Selasa, 24 Mei 2022
Rima Sekarani Imamun Nissa : Sabtu, 18 September 2021 | 13:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Dewiku.com - Senantiasa tampak awet muda menjadi dambaan banyak orang. Dalam hal ini, tetap muda dan sehat rupanya bisa diusahahan melalui gaya hidup sehari-hari.

Dilansir dari Eat This, berikut beberapa kebiasaan baik yang bisa membuatmu tampak awet muda dan tetap bugar, antara lain:

Batasi Paparan Sinar atahari

Terlalu banyak terkena sinar matahari bisa merusak kulit serta menyebabkan perubahan jangka panjang seperti photoaging, penuaan dini pada kulit karena paparan sinar matahari. 

Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)

"Dalam photoaging, kulit mengembangkan kerutan dan garis-garis halus karena perubahan kolagen dari lapisan dalam kulit yang disebut dermis," catat Harvard Medical School. 

Untuk melindungi wajah awet muda, kenakan pelembap wajah setiap hari yang punya setidaknya SPF 30 untuk melindungi dari sinar UV-A dan UV-B.

2. Olahraga Teratur

Untuk mencegah penuaan kulit secara dini, maka perbanyaklah bergerak. Menurut American Academy of Dermatology, olahraga ringan dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada gilirannya, hal ini dapat membuat kulit tampak lebih muda. 

Para ahli termasuk American Heart Association dan American Cancer Society merekomendasikan 150 menit olahraga sedang per minggu guna mencegah penyakit kronis.

3. Batasi Konsumsi Gula Tambahan

Temuan dari studi penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang mengandung banyak gula atau karbohidrat olahan lainnya bisa mempercepat penuaan. Saat mengonsumsi gula dalam jumlah berlebihan, ia bereaksi dengan protein dalam tubuh, sebuah proses yang disebut glikasi. 

Kelebihan gula mengikat kolagen dan elastin, dua senyawa di kulit yang membuatnya terlihat montok dan awet muda. Ini menghasilkan produk akhir glikasi lanjutan yang merusak kolagen dan elastin yang memicu lulit kusam, kendur dan keriput.

Ilustrasi kue churros. (Pixabay/Daria-Yakovleva)

4. Kurangi Stres

Seiring waktu, stres kronis dapat membuat sel tubuh menua. Harvard Medical School melaporkan bahwa stres kronis bisa memperpendek telomer, struktur di dalam setiap sel yang berisi informasi genetik. 

Ketika telomer semakin pendek, sel menua dan akhirnya mati. Orang dengan telomere yang lebih pendek juga berisiko mengalami kondisi kronis seperti penyakit jantung hingga kanker.

5. Tidur Cukup

Selama tidur, tubuh memperbaiki segala sesuatu mulai dari otak hingga kulit. Jika tak mendapatkan tidur cukup, penuaan bisa muncul di wajah. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical and Experimental Dermatology, perempuan yang mendapatkan kualitas tidur baik mengalami pemulihan penghalang kulit 30 persen lebih baik ketimbang mereka yang kurang tidur. (*Fita Nofiana)

BACA SELANJUTNYA

Ngaku Cantik Alami, Ibu 45 Tahun Ini Bagikan Tips Awet Muda Pakai Selotip