Sabtu, 23 Januari 2021
Vika Widiastuti | Rima Suliastini : Rabu, 27 Februari 2019 | 08:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Dewiku.com - Mendengar kata bunuh diri pasti bikin kita ngeri dan nggak mau orang-orang terdekat mengalami hal seperti itu. Buat kamu yang melihat gelagat nggak beres pada salah satu orang terdekat, coba pastikan sekali lagi apakah mereka memiliki tanda seperti di bawah ini?

Jika iya, bisa jadi mereka sedang depresi. Hal yang harus kamu lakukan adalah mendampingi mereka dan membawanya pada orang yang lebih berkompeten agar permasalahannya tidak berlarut-larut.

Ilustrasi Depresi. (Unsplash/Aricka Lewis)

 

Penampilan berantakan
Dilansir dari berbagai sumber, salah satu ciri orang yang sedang depresi adalah tidak memperhatikan penampilan. Mereka cenderung cuek dan tampil berantakan. Hal ini terjadi karena mereka sibuk dengan pikirannya hingga abai pada penampilan.

Meskipun tidak semua orang memperlihatkan ciri seperti ini, tapi nggak ada salahnya jika kamu lebih perhatian dengan lingkunganmu dan mulai peka pada hal-hal yang kecil seperti ini.

Ilustrasi depres. (Unsplash/Andrew Le)

 

Produktivitas menurun
Orang yang sedang depresi biasanya tengah bergelut dengan pikiran yang kacau dan hal ini besar dampaknya pada produktivitas. Mereka akan kesulitan konsentrasi dan tidak bisa menyamakan performanya seperti dulu ketika sebelum depresi.

Ilustrasi depresi. (Pexels)

 

Penyakit psikosomatik
Salah satu ciri orang depresi adalah mengalami sakit psikosomatis seperti migrain, sesak nafas dan pusing, padahal ketika di cek kesehatannya semua baik-baik saja.

Umumnya, penyakit ini datang seiring dengan pikiran yang nggak stabil hingga penderita sulit untuk mengatasi diri sendiri. Mereka akan terus menerus merasa khawatir dan ini memiliki dampak pada kesehatannya.

Ilustrasi depresi. (Pexels)

 

Pura-pura bahagia
Ini bukan isapan jempol semata Girls. Orang yang depresi biasanya menutupi kondisi mereka yang sebenarnya dengan pura-pura bahagia.

Ciri yang paling umum adalah tetap menebar senyum dan jadi orang yang paling pertama tertawa. Mereka juga cenderung menghindari percakapan serius dan mentertawakan topik yang dianggap sulit.

BACA SELANJUTNYA

Tidak tahu Diri, Mantan Model Mengaku Depresi demi Operasi Plastik Gratis