Jangan Langsung Tidur

Penderita asam lambung juga tidak langsung makan berat saat berbuka puasa.

lifestyle

3 Tips Mudik Lebaran, Seru-seruan Modal Smartphone Canggih

Mudik jadi terasa lebih seru dengan smartphone beserta fitur istimewanya.