lifestyle

Wanita Ini Mengoleskan Darah Menstruasi di Wajahnya, Biar Apa?

Eits, jangan jijik dulu. Ada pesan di balik darah menstruasi itu.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kamis, 28 Februari 2019 | 11:42 WIB

Mungkin banyak wanita merasakan hal yang sama dengan Demetra Nyx, sangat membenci masa-masa menstruasi. Keluarnya darah menstrusi setiap bulan sering kali menjadi momen yang begitu menyiksa.

Dilansir dari Metro, Demetra, wanita berusia 26 tahun itu mengalami menstruasi pertama pada usia 12. Pada masa remajanya, ia memandang menstruasi sebagai sesuatu yang menjijikkan dan memalukan.

Pada usia 20 tahun Demetra memiliki IUD tembaga yang dipasang untuk tujuan kontrasepsi. Itu membuatnya merasa kesakitan hingga harus berbaring di tempat tidur selama dua hari pertama setiap menstruasi.

Baca Juga: Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

Hal itu menyisakan trauma mendalam bagi Demetra. Tapi setahun kemudian, ia melepasnya dan mulai melacak siklus menstruasinya. Ia juga memilih menggunakan menstrual cup.

Demetra Nyx. (Instagram/@demetra_nyx)

Dengan menggunakan cangkir menstruasi, Demetra mulai mengeksplorasi cairan menstruasinya. Dia kini sangat suka mengoleskan darah menstruasi di wajahnya untuk membantunya terhubung dengan tubuhnya.

Demetra ingin menunjukkan kepada semua orang bahwa menstruasi itu 'indah' dan 'kuat'. Ia pun membagikan foto-foto tubuh dan wajahnya yang berlumuran darah.

Baca Juga: Hasil Survei: Perjalanan Ramah Lingkungan Lebih Disukai Wisatawan

''Berbagi gambar darah di wajah dan tubuh saya hanyalah sebuah dorongan hati. Saya sedang membuat rangkaian untuk membantu wanita terhubung dengan siklus menstruasi mereka, dan saya pikir itu akan menyenangkan,'' ujar Demetra.

Menurutnya, masyarakat selama ini mengajarkan bahwa menstruasi itu kotor dan tidak nyaman. Iklan tentang produk menstruasi berbicara tentang berbau 'segar' atau membuat kita lebih bersih, menyiratkan bahwa fungsi alami tubuh kita itu kotor.

Demetra Nyx. (Instagram/@demetra_nyx)

''Komentar yang sangat umum saya dapatkan adalah, 'oh, kamu harus menghapus kotoran di wajah. Saya juga mendengar dari teman dan keluarga bahwa itu 'aneh' dan 'menjijikkan','' ungkap Demetra.

Meski begitu, respon itu justru membuatnya terus mengunggah foto serupa. ''Saya menerima komentar yang jauh lebih positif daripada negatif. Saya pikir wanita ada pada titik di mana kita benar-benar ingin dapat mencintai tubuh kita dan membawa topik-topik tabu ke permukaan,'' kata Demetra yang berprofesi sebagai pelatih seks.

Baca Juga: 3 Tips Mudik Lebaran, Seru-seruan Modal Smartphone Canggih

''Ini mengherankan saya betapa tidak nyamannya kita berbagi diri penuh kita dengan dunia, dan saya ingin menjadi pembawa pesan untuk itu,'' tambahnya lagi.

lifestyle

Hasil Survei: Perjalanan Ramah Lingkungan Lebih Disukai Wisatawan

Berdasarkan hasil survei, 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

lifestyle

3 Tips Mudik Lebaran, Seru-seruan Modal Smartphone Canggih

Mudik jadi terasa lebih seru dengan smartphone beserta fitur istimewanya.

lifestyle

Tersedia Terbatas, ChockRocks Cone Rilis Es Krim Rasa Chiki Balls Keju!

Brand es krim ChockRocks Cone merilis varian es krim rasa Chiki Balls Keju nih, Sahabat Dewiku!

lifestyle

5 Ide Hampers Lebaran Spesial, Cocok untuk Bestie Tersayang

Tak harus kue kering, berikut beberapa ide hampers untuk Lebaran.

lifestyle

8 Arti Mimpi Punya Sayap untuk Terbang, Benarkah Pertanda Bahagia?

Pernah bermimpi memiliki sayap dan bisa terbang? Cari tahu maknanya di sini.

lifestyle

Resep Pastel Ayam Kari, Cocok untuk Sajian Takjil Ramadan

Pastel ayam kari bisa disantap saat berbuka puasa di bulan Ramadan.