Selasa, 24 Mei 2022
Rima Sekarani Imamun Nissa : Selasa, 07 September 2021 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Dewiku.com - Tidur adalah kebutuhan dasar manusia. Namun di dunia ini, ada beberapa orang yang mengaku sulit tidur dalam waktu cukup lama. Bahkan, seorang wanita disebut tidak tidur selama 40 tahun. 

Dilansir dari Oddity Central, wanita bernama Li Zhanying itu mengaku tidak tidur 40 tahun terakhir. Hal ini telah dikonfirmasi oleh suami, keluarga, serta tetangga sekitar Li.

Li ingat terakhir kali tidur adalah ketika dirinya berusia sekitar 5-6 tahun. Sedangkan sekarang wanita asal Henan, Tiongkok itu sudah menginjak usia pertengahan 40-an.

Sosok Li pun viral di kalangan penduduk sekitar. Mereka pernah menguji "kemampuan" Li dengan mengajaknya bermain kartu di malam hari. Tapi Li tetap terjaga walau penduduk lain sudah tidur.

Suami Li, Liu Suoquin, juga membenarkan bahwa istrinya tampak tidak butuh tidur sama sekali. Sejak menikah, dia selalu aktif bekerja dan tidak pernah kelelahan meski tak tidur.

Ilustrasi tidak bisa tidur. (Shutterstock)

Mulanya Liu Suoquin mengira istrinya tidak bisa tidur karena mengidap insomina, sehingga membelikan obat tidur. Namun, obat tersebut juga tidak berhasil membuat Li terlelap.

Dilansir dari Bastille Post, Li Zhanying pernah memeriksakan kondisinya ke dokter. Namun itu juga tak berhasil hingga akhirnya dia mengunjungi pusat medis di Beijing baru-baru ini.

Kunjungan tersebut pun membuahkan hasil. Pihak dokter akhirnya sukses memecahkan misteri di balik kondisi yang dialami oleh Li Zhanying selama empat dekade menggunakan sensor canggih.

Setelah menjalani pemantauan selama 48 jam, ditemukan fakta bahwa Li Zhanying sebenarnya tidur. Hanya saja, durasi dan momennya tak seperti orang biasa.

Dokter mengatakan bahwa Li mengalami fenomena "tidur ketika terjaga". Dia sebenarnya tidur, meski matanya tidak tertutup dan tidak sedang terbaring di tempat tidur.

Ilustrasi periksa ke dokter karena tidak bisa tidur. (Shutterstock)

Penyebab terjadinya kondisi ini hampir sama dengan sleepwalking atau idur sambil berjalan. Beberapa saraf dan organ Li Zhanying masih aktif selama tidur.

Data gelombang otak yang dikumpulkan menunjukkan bahwa Li mendapat tidur ringan dan sedang. Dia tanpa sadar melakukannya di tengah aktivitas, seperti saat mengobrol dengan suami.

Menurut dokter, Li Zhanying sebenarnya tertipu oleh otaknya sendiri. Karena caranya yang tidak biasa dalam mengistirahatkan tubuh dan otaknya, Li terus meyakini dirinya belum tidur selama 40 tahun. (*Nur Khotimah)

BACA SELANJUTNYA

Rekomendasi Dokter Kulit, Berikut 7 Langkah Skincare di Malam Hari