lifestyle

Laporan SiteMinder: Wisatawan Mancanegara Semakin Betah di Indonesia

Laporan SiteMinder Hotel Booking Trends garis bawahi peningkatan kedatangan wisatawan internasional dan masa inap lebih lama di akomodasi Indonesia

Rima Sekarani Imamun Nissa
Rabu, 31 Januari 2024 | 13:22 WIB

SiteMinder telah meluncurkan laporan tahunan SiteMinder Hotel Booking Trends. Laporan menarik ini didasarkan pada analisis baru terhadap lebih dari 115 juta reservasi akomodasi tahun 2023 di seluruh dunia.

Akomodasi di Indonesia tampak unggul dalam hal peningkatan kedatangan wisatawan internasional, lamanya wisatawan menginap di properti tersebut, serta waktu rata-rata pemesanan jika dibandingkan dengan hotel-hotel lain secara global.

SiteMinder’s Hotel Booking Trends merupakan sebuah laporan yang didasarkan pada kumpulan data pemesanan hotel terbesar dan terlengkap di dunia secara global. Apa saja temuan menariknya?

Baca Juga: 8 Arti Mimpi Ketinggalan Pesawat, Takut Salah Ambil Keputusan?

Pertama, jumlah pengunjung internasional meningkat sebagai persentase dari semua kedatangan di hotel di Indonesia. Sebanyak 86% kedatangan di hotel berasal dari wisatawan internasional pada tahun 2023, meningkat dari 77% pada tahun 2022 dan 33% pada tahun 2021.

Ilustrasi hotel. (Pixabay/StockSnap)

Kedua, rata-rata waktu pemesanan di Indonesia tumbuh sebesar 55%. Ini disebabkan adanya akselerasi pemesanan internasional dan antusiasme perencanaan wisata dari wisatawan yang berasal dari Australia, Inggris, dan Amerika Serikat serta negara-negara lain. Waktu tunggu pemesanan rata-rata melonjak menjadi 29 hari, meningkat dari 11 hari pada tahun 2021.

Selanjutnya, sebagai destinasi wisata kelas dunia yang merupakan salah satu destinasi terakhir di Asia dalam menyambut kedatangan para wisatawan asing, ditemukan bahwa para pengunjung menginap di properti Indonesia lebih lama daripada rata-rata global tahun 2023. Sekitar 1 dari 4 jumlah check-in dilakukan untuk waktu menginap selama tiga malam atau lebih.

Baca Juga: Mewahnya Chuck 70 De Luxe Squared Bertatah Kristal Swarovski dari Converse, Cewek Pasti Suka!

Selain itu, sehari sebelum malam Tahun Baru, 30 Desember 2023, dilaporkan sebagai hari tersibuk dalam industri akomodasi di Indonesia bersama dengan Thailand dan Meksiko. Desember juga merupakan bulan tersibuk di sektor ini.

Market Vice President untuk Asia Pasifik dari SiteMinder, Bradley Haines, percaya bahwa peningkatan jumlah pengunjung internasional ke Indonesia semakin mengukuhkan peningkatan kepercayaan wisatawan yang terjadi secara global.

"Pariwisata, terutama wisata internasional ke Indonesia, meningkat dengan cepat pada tahun 2023. Para wisatawan telah mendapatkan kembali rasa kepercayaan diri mereka dan mulai merencanakan masa inap yang lebih lama dari rata-rata, bahkan lebih awal untuk mendapatkan penawaran akomodasi terbaik. Dengan kembalinya wisata internasional, para pelaku bisnis perhotelan yang siap untuk terhubung dengan beragam tamu akan mendapatkan hasil yang terbaik," ujarnya, dikutip dari siaran pers yang diterima Dewiku.com.

Bradley menambahkan, "Meskipun data kami menyoroti bahwa tren pariwisata tradisional telah kembali ke Indonesia dalam berbagai hal, namun penting untuk diketahui bahwa perilaku pengunjung juga telah berubah. Untuk properti lokal, hal ini mungkin dapat dilihat dengan jelas dari cara wisatawan memesan kamar di tahun 2023."

Baca Juga: Waspada! 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Terjerumus Narkoba

"Pemesanan melalui situs web hotel naik ke posisi tertinggi sebagai revenue-generating channel bagi hotel-hotel lokal tahun lalu, yang menunjukkan bahwa para pengunjung merasa lebih nyaman untuk memesan penginapan melalui situs web lokal. Berkembangnya Luxury Escapes juga menunjukkan keinginan di antara banyak wisatawan untuk mendapatkan penawaran paket dalam kondisi ekonomi saat ini. Seiring dengan beragamnya jenis dan preferensi tamu, para pengusaha perhotelan harus tetap dinamis dalam menjalankan bisnisnya dan semakin strategis dalam hal pemasaran dan penjualan kamar secara online," pungkasnya.

lifestyle

6 Arti Mimpi Lamaran, Momen Bahagia yang Tak Selalu Bermakna Indah

Pernah mengalaminya? Cari tahu arti mimpi lamaran di bawah ini.

lifestyle

Si Paling Insomnia, Ini 3 Zodiak yang Terkenal Sering Susah Tidur

Zodiak apa saja yang dikenal paling sering mengalami masalah susah tidur?

lifestyle

4 Zodiak Tak Terlalu Suka Pergi Liburan, Aries Lebih Senang Kerja

Rupanya tidak semua zodiak menyambut musim liburan dengan antusias.

lifestyle

7 Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal, Pertanda Kesedihan Mendalam

Meski begitu, arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal tidak selamanya bermakna buruk.

lifestyle

5 Ide Aktivitas Seru Nikmati Liburan Akhir Tahun, Enaknya Ngapain?

Ini beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan untuk menikmati liburan akhir tahun bersama keluarga maupun sahabat.