lifestyle

Inilah Peran Keren Hewan Peliharaan Kesayanganmu, Bisa Jadi Stress Relief

Kamu punya hewan peliharaan?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Sabtu, 09 Februari 2019 | 20:17 WIB

Stres dapat dikatakan sebagai gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Stres dapat timbul dari dalam diri karena munculnya rasa cemas dan frustasi. Namun, tahukah kamu jika hewan peliharaan bisa jadi pilihan terbaik dalam urusan stress relief?

Stres dapat timbul karena adanya kekhawatiran dalam diri akan suatu hal yang bakal dihadapi. Kecemasan yang berlebihan dapat mengakibatkan individu frustasi karena merasa tidak dapat memenuhi hal yang diinginkan.

Tekanan merupakan stres yang terjadi karena faktor dari luar, yaitu dipengaruhi oleh lingkungan sekitar individu ini sendiri. Tekanan ini timbul dikarenakan adanya tuntutan serta tanggungjawab yang harus dilakukan oleh individu.

Baca Juga: Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

Terlebih di zaman yang semakin maju ini, rasa cemas dan khawatir akan keberlangsungan hidup individu semakin terasa karena intensitas tantangan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Stres seakan tidak dapat dihindari lagi. Kebutuhan hidup yang semakin bertambah, tingkat kesulitan dalam bekerja dan belajar, juga tuntutan perkembangan zaman semakin memberi tekanan terhadap individu sehingga menjadi penyebab stres.

Ilustrasi stres bekerja. (Pexels)

 

Baca Juga: Sambut Hari Raya Bareng Brand Lokal, Ini 4 Rekomendasinya

Stres sendiri bisa menjadi baik apabila individu bersangkutan sadar dan menjadikan tekanan yang ada sebagai motivasi. Namun, tak sedikit yang gagal mengontrol tekanan yang mereka alami dan justru merasa terpuruk serta dapat berakibat buruk, baik bagi kesehatan mental maupun fisik.

Penanggulangan stres biasa dilakukan oleh dokter maupun terapis. Namun, rupanya stres dapat kita atasi dengan cara yang terbilang mudah. Banyak yang mungkin tak menyadarinya, tapi hewan peliharaan ternyata punya peran penting dalam menjaga suasana hati tetap baik dan stabil.

Mengapa hewan peliharaan? Pada dasarnya, salah satu alasan memiliki hewan peliharaan adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, yaitu sebagai teman.

Anjing cihuahua. (Unsplash/Alicia Gauthier)

 

Namun, bukan hanya sebagai teman di rumah, hewan peliharaan efektif meningkatkan kadar hormon serotonin yang mengontrol kegiatan emosional dan hormon dopamin yang mengontrol gerak tubuh.

Membelai, memeluk, dan menyentuh hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, kelinci, atau bahkan dengan melihat ikan di dalam akuarium, dapat membantu menenangkan diri. Kita dapat merasa lebih rileks dan lebih damai ketika sedang stres atau merasa cemas.

Hewan peliharaan juga terbukti dapat meningkatkan hormon antistress atau oksitosin meski kita hanya berinteraksi langsung dengan hewan peliharaan. Bermain dengan hewan peliharaan akan membantumu melupakan masalah, bahkan bisa menjadi motivasi tersendiri bagi individu. Apapun hewan peliharaan yang kamu miliki, mereka bisa jadi teman terbaik penghilang stres.

 

Zevanny Michelle Listando (Mahasiswa The London School of Public Relations, Jakarta)

Baca Juga: 7 Ide Parcel Rp100 Ribu, Lebih Hemat tapi Tetap Berkualitas

Artikel ini merupakan kiriman pembaca DewiKu.com. Isi dari artikel ini merupakan tanggung jawab penulis, bukan redaksi DewiKu.com.

lifestyle

Hasil Survei: Perjalanan Ramah Lingkungan Lebih Disukai Wisatawan

Berdasarkan hasil survei, 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

lifestyle

Manfaat Minum Susu saat Sahur, Minuman Sehat Kaya Protein

Belum banyak yang tahu, ini pentingnya konsumsi susu saat sahur.

lifestyle

Liburan ke Luar Negeri Susah Cari Makanan Halal? Dian Ayu Lestasi Berbagi Tips Mudahnya

Suka jalan-jalan ke luar negeri? Dian Ayu Lestari ungkap caranya mencari makanan halal.

lifestyle

5 Resep Kue Bawang Renyah, Camilan Gurih di Hari Lebaran

Mau bikin kue bawang sendiri di rumah? Simak resep di bawah ini!

lifestyle

Senyuman 4 Zodiak Ini Paling Gampang Bikin Hati Meleleh, Gemas Banget!

Beberapa zodiak disebut memiliki senyuman imut menggemaskan.

lifestyle

8 Arti Mimpi Uang Robek, Bakal Ada Perubahan Prioritas Hidup

Apakah mimpi uang robek selalu berkaitan dengan masalah keuangan?