lifestyle

5 Tips Hemat Biaya dalam Memilih Kitchen Set

Apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih kitchen set?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kamis, 17 Maret 2022 | 19:43 WIB

Memiliki furnitur dapur dengan kitchen set yang lengkap pasti jadi impian banyak orang. Apalagi, kitchen set tidak hanya sebagai dekorasi dapur, tetapi bisa berfungsi untuk menyimpan semua perlengkapan dapur, seperti sendok, wajan, piring, dan sebagainya.

Sayangnya, tidak semua rumah bisa memiliki kitchen set lengkap dan besar karena ada keterbatasan ruangan. Untuk itu, kali ini ini kami berikan tips memilih kitchen set yang tepat. Yuk, simak berikut ini.

1. Tentukan bujet

Baca Juga: Almira Yudhoyono Disarankan Ikut Ajang Puteri Indonesia, Memang Syaratnya Apa Saja?

Semua orang pasti bisa memiliki kitchen set. Apalagi, harga kitchen set saat ini bisa disesuaikan dengan bujet yang kita miliki. Untuk itu, pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu berapa besar anggaran buat kitchen set tersebut. Biasanya, desain interior akan membantu kamu untuk memberikan referensi bentuk kitchen set yang sesuai dengan bujet tersebut.

2. Pilih bentuk kitchen set

Selanjutnya adalah menentukan bentuk kitchen set yang akan kamu gunakan. Umumnya, bentuk kitchen set bisa terlihat dari ukuran dapur tersebut. Bila ruang area masak cukup terbatas, kamu bisa memilih kitchen set minimalis, tetapi tetap memiliki banyak tempat penyimpanan.

Baca Juga: Kala Putri Marino Ditanya Soal Wangi Tubuhnya: Elegan dan Bunga

3. Tentukan kapasitas penyimpanan

Menentukan besaran kapasitas penyimpanan pada setiap kabinet dalam kitchen set juga diperlukan. Hal ini untuk memastikan bahwa semua peralatan dapur kamu bisa tersimpan dengan baik dan tidak berserakkan.

Jika kamu tidak memiliki peralatan dapur yang banyak, maka kamu bisa membuat kitchen set dengan kabinet bawah, sedangkan bagian atasnya dapat dilengkapi dengan rak dinding.

4. Bandingkan bahan

Material pembuatan kitchen set cukup beragam, mulai dari kayu, aluminium, papan partikel, hingga polywood. Dari beberapa pilihan bahan material pembuat kitchen set ini, kamu harus memilih bahan terbaik yang tetap sesuai di kantong kamu.

Untuk itu, kamu bisa melakukan perbandingan harga pasaran setiap bahan. Jadi, kamu bisa menentukan gambaran kasar bujet yang diperlukan.

5. Bandingkan finishing

Terakhir, bandingkan juga harga bahan finishing yang digunakan pada kitchen set. Biasanya, ada dua bentuk finishing, yaitu duco dan HPL. Bila kamu ingin memiliki tampilan kitchen set lebih berkilau, kamu bisa memakai kitchen set dengan teknik finishing duco. Karena proses pembuatanya cukup panjang, maka harga finishing duco lebih mahal.

Sedangkan untuk pilihan yang lebih murah, kamu bisa menggunakan finishing HPL, yaitu finishing yang tidak menggunakan cat melainkan hanya ditempelkan dengan komposit plastik. Meski murah, finishing ini juga punya banyak kelebihan, seperti tahan panas, memiliki banyak motif, serta anti goresan.

Nah, itu tadi beberapa tips memilih kitchen set yang hemat biaya yang bisa kamu jadikan panduan. Untuk mendapatkan perlengkapan dapur, mulai dari harga wajan, panci, sendok, hingga rak dapur yang terjangkau dengan bahan berkualitas, kamu bisa mengunjungi Ruparupa.com.

Baca Juga: Koleksi Jam Tangan Mewah Milik Selvi Ananda, Simpel Tapi Menguras Dompet

Situs e-commerce ini menyediakan berbagai kebutuhan home living dari brand-brand terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi. Yuk, buat dapur di rumah semakin nyaman.

lifestyle

Perempuan Lebih Ceroboh saat Berkendara, Mitos atau Fakta?

Apakah perempuan memang selalu bikin waswas saat mengendarai mobil atau motor?

lifestyle

Wulan Guritno Konsisten Jalani Gaya Hidup Sehat, Ini Kuncinya

Apa yang membuat Wulan Guritno bisa konsisten menjalani gaya hidup sehat?

lifestyle

Bukan Sedot Lemak, Begini Cara Marion Jola Menurunkan Berat Badan

Terlihat semakin langsing, banyak orang menduga Marion Jola sedot lemak, padahal tidak begitu.

lifestyle

7 Arti Mimpi Mendaki Gunung, Siap-Siap Hadapi Rintangan Hidup

Pernah melakukan pendakian gunung dalam mimpi? Cari tahu arti mimpi mendaki gunung.

lifestyle

Hadiri Pembukaan The Coach Restaurant di Jakarta, Artis Korea Kang Minhyuk Siap Sapa Penggemar Tanah Air

Acara pembukaan The Coach Restaurant ini juga akan dihadiri aktor Thailand, Blue Pongtiwat.

lifestyle

8 Arti Mimpi Menikah dengan Pria Kaya Raya, Pertanda Bahagia atau Cuma Efek Halu?

Apakah kamu pernah mimpi dinikahi pria kaya raya? Berikut maknanya.