lifestyle

Kiat Efektif Menghindari Pencurian Koper saat Perjalanan Bisnis

Salah satu hal yang paling merepotkan adalah barang bawaan. Apalagi pencurian koper semakin marak terjadi.

Rendy Adrikni Sadikin
Minggu, 20 Maret 2022 | 08:59 WIB

Perjalanan bisnis seringkali terasa berat bagi para karyawan karena dianggap menyita waktu dan tenaga. Padahal, perjalanan tersebut justru penting bagi kelancaran karier. Salah satu hal yang terasa paling merepotkan adalah urusan barang bawaan. Apalagi saat ini pencurian koper semakin marak terjadi di kalangan penumpang pesawat terbang.

Jangan panik menghadapi isu pencurian koper di bandara. Anda bisa meminimalkan resikonya dengan melakukan kiat-kiat berikut ini:

1. Memilih Maskapai Penerbangan yang Terpercaya

Jika akan melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri dalam waktu dekat, Anda wajib memilih maskapai penerbangan yang kualitasnya terpercaya. Hal ini sangat penting karena perjalanan bisnis ke luar negeri biasanya membutuhkan waktu tempuh lebih lama dengan barang bawaan lebih banyak. Salah satu maskapai yang dapat diandalkan untuk penerbangan antar negara adalah Singapore Airlines.

Cara cek harga tiket ke Singapore atau negara-negara lainnya sekarang dapat dilakukan secara mudah melalui Traveloka. Anda tinggal mengakses website atau aplikasi Traveloka lalu login untuk menemukan harga tiket terbaik sesuai jadwal keberangkatan yang Anda inginkan.

Maskapai penerbangan yang berkualitas akan membantu Anda menjaga keselamatan barang bawaan sehingga Anda tak perlu khawatir dengan pencurian koper atau risiko barang tercecer selama perjalanan.

2. Menghindari Penggunaan Koper yang Terlalu Mahal

Koper yang harganya terlalu mahal karena berasal dari brand kelas atas rupanya sangat mencolok dan menarik perhatian pencuri. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik jika Anda tidak menggunakan koper yang terlalu mahal.

Pilihlah koper dari merek terbaik dengan harga standar. Tak cuma bermanfaat untuk mengurangi risiko pencurian, Anda pun tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk memperbaiki koper jika terjadi kerusakan saat perjalanan bisnis.

3. Memisahkan Barang Berharga di Hand Carry

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan untuk meminimalkan risiko pencurian koper adalah memisahkan barang berharga di hand carry. Berbagai barang berharga seperti gadget, laptop, dan perhiasan sebaiknya selalu berada di dekat Anda, khususnya saat Anda akan menempuh perjalanan jauh.

Letakkan barang-barang tersebut pada ransel, tas selempang, atau tas tangan yang Anda gunakan. Jangan sampai ada barang berharga yang terbawa di bagasi pesawat sehingga risiko kehilangan dapat diminimalkan.

4. Memakai Koper yang Warna atau Motifnya Mencolok

Koper yang motifnya terbilang pasaran akan memperbesar risiko pencurian. Karena pencuri koper dapat berdalih bahwa koper tersebut sama persis dengan koper yang dimilikinya.

Itulah sebabnya Anda wajib memakai koper yang warna dan motifnya mencolok. Mayoritas orang menggunakan koper berwarna gelap. Jadi lebih baik Anda memilih koper berwarna terang dengan motif unik sehingga Anda lebih mudah mengenali koper tersebut ketika mengambilnya di bagasi bandara.

Di samping itu, Anda juga bisa menyertakan tanda pengenal yang membuat koper Anda berbeda dengan koper lainnya yang serupa, misalnya menggunakan gantungan kunci besar atau menyertakan pita berwarna pada koper.

5. Menyiapkan Sistem Perlindungan Ekstra

Selain mengandalkan sistem gembok yang sudah ada pada koper, tak ada salahnya bila Anda menggunakan perlindungan ekstra. Jangan ragu memasang gembok tambahan atau sabuk pengaman demi menjaga isi koper.

Saat ini, sudah ada gembok koper dengan teknologi finger print yang membuat barang bawaan jadi lebih aman. Jangan ragu membeli gembok berteknologi tinggi tersebut demi melindungi barang bawaan dalam perjalanan. Jika koper Anda tak mudah dibuka, risiko pencurian koper pun tak akan mengintai barang bawaan Anda.

6. Membungkus Koper dengan Plastic Wrap

Saat ini, sudah banyak fasilitas tambahan berupa plastic wrap untuk membungkus koper sebelum naik pesawat terbang. Biaya tambahan yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkan fasilitas ini tidak mahal.

Jadi, tak ada salahnya bila Anda memutuskan membungkus koper dengan plastic wrap dalam perjalanan bisnis. Selain efektif mengurangi risiko pencurian, bentuk proteksi ini juga membuat barang-barang tak mudah tercecer jika terjadi insiden koper rusak.

7. Mengandalkan Proteksi dari Asuransi Perjalanan

Kalau Anda menginginkan perjalanan bisnis yang nyaman dan tenang, sebaiknya Anda mengandalkan proteksi dari asuransi perjalanan. Tak hanya mendukung keselamatan perjalanan, kini ada pula asuransi yang dapat melindungi barang bawaan.

Bentuk proteksi ini akan meminimalkan kerugian bila Anda menjadi korban pencurian koper. Premi asuransi perjalanan juga tidak mahal, yaitu berkisar di angka ratusan ribu untuk satu kali perjalanan.

Pastikan Anda mencermati polis asuransi perjalanan agar manfaat proteksinya benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

8. Meminimalkan Pemilihan Rute Perjalanan Transit

Rute perjalanan transit tak hanya menyita waktu Anda, melainkan juga berisiko besar bagi keamanan koper. Ketika transit, koper Anda pasti ditangani oleh staf bandara yang berbeda-beda sehingga risiko pencurian koper akan semakin besar. Alangkah lebih baik bila Anda mengandalkan penerbangan satu kali tempuh yang pasti lebih cepat, praktis, dan aman.

Urusan pencurian koper pasti tak akan membuat Anda risau kalau Anda sudah tahu kiat-kiat mengatasinya. Perjalanan bisnis pun terasa aman, menyenangkan, dan tidak mengganggu konsentrasi kerja Anda.

Perjalanan bisnis akan berlangsung aman dan nyaman bila Anda sudah mempersiapkannya sebaik mungkin. Tak perlu resah lagi dengan risiko pencurian koper kalau Anda mempraktekkan kiat-kiat efektif ini dengan tepat. Selamat menempuh perjalanan bisnis bersama akomodasi Traveloka!

lifestyle

5 Zodiak Paling Polos dan Tak Pernah Mementingkan Diri Sendiri, Kamu Salah Satunya?

Nah ternyata, ada beberapa zodiak yang dikenal memiliki sifat polos, lugu, serta tak mementingkan dirinya sendiri.

lifestyle

Wulan Guritno Konsisten Jalani Gaya Hidup Sehat, Ini Kuncinya

Apa yang membuat Wulan Guritno bisa konsisten menjalani gaya hidup sehat?

lifestyle

Bukan Sedot Lemak, Begini Cara Marion Jola Menurunkan Berat Badan

Terlihat semakin langsing, banyak orang menduga Marion Jola sedot lemak, padahal tidak begitu.

lifestyle

Penghasilan Istri Lebih Tinggi dari Suami? Simak Tips Menjaga Hubungan Tetap Harmonis

Nyatanya, ada banyak masalah yang mungkin terjadi akibat istri punya penghasilan yang lebih tinggi dari suami.

lifestyle

7 Arti Mimpi Mendaki Gunung, Siap-Siap Hadapi Rintangan Hidup

Pernah melakukan pendakian gunung dalam mimpi? Cari tahu arti mimpi mendaki gunung.

lifestyle

Sambut Ramadan, 7 Tips Orang Tua Ajak Anak Belajar Puasa

Lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mengajari si kecil puasa di bulan Ramadan.