lifestyle

Menggunakan Bra Kawat Bisa Memicu Kanker, Mitos atau Fakta?

Benarkah mengenakan bra kawat bisa memicu kanker? Seperti ini faktanya.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kamis, 16 September 2021 | 14:37 WIB

Selama ini, sering kita dengar bahwa penggunaan bra kawat bisa memicu kanker payudara. Hal ini berasal dari teori jika bra kawat mungkin menghalangi aliran cairan kelenjar getah bening. Gara-gara kondisi itu, racun disebut tidak keluar dengan maksimal dan menumpuk, sehingga menyebabkan kanker.

Teori tersebut terdengar cukup masuk akal. Walau begitu, mari kita memahami dulu bagaimana sistem limfatik bekerja sebelum meyakini desas-desus tersebut.

Dilansir dari Livestrong, kata Deanna Attai, MD, profesor klinis bedah dan anggota UCLA Jonsson Comprehensive Cancer Center, mengatakan sistem limfatik terdiri dari pembuluh limfatik (yang mirip dengan pembuluh darah) cairan limfatik, dan kelenjar getah bening.

Baca Juga: Produk Kecantikan Ini Raih Penghargaan di Thailand, Apa Keistimewaannya?

"Cairan limfatik bersirkulasi melalui pembuluh limfatik dan kaya akan sel kekebalan yang dikenal sebagai limfosit, yang penting dalam respons tubuh terhadap bakteri dan virus. Kelenjar getah bening, yang ada di seluruh tubuh, berfungsi sebagai filter untuk cairan limfatik," papar dia.

Sistem limfatik juga berfungsi untuk mempertahankan kadar cairan dalam tubuh dan mengangkut nutrisi dari usus ke aliran darah.

Ilustrasi bra kawat. (Shutterstock)

"Saluran limfatik juga tempat tubuh membuang bakteri, virus, dan bahkan sel kanker," ucap Marisa Weiss, MD, pendiri dan kepala petugas medis Breastcancer.org.

Baca Juga: Transformasi Gaya Rambut Gibran Rakabuming Raka, Sekarang Kayak Oppa Korea?

Kelenjar getah bening di ketiak yang akan menyaring 'sampah' ini. Lalu, sistem kekebalan akan menyerang apa pun di kelenjar getah bening yang tak semestinya ada di sana.

Dengan demikian, apakah penggunaan bra kawat yang kaku dan ketat akan menghalangi aliran cairan kelenjar getah bening?

Untungnya, wanita bisa bernapas lega. Faktanya, cairan limfatik tetap beredar, bahkan saat kamu mengenakan pakaian yang memberi tekanan pada saluran limfatik.

Bahkan, sebuah studi September 2014 di Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention menetapkan bahwa tak ada aspek pemakaian bra (termasuk ukuran cup, jumlah jam per hari dipakai, dan jenis bra yang dipakai) yang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

Ilustrasi pakaian dalam bra. (Pixabay/Andreas Lischka)

"Tak ada bukti ilmiah bahwa bra berkawat menyebabkan kanker," tutur Dr. Attai. "Jika seorang wanita merasa nyaman dengan bra berkawat, saya tidak menyadari ada kerugiannya."

Namun jika seorang wanita baru saja melahirkan dan menyusui, sebaiknya hindari penggunaan bra kawat untuk sementara waktu. Hal itu karena payudara banyak berubah saat memproduksi ASI sehingga seringkali kawat bra dapat bergeser dan berada di jaringan payudara alih-alih menopangnya.

"Rekomendasi saya adalah tidak memakai bra dengan kawat di bawah karena bisa memberikan tekanan yang signifikan pada saluran susu dan menyebabkan penyumbatan, yang dapat menyebabkan mastitis," kata Mary Lou Judas, IBCLC, perawat terdaftar dan konsultan laktasi di Dartmouth-Hitchcock Medical Center.

Baca Juga: Berita Duka, Pendiri Mustika Ratu Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Hal tersebut pada gilirannya dapat mengurangi suplai susu. Di sisi lain, mastitis juga bisa menyebabkan rasa sakit, bengkak, gejala seperti flu, hingga kemungkinan infeksi. (*Yasinta Rahmawati)

lifestyle

Sukses Diet, Aaliyah Massaid Akui Pernah Jalani Pola Makan Ekstrem

Namun, Aaliyah Massaid akhirnya menemukan cara yang lebih aman dan sehat untuk menurunkan berat badan.

lifestyle

Hobi Naik Gunung? Pendaki Perempuan Harus Perhatikan Ini

Pendaki perempuan harus lebih teliti dalam menjaga kesehatan organ intim selama naik gunung.

lifestyle

Biar Lebih Awet, Begini Cara Merawat Baju Eco Print

Supaya warnanya tidak cepat pudar, bagaimana cara merawat baju eco print?

lifestyle

Manfaat Minum Susu Oat, Naura Ayu: Bikin Lebih Semangat!

Minum susu oat bisa membuat lebih semangat menjalani hari-hari.

lifestyle

5 Zodiak Paling Bergairah, Nafsunya Selalu Menggebu-gebu

Zodiak apa yang disebut-sebut memiliki gairah paling tinggi?

lifestyle

Titi Kamal Liburan di Gili Meno Bareng Keluarga, Beda dengan Gili Trawangan?

Menikmati libur Lebaran, keluarga Titi Kamal piknik ke Pulau Gili Meno, NTB.