Rabu, 28 Oktober 2020
Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi : Selasa, 16 April 2019 | 22:15 WIB

Dewiku.com - Salah satu selebriti Indonesia yang gencar menggalakan aksi peduli lingkungan adalah Dian Sastrowardoyo atau yang kerab disapa Dian Sastro. Kali ini publik dibikin heboh dedngan aksi Dian Sastro rampok plastik warga Jakarta dalam rangka melawan penggunaan kantong plastik.

Melalui akun Instagram pribadinya, @therealdisastr, ia membagikan momen tersebut kepada 5,9 juta pengikutnya. Dian Sastro terlihat membagikan banyak foto kejadian rampok plastik tersebut.

''Hari ini #pertemanansehat dan #sahabatdisas ikut aksi #rampokplastik bersama @sejauh_mata_memandang dan Diet Kantong Plastik @iddkp !'' tulis keterangan dari unggahan Dian Sastrowardoyo.

Bikin Kaget, Ini Aksi Dian Sastro Rampok Plastik Warga Jakarta. (Instagram/@therealdisastr)

Dalam aktivitas yang dilakukan di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta itu, ibu dari dua anak ini berhasil mengumpulkan setidaknya 1.000 kresek dalam waktu 30 menit. Ia pun menukar kantong plastik dengan tas guna ulang.

''Hari ini beberapa orang yang masih bawa kantong plastik, kita 'rampok' kreseknya dan kita tukar dengan tas guna ulang. Nggak nyangka banget! Baru jalan 30 menit, sudah terkumpul sekitar 1000 kresek,'' lanjutnya.

Ia juga memberitahukan kepada followers di Instagram kalau kantong plastik sangat sulit untuk didaur ulang dan membahayakan lingkungan.

Bikin Kaget, Ini Aksi Dian Sastro Rampok Plastik Warga Jakarta. (Instagram/@therealdisastr)

''Tahu ngga sih ternyata kresek itu jarang didaur ulang karena sulit, materinya terlalu tipis dan ringan. Dari 4 trilyun kresek yang dipakai setiap tahun di dunia, hanya 1% yang terdaur ulang!'' ungkap Dian Sastrowardoyo.

Dian Sastro juga mengungkapkan keprihatiannya tentang limbah plastik yang tidak bisa didaur ulang ini.

''Sisanya? Numpuk di Tempat Pembuangan Akhir, tertiup angin, terbuang ke sungai, ke laut, dimakan hewan laut sampai membunuh penyu laut, paus, dan ikan-ikan yang biasa kita makan juga,'' kata dia lagi.

Bikin Kaget, Ini Aksi Dian Sastro Rampok Plastik Warga Jakarta. (Instagram/@therealdisastr)

Tak hanya mengungkapkan keprihatinannya, Dian Sastro juga mengajak masyarakat untuk setop memakai kantong plastik.

''Jadi sudah saatnya kita nggak berpikir ''ah ada yang beresin nanti sampahnya''. Kita mesti mulai STOP penggunaan kresek, toh nggak butuh-butuh amat kan?'' ajak Dian Sastrowardoyo.

Pemeran Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta ini menambahkan, kantong plastik hasil rampokan hari itu akan didaur ulang.

''Sampah kresek terkumpul ini akan dibuat jadi karya instalasi seni oleh @sejauh_mata_memandang nanti mulai 22 April. Nantikan jangan lupa hadir yaa,'' tutup Dian Sastro.

BACA SELANJUTNYA

Dian Sastro Unggah Foto Bareng Yoona SNSD, Warganet Langsung Jatuh Hati