lifestyle

Menganyam Cuan dari Usaha Kerajinan Rotan

Seorang wanita sukses mengembangkan usaha kerajinan rotan di Cirebon.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Jumat, 10 Juni 2022 | 08:50 WIB

Apakah kamu tengah mencari furniture rumah tangga dari rotan? Jika iya, sebaiknya kamu langsung saja berkunjung ke daerah Cirebon, pusat kerajinan rotan Indonesia.

Beragam jenis furniture rumah tangga dan keperluan pekerjaan bisa kamu dapatkan dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Sudah sejak lama Cirebon menjadi pusat kerajinan rotan dengan jumlah pengrajin terbanyak. Beberapa hasil kerajinan juga diekspor ke berbagai negara.

Baca Juga: Ashanty Makan Tiramisu Favorit Shah Rukh Khan, Harganya Cuma Rp100 Ribuan?

Salah satu pengrajin yang bisa kamu temui adalah Ibu Misri dari kampung pengrajin dudukan matic, Bodesari, Sumber, Cirebon.

Mulanya ia adalah buruh pengrajin rotan. Bekerja dengan orang lain menyita banyak waktu dan tenaganya. Ia pun memilih untuk membuka usaha sendiri.

Menjadi seorang pengusaha, modal adalah tantangan utama. Untungnya ia bertemu dengan Amartha, P2P microfinance yang khusus menyalurkan modal usaha kepada perempuan usaha kecil di desa.

Baca Juga: Berkunjung ke Rumah Calon Mertua, Ayu Ting Ting Kalem Bawa Tas Mewah

"Saya sangat terbantu dengan adanya Amartha, karena dulunya saya tidak memiliki mesin sendiri dan suami harus bekerja sebagai kuli di pabrik. Tapi Amartha percaya pada kemampuan saya sehingga saya bisa mendapatkan pinjaman yang saya gunakan untuk mengembangkan usaha kerajinan rotan tanpa jaminan apa pun," jelas Ibu Misri.

Dari modal senilai Rp7.500.000, Ibu Misri gunakan untuk memproduksi rotan sebagai kursi untuk anak-anak yang kokoh dengan aneka warna menarik.

Modal tersebut ia manfaatkan untuk membuat 120 kursi rotan dan menghasilkan omset hingga Rp27.500.000 per minggu dengan jumlah dua karyawan.

Cuan dari usaha kerajinan tangan ini, ia manfaatkan untuk biaya sekolah kedua anaknya di jenjang Sekolah Menengah dan Sekolah Dasar. Juga untuk membeli motor untuk membantu mobilisasi keperluan sehari-hari.

Dari usaha kerajinan rotan ini juga, Ibu Misri membuka kursus gratis kepada anak muda yang ingin menjadi pengrajin. Harapannya, semakin banyak generasi mudah yang antusias dan menjadi penerus dari keberlanjutan budaya di Cirebon.

Dukung Perempuan UMKM di Marketplace Microfinance Amartha

Amartha adalah microfinance marketplace yang fokus pada pemberdayaan perempuan melalui modal kerja dan pendampingan serta pelatihan usaha.

Di Amartha, kamu bisa mendukung perempuan pengusaha mikro seperti Ibu Misri dengan menyalurkan modal kerja mulai dari 100 ribu rupiah saja dan mendapatkan peluang imbal hasil sampai 15% flat per tahun.

Sejak 2010 berdiri, Amartha sudah memberdayakan lebih dari satu juta perempuan pengusaha UMKM di Indonesia.

Dari pemberdayaan ini mengutip Laporan Akuntabilitas Sosial Amartha tahun 2020, sebanyak 30% mitra Amartha sudah berhasil menciptakan lapangan pekerjaan baru di desa.

Baca Juga: 5 Manfaat Biji Pepaya, Ternyata Bagus untuk Tingkatkan Imunitas

Secara tidak langsung pendanaan kamu berdampak sosial dan juga memberikan keuntungan yang bersaing dengan instrumen pendanaan lain. Menarik, bukan? Langsung saja unduh aplikasi Amartha dan daftarkan diri sekarang juga.

lifestyle

Ashanty Makan Tiramisu Favorit Shah Rukh Khan, Harganya Cuma Rp100 Ribuan?

Ashanty tampak antusias saat menyantap tiramisu kesukaan Shah Rukh Khan.

lifestyle

5 Manfaat Biji Pepaya, Ternyata Bagus untuk Tingkatkan Imunitas

Konsumsi biji pepaya juga baik kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh.

lifestyle

5 Zodiak Paling Hati-Hati Menjalani Hidup, Selalu Waspada Setiap Waktu

Beberapa zodiak ini cenderung lebih hati-hati dalam kehidupan sehari-hari.

lifestyle

8 Arti Mimpi Mendadak Jatuh Miskin, Pertanda Rendah Diri?

Apa yang membuat seseorang bisa tiba-tiba mimpi jatuh miskin?

lifestyle

Sukses Diet, Aaliyah Massaid Akui Pernah Jalani Pola Makan Ekstrem

Namun, Aaliyah Massaid akhirnya menemukan cara yang lebih aman dan sehat untuk menurunkan berat badan.

lifestyle

Hobi Naik Gunung? Pendaki Perempuan Harus Perhatikan Ini

Pendaki perempuan harus lebih teliti dalam menjaga kesehatan organ intim selama naik gunung.