lifestyle

Dulu Hidup Bak Gelandangan, Wanita Ini Sukses Jadi Pebisnis Kaya di Inggris

Bisnis miliknya kini memiliki nilai sekitar 4 triliun rupiah.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Senin, 27 April 2020 | 18:59 WIB

Ada banyak tantangan yang mesti dijalani seseorang sebelum mampu meraih sebuah kesuksesan. Hal itu tidak terkecuali bagi Penny Streeter, wanita 52 tahun yang dulunya pernah jadi gelandangan sebelum sukses.

Penny, yang sekarang punya rumah di Cape Town dan West Sussex, dulunya mengalami hidup sulit. Merangkum laman The Sun, Penny berhenti sekolah di umur 15 tahun dan langsung bekerja di perusahaan rekrutmen.

Penny juga menikah muda, yakni saat berumur 19 tahun. Setelah melahirkan anak pertama, Penny pun membangun bisnis rekrutmen miliknya sendiri bersama sang ibu dan rekan kerjanya.

Baca Juga: 3 Tips Mudik Lebaran, Seru-seruan Modal Smartphone Canggih

Bisnis itu berjalan lancar selama 2 bulan lamanya. Namun, pada Agustus 1989, bisnis mereka bangkrut dan keluarga Penny berutang 20.000 poundsterling atau sekitar Rp380 juta pada rentenir.

Tak sampai di sana, pernikahan pertama Penny juga berujung pada perceraian. Padahal, saat itu Penny sudah punya dua anak dan sedang hamil anak ketiga.

"Aku duduk di flat kumuh di Croydon, berpikir bagaimana hal-hal menjadi seperti ini. Aku hamil 9 bulan, dan hidup di akomodasi pemerintah setelah pernikahanku berakhir."

Baca Juga: 6 Tips Glam Makeup untuk Lebaran, Cantiknya Tetap Natural

Tak mempunyai rumah, Penny pun harus bertahan hidup dengan ketiga anaknya. Dirinya juga hanya punya dua kursi yang merupakan pemberian sang ibu.

"Ibu membantuku dengan uang untuk makan dan meminjamkan beberapa furnitur, meski dia juga tak punya apa-apa karena bisnis kami bangkrut."

Ilustrasi: Orang miskin. (Shutterstock)

Kala itu, Penny mengkhawatirkan masa depan anak-anaknya. Dirinya juga merasa bersalah karena tidak bisa memberikan baju atau mainan bagus untuk ketiga anaknya.

"Aku merasa gagal, tetapi aku mencoba untuk berpikir positif demi anak-anakku," tambah Penny.

Setelah dua tahun hidup tidak menentu, Penny akhirnya mendapat kesempatan untuk berbisnis lagi di tahun 1995. Kala itu, salah seorang teman menawari Penny untuk memakai ruang kosong di kantor suaminya.

Penny pun kembali membuka bisnis rekrutmen walau tanpa modal. Setiap hari, dia akan menelepon orang-orang sembari mengasuh anak.

Beberapa orang pun menganggapnya terlalu nekat karena berani berbisnis lagi. Namun, Penny dan ibunya tetap bertekad untuk membangun hidup mereka kembali.

"Kami bekerja keras dan itu sukses," tutur Penny.

Ilustrasi orang kaya. (Unsplash/Freestock.org)

Tidak lama setelah itu, Penny pun bertemu Nick yang lantas menjadi suami barunya.

Penny dan ketiga anaknya kemudian pindah ke flat baru, sementara di tahun 1996 bisnisnya telah bernilai 1 juta poundsterling.

Bisnis rekrutmen baru yang berada di bidang kesehatan itupun terus berkembang. Pada Maret 1999, Penny bisa membeli rumah sendiri. Sementara di tahun 2002, perusahaannya menjadi salah satu yang berkembang pesat di Inggris.

Kini, bisnis Penny sendiri mempunyai nilai 208 juta poundsterling atau sekitar Rp 4 triliun. Penny dan keluarganya juga punya kebun anggur di Afrika Selatan dan pabrik wine di Inggris.

Tak cuma itu, Penny pun bangga karena perusahaannya telah menyalurkan 27.000 tenaga medis. Terlebih di tengah wabah Covid-19, hal tersebut membuatnya senang karena bisa membantu.

"Saranku untuk pebisnis wanita lainnya adalah ikuti hatimu."

Baca Juga: Tersedia Terbatas, ChockRocks Cone Rilis Es Krim Rasa Chiki Balls Keju!

"Aku dulu gelandangan, tetapi aku berhasil sejauh ini. Kalau kau punya niat, tak ada alasan bagimu untuk tidak sukses," tambah Penny.

lifestyle

3 Tips Mudik Lebaran, Seru-seruan Modal Smartphone Canggih

Mudik jadi terasa lebih seru dengan smartphone beserta fitur istimewanya.

lifestyle

Tersedia Terbatas, ChockRocks Cone Rilis Es Krim Rasa Chiki Balls Keju!

Brand es krim ChockRocks Cone merilis varian es krim rasa Chiki Balls Keju nih, Sahabat Dewiku!

lifestyle

5 Ide Hampers Lebaran Spesial, Cocok untuk Bestie Tersayang

Tak harus kue kering, berikut beberapa ide hampers untuk Lebaran.

lifestyle

8 Arti Mimpi Punya Sayap untuk Terbang, Benarkah Pertanda Bahagia?

Pernah bermimpi memiliki sayap dan bisa terbang? Cari tahu maknanya di sini.

lifestyle

Resep Pastel Ayam Kari, Cocok untuk Sajian Takjil Ramadan

Pastel ayam kari bisa disantap saat berbuka puasa di bulan Ramadan.