Sabtu, 03 Desember 2022
Rima Sekarani Imamun Nissa : Selasa, 25 Desember 2018 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Dewiku.com - Topi bisa dibilang termasuk salah satu aksesori favorit para lelaki. Bukan cuma bisa melindungi wajah dari panas dari sinar matahari, tetapi juga menunjang penampilan. Namun, di balik kerennya pria pakai topi, ternyata ada kekhawatiran tentang ancaman rambut rontok dan kebotakan dini.

Dikutip dari rilis Hellosehat, James Gatherwright bersama tim peneliti dari Amerika Serikat mencoba mengamati kebiasaan pakai topi pada pria dan perempuan melalui dua penelitian berbeda. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plastic and Reconstructive Surgeons ini melibatkan 92 pria kembar identik dan 98 perempuan kembar identik. Walau dilakukan secara terpisah, proses pengambilan sampelnya tetap sama.

Para ahli kemudian menemukan bahwa semakin lama pria memakai topi, semakin cepat pula mereka mengalami rambut rontok di bagian temporal alias kepala bagian samping. Di sisi lain, hal serupa tidak terjadi pada perempuan.

Hanya saja, kasus kebotakan rambut pada pria sebenarnya bisa disebabkan banyak faktor, bukan hanya karena kebiasaan pakai topi. Salah satu penyebab paling umum adalah adanya dihidrotestosteron atau DHT. Hormon ini bersifat genetik. Artinya, hanya pria yang punya hormon inilah yang bakal mengalami kebotakan.

Pria pakai topi. (Unsplash/Craig Whitehead)

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan topi juga dapat menyebabkan rambut pria jadi gampang rontok sehingga cepat botak. Hal itu tergantung dari jenis topi dan seberapa lama pemakaiannya.

Rambut bisa jadi botak atau menipis jika terbiasa memakai topi yang sangat ketat dalam jangka waktu lama. Hal itu karena rambut dan kulit kepala yang sering tertutup topi jadi sulit bernapas dan kekurangan oksigen.

Pria rawan alami kebotakan. (Shutterstock)

Pemakaian topi yang terlalu ketat di kepala juga bisa menghalangi suhu panas keluar dari kepala. Akibatnya, aliran darah ke folikel rambut jadi terhambat dan memicu stres. Batang rambut pun lama-lama semakin melemah dan memicu kerontokan.

Namun, pemakaian topi tidak mengakibatkan kebotakan permanen. Rambut bisa kembali tumbuh subur dan menguat asal topi dilepas dan membiarkan rambut di kepala bernapas lega.

Selain itu, lebih baik pakai topi yang agak longgar agar aliran darah ke folikel rambut menjadi lebih lancar. Dengan begitu, kerontokan rambut bisa dicegah.

 

Sumber : Suara.com

BACA SELANJUTNYA

Titi Kamal Ungkap Tips Perawatan Rambut Rontok, Isinya Mengundang Tawa