Kamis, 29 Juli 2021
Rima Sekarani Imamun Nissa : Rabu, 21 Juli 2021 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Dewiku.com - Bahasa Inggris tercatat sebagai bahasa paling banyak digunakan untuk berkomunikasi di dunia. Selain itu, Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang dipelajari hampir di seluruh institusi pendidikan seluruh  dunia, termasuk Indonesia. Penggunaan bahasa Inggris tentunya sering kita jumpai di kehidupan sehari-sehari sehingga sangat penting untuk belajar sejak dini.

Namun, pernahkah kamu merasa tidak lancar berbahasa Inggris meskipun sudah belajar bertahun-tahun? Lalu bagaimana, supaya fasih berbahasa Inggris? Dalam rilis yang diterima Dewiku.com, Rabu (21/7/2021), berikut beberapa tips yang bisa terapkan saat belajar bahasa Inggris.

Belajar dari film

Suka nonton film? Nah, saat menonton film, coba ubah teks subtitle yang ada. Jika menonton film Indonesia, coba kalian tambah teks subtitle bahasa Inggris. Sebaliknya, jika menonton film barat, kalian bisa tambah teks subtitle ke dalam bahasa Indonesia.

Ilustrasi belajar bahasa Inggris sambil menonton film. (Pexels/Bruce Mars)

Apa fungsinya? Jadi, saat menonton film, kalian bisa sambil mendengarkan dan membaca teks subtitle. Penggabungan dua keterampilan tersebut dapat membantu dan mendukung kalian menerjemahkan kata per kata.

Kalian juga bisa mendengarkan podcast dalam bahasa Inggris. Hal ini membantu kalian lebih terbiasa mendengarkan kosa kata dalam bahasa Inggris.

Dengarkan lagu dalam bahasa Inggris

Tentu saja di zaman teknologi yang sudah maju ini, kamu bisa mendengarkan lagu kapan pun dan di mana pun hanya lewat aplikasi musik. Nah, kamu bisa mendengarkan sambil mencari lirik lagu di browser kamu. Sambil mendengarkan, kamu pahami liriknya. Hal ini akan membantumu memperkaya vocabulary.

Gunakan hobi sebagai sarana ngobrol

Gunakan hobi kalian untuk berinteraksi dengan orang-orang yang pandai berbahasa Inggris. Jika senang bermain games, seperti Among Us atau Fortunite, bergabunglah dengan forum yang berisi sekumpulan orang-orang luar yang menggunakan bahasa Inggris.

Selain itu, kamu bisa coba mulai berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan keluarga atau teman-teman dekatmu. Meskipun belum fasih, kamu tidak perlu khawatir. Semakin sering berlatih, maka perlahan kamu akan mulai terbiasa dan lancar berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Ilustrasi ponsel. (Unsplash/Ooi Jiat)

Gunakan ponselmu

Banyak orang menghabiskan waktu untuk menggunakan ponsel atau perangkat elektronik lain. Cobalah untuk mengubah pengaturan bahasa ponsel atau perangkat elektronik kamu ke dalam bahasa Inggris sehingga pemberitahuan yang muncul akan diterima dalam bahasa Inggris. Hal yang sama berlaku juga untuk browser dan sosial media.

Jika kamu menggunakan Google Chrome, tambahkan bahasa Inggris sebagai penerjemah. Dengan begitu, kamu bisa memahami halaman yang kamu cari menggunakan bahasa Inggris, lalu belajar menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.

Latihan di depan cermin

Ada yang sering tidak percaya diri ketika berbicara dalam bahasa Inggris?Nyatanya, banyak orang sering gugup dan grogi jika harus berbicara pakai bahasa Inggris. Salah satu solusinya adalah rajin berlatih di depan cermin.

Meskipun kamu masih terbata-bata, jangan takut! Semakin sering berlatih, maka kemampuan berbicara kamu akan semakin lancar dan kamu tidak lagi grogi ketika harus berbicara dalam bahasa Inggris.

Cari teman berbicara

Kamu juga bisa melatih kemampuan berbicara kamu dengan teman yang memiliki level yang sama atau bahkan lebih tinggi dari kamu. Mulailah dengan perkenalan, lalu ajukanlah pertanyaan atau kamu bisa menjawab pertanyaan yang diajukan.

Awali dengan sesuatu yang sederhana. Jangan berharap untuk melakukan percakapan penuh di awal, lakukan semua perlahan.

Kamu juga bisa berbicara dengan orang atau kerabat yang tidak paham bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu akan memiliki pengalaman berbicara tanpa ada tekanan seandainya melakukan kesalahan dalam berbicara.

Kursus bahasa Inggris di English Academy by Ruangguru. (Istimewa)

Ikuti kursus bahasa Inggris online

Jika butuh bantuan untuk memulai belajar, kamu juga bisa mengikuti kursus bahasa Inggris, salah satunya di English Academy by Ruangguru. English Academy merupakan kelas live teaching bahasa Inggris berbasis online.

Di sini, kamu bakal diajarin oleh para pengajar (Master Teacher) yang berpengalaman dan ahli dari kalangan internasional maupun lokal. Hal yang bikin tambah seru, pelajaran English Academy disampaikan secara interaktif dan efektif dengan menggunakan kurikulum berstandar internasional.

Nah, itulah beberapa jurus jitu lancar berbahasa Inggris. Jangan lupa untuk selalu banyak membaca dan mendengarkan dalam bahasa Inggris, ya!

BACA SELANJUTNYA

Shireen Sungkar Bangga Anak Sulung Sudah Taat Salat, Warganet Kepo Tipsnya