lifestyle

Tips Merawat Motor Matic Supaya Awet dan Tahan Lama

Motor matic yang awalnya diciptakan bagi perempuan ini ternyata juga diminati oleh laki-laki, bahkan anak muda.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Jumat, 27 Agustus 2021 | 16:48 WIB

Motor matic yang awalnya diciptakan bagi perempuan ini ternyata juga diminati oleh laki-laki, bahkan anak muda. Hal ini dikarenakan motor matic cukup mudah digunakan dan perawatannya juga tidak terlalu rumit.

Bisa dibilang saat ini motor matic adalah rajanya motor di jalanan, khususnya motor Honda Beat 2021. Sekarang ini sudah cukup jarang dijumpai motor manual di jalanan kota besar.

Supaya motor matic Anda lebih awet, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat merawat motor ini. Penasaran? Yuk, simak baik - baik tips merawat motor matic Anda supaya lebih awet sebagai berikut.

1. Panaskan Motor Matic di Pagi Hari

Perawatan pertama yang harus Anda lakukan setiap harinya adalah memanasi motor di pagi hari tepat sebelum digunakan. Hal ini supaya oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga kinerja mesin motor semakin maksimal.

Waktu yang pas untuk memanaskan motor matic yang baik adalah lima menit saja. Sebaiknya Anda menggunakan kick starter saat memanaskan motor daripada menggunakan starter elektrik. Hal ini untuk mengurangi penggunaan baterai atau aki motor.

2. Ganti Oli Secara Kontinyu

Setelah rutin memanaskan motor setiap pagi, maka perawatan lain yang wajib dilakukan adalah mengganti oli secara berkala. Biasanya jadwal mengganti oli ini dilakukan setiap kali motor Anda telah mencapai jarak 1000 km.

Adapun oli transmisi motor atau oli gardan dilakukan setiap kali motor mencapai jarak 5.000 km. Apabila Anda lupa berapa jarak yang sudah ditempuh sebelumnya, maka ada baiknya Anda menggali oli motor ini setiap dua atau tiga bulan sekali.

Pergantian oli ini dimaksudkan untuk menjaga kebersihan mesin motor Anda. Apabila oli mesin kotor, maka ini akan mempengaruhi sistem pembuangan motor. Ingat, saat mengganti oli pergunakan yang sesuai dengan spesifikasi motor matic yang Anda miliki.

3. Jangan Sampai Kehabisan Bensin di Jalan

Tips selanjutnya supaya motor matic Anda tetap awet adalah jangan sampai motor kesayangan Anda tersebut kehabisan bensin di tengah jalan. Kehabisan bensin di tengah jalan dapat membuat mesin motor berhenti mendadak, sehingga mesin motor rentan mengalami kerusakan.

Terlebih apabila motor Anda memiliki sistem injeksi yang bergantung pada ada atau tidaknya bensin. Maka, dari itu usahakan agar motor matic Anda tidak pernah kehabisan bensin demi mencegah mesin motor menjadi aus.

4. Rajin Mengecek Kondisi V-belt dan Roller

Pemotor sejati harus rajin-rajin mengecek kondisi vanbelt atau sering disingkat v-belt. Vanbelt ini adalah komponen motor yang terbuat dari karet khusus dan memiliki fungsi untuk meneruskan putaran dari mesin ke roda belakang.

Karet yang digunakan sebagai bahan pembuat v-belt ini rentan putus apabila tidak sering dicek. Apalagi jika karet tersebut putus di tengah jalan, hal ini akan mengakibatkan motor berhenti dan tidak bisa berjalan.

Gantilah v-belt apabila sudah terlihat aus dan pastikan Anda mempergunakan suku cadang yang orisinal supaya motor matic lebih awet dan tahan lama.

5. Merawat Aki Secara Berkala

Aki adalah salah satu komponen motor yang paling penting. Hampir semua orang pernah mengalami aki soak sehingga electric starter tidak berfungsi atau cahaya lampu menjadi berkurang.

Oleh karena itu sebaiknya Anda mengganti aki setiap 7 - 8 bulan sekali supaya performa motor tetap terjaga. Apabila aki Anda rusak, maka ini dapat mempengaruhi kinerja motor, terutama saat Anda melakukan starter motor. Satu-satunya cara untuk menyalakan motor adalah menggunakan kick starter karena electric starter tidak berfungsi.

6. Kondisikan Kecepatan Motor Tetap Stabil

Seringkali di area pemberhentian lampu lalu lintas kita jumpai para pengendara motor menarik tuas gas dengan kencang saat lampu hijau menyala. Padahal hal ini bukanlah hal yang baik bagi motor matic Anda.

Anda yang terlalu sering menaik turunkan kecepatan motor secara mendadak malah berakibat menurunkan masa pemakaian motor Anda, atau bahkan bisa cepat turun mesin. Kecepatan yang tidak stabil selain dapat merusak mesin juga bisa merusak v-belt motor.

Oleh karena itu, biasakan mengendarai motor dengan kecepatan stabil. Kecepatan yang tidak stabil atau naik turun dengan sangat cepat malah memiliki dampak buruk bagi motor matic Anda.

7. Servis Secara Rutin di Bengkel Langganan

Tips selanjutya yang bisa Anda coba dalam merawat mobil Anda adalah melakukan servis secara rutin di bengkel langganan Anda. Perawatan servis berkala untuk motor matic biasanya adalah seputaran mengganti oli, membersihkan karburator, dan seting motor.

Pastikan servis rutin tersebut dilakukan di bengkel resmi motor matic kesayangan Anda. Saat melakukan servis, ada baiknya Anda juga menanyakan kondisi aki serta kondisi vanbelt dan roler. Servis berkala ini bisa Anda lakukan setiap 3 bulan sekali supaya performa motor matic Anda selalu oke.

8. Pergunakan Bensin yang Berkualitas Tinggi

Nah, tips yang terakhir adalah selalu gunakan bensin yang berkualitas tinggi. Anda bisa membeli bensin ini langsung di pom bensin resmi karena di beberapa pengecer biasanya yang dijual adalah bensin campuran.

Kualitas bensin sangat berpengaruh pada kondisi motor Anda. Semakin tinggi oktan yang Anda gunakan, maka tidak akan ada residu yang tersisa di area pembakaran sehingga motor semakin awet. Oktan yang tinggi biasanya juga lebih ramah lingkungan.

Sudah tahu kan tips merawat motor matic supaya lebih awet dan tahan lama. Silahkan dipraktekkan ya. Apabila perawatan tersebut rutin Anda lakukan, maka masa pakai motor Anda juga bertambah lama.

Bagi Anda yang ingin ganti motor matic karena motor yang dikendarai saat ini sudah tidak layak jalan, ada Honda Beat 2021 di Blibli yang bisa Anda pesan secara online lho! Nah, semoga infonya bermanfaat. Selamat merawat motor matic kesayangan ya!

lifestyle

20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Mau kirim pantun gombal untuk meluluhkan pujaan hati?

lifestyle

Balikan dengan Mantan Pacar? 4 Zodiak Ini Mau Berikan Kesempatan Kedua

Ada beberapa zodiak yang cenderung tak ragu balikan dengan mantan pacarnya.

lifestyle

6 Arti Mimpi Bulan Madu ke Luar Negeri, Harapan Indah Segera Tercapai

Pernah mimpi pergi bulan madu ke luar negeri? Apa maknanya?

lifestyle

Strada Coffee, Tempat Ngopi Baru Bernuansa Unik yang Hadir di Jakarta

Di sana, pengunjung dapat menyelami dunia kopi yang penuh dengan pengetahuan dan kenikmatan.

lifestyle

Detoksifikasi Terbukti Kaya Manfaat, Coba Ikuti Tantangan Seru Ini

Detoksifikasi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.