lifestyle

Kisah Perjuangan Wanita Tanpa Vagina, Sempat Tak Tahu Punya Kelainan Langka

Dia jadi merasa bukan wanita seutuhnya.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Jumat, 11 Januari 2019 | 10:09 WIB

Seorang wanita tanpa vagina mesti berjuang keras demi mendapatkan kebahagiaan yang lengkal dalam hidupnya. Namun, perjuangan melawan kelainan langka tersebut tidaklah murah. Dia bahkan tidak bisa mengandalkan asuransi kesehatan.

Wanita bernama Kaylee Moats ini sekarang telah berusia 23 tahun. Dia mengaku baru sadar jika dirinya tidak memiliki vagina saat berusia 18 tahun.

Dalam sebuah wawancara dengan Barcroft TV pada 2017 lalu, ia mengatakan tidak pernah menstruasi. Dia lalu memeriksakan diri ke dokter. Bentuk alat kelamin di bagian luar memang terlihat normal. Namun, hasil USG menunjukkan bahwa Moats tak memiliki rahim, leher rahim, dan vagina.

Baca Juga: Harganya Rp20 Jutaan, Sepatu Dian Sastrowardoyo Ternyata Produk Ramah Lingkungan

''Ini membuatku merasa bukan wanita seutuhnya,'' ungkap Moats kepada Barcroft TV.

''Aku masih berusaha menerima diriku apa adanya, menerima apa yang aku miliki, dan tidak terlalu memikirkannya,'' kata dia melanjutkan.

Moats didiagnosis sindrom Mayer-Rokitansky-Küster-Hauser (MRKH). Mengutip pernyataan National Institutes of Health (NIH), kelainan ini terbilang langka karena hanya dimiliki satu dari 4.500 bayi perempuan yang baru lahir. 

Baca Juga: Kahiyang Ayu Perawatan Rambut di Salon Langganan, Habis Berapa Duit?

Kelainan ini terjadi saat organ reproduksi wanita (termasuk rahim, leher rahim, dan vagina) tidak berkembang dengan baik selama perkembangan embrio. Akibatnya, rahim dan vagina mungkin kurang berkembang atau malah tidak ada sama sekali.

Kaylee Moats. (Instagram/@kaymoatsie)

Orang-orang dengan kondisi seperti ini secara genetik adalah perempuan, memiliki dua kromosom X dan punya ovarium yang berfungsi normal juga. Alat kelamin mereka pada bagian luar juga normal.

Kelainan langka ini umumnya ditemukan hanya saat wanita bersangkutan tidak kunjung mengalami menstruasi, seperti yang terjadi pada Moats. Dia tumbuh menjadi wanita tanpa vagina.

Menurut Organisasi Nasional untuk Penyakit Langka (NORD), dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat diobati tanpa operasi, yakni menggunakan 'dilator' vagina untuk membuat vagina atau memperbesar vagina yang ada.

Dilator vagina sendiri merupakan tabung plastik yang dirancang khusus agar dapat dipakai untuk meregangkan dan memperluas sedikit jaringan vagina (kadang-kadang disebut sebagai 'lesung' vagina).

Kelainan langka yang dialami Moats juga bisa ditangani dengan prosedur operasi pembuatan vagina yang disebut vaginoplasty. Nah, metode inilah yang kemudian dipilih Moats.

Dikutip dari LiveScience, sebelum menjalani operasi rekonstruksi vagina pada 2017 lalu, Moats harus mengumpulkan uang untuk biaya operasi sebesar Rp 211 miliar dan tidak ditanggung asuransi.

Kaylee Moats. (Instagram/@kaymoatsie)

''Mereka menganggapnya sebagai operasi kosmetik atau penggantian kelamin,'' tutur Moats.

Dia mengaku sangat kesusahan karena biaya operasi sebesar itu tidak ditanggung asuransi. Namun, dia tidak mau menyerah dan terus berjuang. Dia tidak mau selamanya menjadi wanita tanpa vagina.

''Melakukan operasi akan membantu saya merasa normal dan memiliki semua bagian tubuh yang tepat seperti gadis lain,'' kata dia.

Moats juga mengaku bersyukur memiliki Robbie Limmer, pacar yang selalu mendukung dirinya. Moats pun berharap suatu hari nanti bisa memiliki anak suatu hari nanti.

 

Baca Juga: Ashanty Makan Tiramisu Favorit Shah Rukh Khan, Harganya Cuma Rp100 Ribuan?

Sumber : Himedik.com/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

lifestyle

Ashanty Makan Tiramisu Favorit Shah Rukh Khan, Harganya Cuma Rp100 Ribuan?

Ashanty tampak antusias saat menyantap tiramisu kesukaan Shah Rukh Khan.

lifestyle

5 Manfaat Biji Pepaya, Ternyata Bagus untuk Tingkatkan Imunitas

Konsumsi biji pepaya juga baik kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh.

lifestyle

5 Zodiak Paling Hati-Hati Menjalani Hidup, Selalu Waspada Setiap Waktu

Beberapa zodiak ini cenderung lebih hati-hati dalam kehidupan sehari-hari.

lifestyle

8 Arti Mimpi Mendadak Jatuh Miskin, Pertanda Rendah Diri?

Apa yang membuat seseorang bisa tiba-tiba mimpi jatuh miskin?

lifestyle

Sukses Diet, Aaliyah Massaid Akui Pernah Jalani Pola Makan Ekstrem

Namun, Aaliyah Massaid akhirnya menemukan cara yang lebih aman dan sehat untuk menurunkan berat badan.

lifestyle

Hobi Naik Gunung? Pendaki Perempuan Harus Perhatikan Ini

Pendaki perempuan harus lebih teliti dalam menjaga kesehatan organ intim selama naik gunung.