Sabtu, 04 Februari 2023
Rima Sekarani Imamun Nissa : Kamis, 10 November 2022 | 11:07 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Dewiku.com - Pernahkah anda mengunjungi Belitung? Belitung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan keberagaman wisata alamnya yang indah dan mempesona. Sebuah pulau yang terletak di lepas pantai timur Sumatera ini menyajikan berbagai wisata alam seperti pantai, pulau, laut dan seisinya.

Setiap daerah di Indonesia tentunya menyajikan wisata kuliner yang unik dan menarik. Sama halnya seperti di Belitung. Selain menyajikan destinasi wisata alam yang indah, Belitung juga terkenal dengan kulinernya yang khas. Di Belitung, terdapat satu kuliner yang disebut Mie Belitung. Mie Belitung merupakan kuliner yang mengolah mie kuning yang dicampur dengan kuah kaldu yang kaya akan rempah. Apabila anda sempat berkunjung ke Belitung, sangat wajib untuk mencicipi kuliner khas yang satu ini.

Tak cukup untuk mencoba kuliner khasnya, anda juga tentu wajib membeli beberapa oleh-oleh khas Belitung untuk anda bagikan kepada keluarga di rumah, sanak saudara, ataupun kerabat anda. Tak kalah dengan daerah lain di Indonesia, Belitung juga menyajikan berbagai oleh-oleh yang bisa anda beli untuk dibawa pulang. Apabila anda tertarik untuk berkunjung ke Belitung, anda bisa membeli tiket pesawat dari berbagai maskapai di aplikasi Traveloka. Seperti Sriwijaya Air, dan lain-lain. Selain itu, di Traveloka anda bisa mempersiapkan segala kebutuhan liburan anda seperti reservasi hotel, sewa mobil, tiket bus, dan masih banyak lagi.

Berikut ini rekomendasi oleh-oleh khas Belitung yang wajib untuk anda bawa pulang. Simak ulasan selengkapnya!

1. Sirup Jeruk Kunci

Sirup Jeruk Kunci merupakan salah satu oleh-oleh khas Belitung yang berbahan dasar jeruk kunci. Rasanya tentu saja manis dan menyegarkan. Selain itu, sirup jeruk kunci khas Belitung dibuat dari jeruk kunci yang murni dan tidak mengandung pemanis dan pewarna buatan. Maka dari itu, sirup jeruk kunci ini banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah Vitamin C. Vitamin C baik untuk tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga anda bisa tetap sehat dan bugar.

2. Dodol Belitung

Mendengar kata Dodol, anda pasti berpikir bahwa dodol adalah makanan khas dari Garut. Ternyata ada juga Dodol khas Belitung. Dodol Belitung dibuat dari santan ketan dengan campuran bahan-bahan lainnya yaitu garam, pandan, dan gula merah. Adonan dodol Belitung tersebut kemudian dicampurkan dan dimasak menggunakan loyang yang beralaskan daun pisang. Membuat dodol tentu membutuhkan kesabaran yang penuh. Namun, hasilnya akan sangat memuaskan. Terbukti dari dodol dari setiap daerah yang rasanya sangat lezat, salah satunya adalah Dodol Belitung memiliki rasa yang lezat dan legit ini.

3. Sambal Lingkung

Sambal Lingkung bukanlah seperti sambal yang terbuat dari gilingan cabai seperti pada umumnya. Sambal Lingkung sebagai oleh-oleh khas Belitung yang satu ini merupakan serundeng abon yang terbuat dari ikan tenggiri. Teksturnya juga seperti abon ikan. Rasa dari sambal lingkung ini sangat khas dan kaya akan rempah, cenderung gurih dan asin. Bahan yang digunakan untuk membuat sambal lingkung ini adalah ikan tenggiri atau udang yang dijadikan abon. Lalu dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti santan kelapa, aneka rempah, daun jeruk, daun salam, dan cabai. Sambal Lingkung bisa anda bawa pulang ke rumah sebagai oleh-oleh dan sangat lezat untuk dimakan bersama nasi hangat.

4. Lempok Cempedak

Satu lagi oleh-oleh khas Belitung yang memiliki rasa manis adalah Lempok Cempedak. Rasanya manis, kenyal dan legit, sekilas memiliki tekstur yang mirip dengan dodol. Bedanya, lempok ini dibuat dari 100% buah cempedak. Lempok cempedak ini selalu ramai dibeli oleh para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Anda bisa dengan mudahnya menemukan lempok cempedak di berbagai pusat oleh-oleh di Belitung.

5. Keripik Siput Gonggong

Sekilas terdengar aneh karena sangat jarang sekali menemukan oleh-oleh yang berbahan dasar siput. Di Belitung, siput menjadi salah satu kuliner yang banyak diolah menjadi hidangan lezat, salah satunya adalah dijadikan keripik. Sesuai dengan namanya, bahan dasar aslinya memang siput gonggong. Oleh-oleh yang satu ini sangat menarik. Selain itu, rasanya juga gurih dan lezat. Keripik Siput Gonggong sangat cocok untuk dijadikan camilan.

6. Aneka Kerupuk Khas Belitung

Kali ini adalah oleh-oleh yang mudah ditemukan dan selalu menjadi incaran para wisatawan yang datang ke Belitung. Aneka kerupuk khas Belitung, seperti kerupuk Belitung, getas, kemplang, dan lain-lain. Setiap jenis kerupuk khas Belitung ini memiliki bahan dasar yang berbeda-beda. Persamaannya adalah, semuanya tergolong gurih dan tentunya lezat. Aneka kerupuk khas Belitung ini cocok untuk anda jadikan oleh-oleh dan bisa dibagikan kepada keluarga dan kerabat anda.

Kerupuk Belitung dibuat dari bahan dasar ikan laut, seperti udang, ikan tenggiri, cumi, dan kepiting. Bahan dasar ikan laut ini lalu dicampur dengan tepung terigu dan garam. Selain itu, ada juga getas, yang terbuat dari bahan dasar sagu. Ada juga kemplang yang terbuat dari bahan dasar ikan.

Itu dia beberapa rekomendasi oleh-oleh yang wajib untuk anda bawa ketika sempat berkunjung ke Belitung. Segera rencanakan keberangkatan anda dan manfaatkan aplikasi Traveloka untuk mempersiapkan segala kebutuhan liburan anda. Dapatkan berbagai promo menarik dan menguntungkan hanya di Traveloka!

BACA SELANJUTNYA

4 Zodiak yang Asyik Dijadikan Teman Wisata Kuliner, Suka Berburu Makanan Enak