lifestyle

Mama Harus Baca, Psikolog Tekankan Pentingnya Sensory Play dan Stimulasi Sosial untuk Anak-Anak

Di masa pandemi ini kesempatan anak untuk mengeksplorasi lingkungan sangat terbatas. Karenanya, para orang tua harus lebih memperhatikan kebutuhan stimulasi sosial dan sensorik anak.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Senin, 25 Juli 2022 | 13:47 WIB

Di masa pandemi seperti ini, gerak anak untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya menjadi lebih terbatas, terutama bagi anak-anak berusia bawah tiga tahun (batita) yang memerlukan banyak stimulasi baik stimulasi sosial maupun sensorik. Ini dikarenakan dua hal tersebut memengaruhi kemampuan adaptasi anak.

Batita yang memiliki kemampuan adaptasi rendah cenderung lebih mudah rewel saat berada di keramaian. Bahkan menurut survei yang dilakukan oleh Mama's Choice, lebih dari seperempat Mama yang menjadi sampel mengaku tidak pernah mengajak anaknya bermain selama pandemi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Mama’s Choice mengadakan Bunbun Sensory Playdate 2022 di Kindy Cloud Pejaten Terrace, Jakarta Selatan pada Sabtu (23/7/2022) kemarin. Para Mama dan anak diberi kesempatan untuk mencoba kelas sensory secara gratis. Ada pula talkshow yang menghadirkan Caca Tengker dan Chitra Annisya selaku psikolog anak.

Baca Juga: Harganya Rp20 Jutaan, Sepatu Dian Sastrowardoyo Ternyata Produk Ramah Lingkungan

Bunbun Sensory Playdate (dok.mama's choice)

"Anak-anak yang lahir pada saat pandemi jarang berinteraksi sosial selain dengan keluarga inti sehingga ketika mereka berada di keramaian atau saat bertemu kakek-nenek, mudah menangis. Karena tidak terbiasa, merasa tidak nyaman," ujar Chitra dalam rilis yang diterima Dewiku.com, Senin (25/7/2022).

Selain stimulus sosial, Chitra juga menekankan pentingnya stimulus sensory atau sensory play untuk menunjang perkembangan kognitif anak di periode emasnya. Karena setiap anak memiliki karakter yang berbeda, dirinya menyarankan para mama untuk menyesuaikan kebutuhan sensorik dengan karakter masing-masing.

Bila kesulitan mendapatkan ide untuk sensory play, para mama bisa memanfaatkan karakter Bunbun milik Mama's Choice. Caca Tengker yang hadir pada acara tersebut pun turut membagikan pengalamannya menstimulasi anak menggunakan karakter ini.

Baca Juga: Ashanty Makan Tiramisu Favorit Shah Rukh Khan, Harganya Cuma Rp100 Ribuan?

"Aku sering menyelipkan stimulasi dalam aktivitas sehari-hari di rumah, misalnya saat mandi. Nah, karakter Bunbun di produk perawatan bayi Mama's Choice bisa jadi bahan aku berceritaa kepada anak. Misalnya, wah, Bunbun juga suka mandi, nih," ungkap Caca.

Baca Juga: Berkunjung ke Rumah Calon Mertua, Ayu Ting Ting Kalem Bawa Tas Mewah

Sementara itu, acara yang digelar tepat pada momen Hari Anak Nasional ini juga menjadi ajang bagi Mama’s Choice untuk memperkenalkan Dunia Bunbun kepada para mama. Karakter tersebut kini hadir dalam berbagai format, baik cetak maupun digital.

lifestyle

Ashanty Makan Tiramisu Favorit Shah Rukh Khan, Harganya Cuma Rp100 Ribuan?

Ashanty tampak antusias saat menyantap tiramisu kesukaan Shah Rukh Khan.

lifestyle

5 Zodiak Paling Hati-Hati Menjalani Hidup, Selalu Waspada Setiap Waktu

Beberapa zodiak ini cenderung lebih hati-hati dalam kehidupan sehari-hari.

lifestyle

8 Arti Mimpi Mendadak Jatuh Miskin, Pertanda Rendah Diri?

Apa yang membuat seseorang bisa tiba-tiba mimpi jatuh miskin?

lifestyle

Sukses Diet, Aaliyah Massaid Akui Pernah Jalani Pola Makan Ekstrem

Namun, Aaliyah Massaid akhirnya menemukan cara yang lebih aman dan sehat untuk menurunkan berat badan.

lifestyle

Biar Lebih Awet, Begini Cara Merawat Baju Eco Print

Supaya warnanya tidak cepat pudar, bagaimana cara merawat baju eco print?

lifestyle

Manfaat Minum Susu Oat, Naura Ayu: Bikin Lebih Semangat!

Minum susu oat bisa membuat lebih semangat menjalani hari-hari.