lifestyle

Orang tua, Coba 4 Aktivitas Ini Agar Perkembangan Emosi Anak Usia Dini Optimal!

Keterlibatan orang tua dalam mengenalkan emosi dan mendampingi perkembangan hingga pengelolaan emosi anak usia dini dapat didukung dengan beberapa aktivitas sederhana yang bisa dilakukan di rumah.

Ririn Indriani
Rabu, 15 Maret 2023 | 17:59 WIB

Keterlibatan orang tua dalam mengenalkan emosi dan mendampingi perkembangan hingga pengelolaan emosi anak usia dini dapat didukung dengan beberapa aktivitas sederhana yang dapat dilakukan di rumah.

Kanaya Bella Safitri atau yang akrab disapa Tante Kanaya, pendidik Rumah Main Cikal Surabaya merekomendasikan 4 aktivitas sederhana yang dapat dilakukan oleh anak dan orang tua untuk optimalisasi perkembangan emosi anak usia dini.

Bermain Peran (Roleplay)
Kanaya menuturkan bahwa orang tua dapat mengajak anak untuk bermain peran dalam momen-momen kebersamaan di rumah dan atau saat liburan. Bermain peran dengan mengangkat kisah yang memiliki nilai moral, menurut Kanaya, dapat mendorong pengembangan dan optimalisasi emosional kognitif dalam otak anak.

“Orang tua dapat melakukan kegiatan roleplay kisah kancil dan buaya bersama anak misalnya. Dari sesi bermain peran tersebut, seiring waktu, akan mendorong pengembangan proses emosional kognitif di dalam otak anak dan kisah itu lebih terekam sebagai landasan moral dalam diri anak (tanpa kita sadari).” ucapnya.

Baca Juga: Cantiknya Bunga Bangkai Jenis Amorphophallus Titanum Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas!

Bermain Tebak Ekspresi (Facial Expression Play)
Bermain tebak ekspresi bersama anak juga dapat menjadi salah satu aktivitas yang secara bertahap akan mengoptimalkan perkembangan emosi anak usia dini.

Dengan bermain tebak ekspresi, orang tua dapat mengenalkan ekspresi-ekspresi keseharian sebagai manusia dan anak pun akan belajar memahami cara mengekspresikan diri mereka dengan baik.

“Bermain tebak ekspresi dapat membantu anak untuk dapat belajar mengekspresikan diri mereka dengan baik. Mereka jadi mengetahui bahwa jika mereka lapar mereka bisa berekspresi lapar tidak perlu marah atau menangis,” tuturnya.

Baca Juga: Demo Bar and Bistro, Tempat Nongkrong di Jakarta yang Terus Berinovasi Demi Pengalaman Kuliner Terbaik

Memasak Bersama dan Berbagi Masakan
Aktivitas ketiga yang dapat menjadi salah satu cara mengoptimalkan perkembangan emosi anak usia dini adalah dengan mengajak anak melakukan kegiatan memasak bersama dan mengajak anak untuk berbagi masakan yang dibuat bersama tersebut kepada tetangga, panti asuhan, dan sebagainya.

“Orang tua boleh sekali untuk mengajak anak untuk ikut terjun ke dapur. Seperti membuat kue kering, masakan untuk makan malam, atau makanan lainnya. Tentunya, dengan pengawasan orang tua, ya. Setelah memasak, orang tua dapat juga dapat mengajak anak untuk berbagi masakan yang telah dibuat bersama-sama. Hal ini tentu secara perlahan akan menumbuhkan empati dalam dirinya.” ucapnya.

Cari dan Temukan Benda Bersama
Di aktivitas keempat, orang tua dan anak dapat melakukan aksi mencari benda bersama.

Aktivitas ini tentu akan mendorong anak untuk membangun interaksi dengan orang lain atau anggota keluarga lain.

“Permainan ini sangat menarik, anak-anak akan mau tidak mau harus keluar dari sebuah ruangan dan berjalan-jalan mencari benda. Mereka akan bertemu dan berinteraksi dengan orang lain atau anggota keluarga lain dalam proses mencari dan menemukan benda yang diminta.” imbuhnya.

Dari 4 referensi aktivitas dari Rumah Main Cikal Surabaya, pada dasarnya masih banyak sekali aktivitas seru yang dapat dilakukan oleh anak dan orang tua di rumah dan di kala liburan sekolah untuk memperkuat ikatan anak dan orang tua dan tentu saja mengenalkan serta mengoptimalkan perkembangan emosional anak usia dini.

Baca Juga: 3 Sepatu Mewah Puan Maharani, Diam-Diam Seleranya Old Money

Walau terlihat seperti bermain, namun, pada dasarnya Kanaya menegaskan bahwa proses tersebut dipenuhi oleh banyak manfaat positif pada anak dalam perkembangan emosinya.

lifestyle

Cantiknya Bunga Bangkai Jenis Amorphophallus Titanum Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas!

Lokasi bunga bangkai sendiri terletak di Kebun Raya Cibodas, bersebelahan dengan Taman Lumut.

lifestyle

20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Mau kirim pantun gombal untuk meluluhkan pujaan hati?

lifestyle

6 Arti Mimpi Bulan Madu ke Luar Negeri, Harapan Indah Segera Tercapai

Pernah mimpi pergi bulan madu ke luar negeri? Apa maknanya?

lifestyle

Strada Coffee, Tempat Ngopi Baru Bernuansa Unik yang Hadir di Jakarta

Di sana, pengunjung dapat menyelami dunia kopi yang penuh dengan pengetahuan dan kenikmatan.

lifestyle

8 Arti Mimpi Burung Gagak, Kerap Dikaitkan dengan Kabar Kematian

Apakah kamu pernah bermimpi melihat burung gagak hitam?