Senin, 26 September 2022
Rima Sekarani Imamun Nissa : Kamis, 27 September 2018 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Dewiku.com - Bisnis layanan konseling di Jepang semakin berkembangkan. Saat ini, ada layanan yang dinamai Ossan Rental alias curhat dengan om-om.

Dilansir dari Business Insider, Ossan Rental dikelola oleh seorang pria 52 tahun bernama Takanobu Nishimoto. 

Kata 'ossan' sendiri memiliki arti 'paman' atau lelaki paruh baya yang bermakna sedikit negatif. Ossan alias om-om biasanya digambarkan sebagai sosok bapak-bapak berkepala botak, perut buncit, dan jorok.

Nishimoto kemudian ingin mengubah stereotip buruk tersebut dengan menciptakan layanan jasa curhat dengan om-om.

''Awalnya saya kira yang bakal banyak mencari nasihat adalah anak-anak lelaki, tetapi ternyata prediksi itu keliru. Pengguna jasa sampai sekarang paling banyak perempuan dari usia dua puluhan hingga lima puluhan,'' ungkap Nishimoto.

Ilustrasi curhat dengan om-om. (Unsplash/Joshua Ness)

Konsep layanan ini sangat sederhana. Seorang ossan akan datang untuk mendengarkan keluh kesah dan memberikan saran.

Banyak hal yang biasanya dibicarakan dengan Ossan mulai dari saran karir dan cinta, hingga minta ditemani menonton konser.

Ilustrasi konselor pria. (Unsplash/NordWood Themes)

Lucunya, seorang ossan juga bisa dimintai tolong oleh pelanggan untuk memindahkan perabot. Bahkan, dapat diminta pura-pura menjadi pacar.

Nishimoto percaya bahwa lelaki dewasa memiliki banyak pengalaman hidup sehingga dapat membantu orang lain dengan lebih bijak.

Nah, dalam sebulan Ossan Rental bisa menerima 900 order. Jumlah total ossan yang dikerahkan sendiri sudah mencapai 80 orang. Ossan paling populer bahkan bisa memiliki pelanggan tetap, sekitar 50-60 orang.

Kamu tertarik mencoba jasa curhat dengan om-om di Jepang ini? Biaya Ossan Rental lumayan terjangkau, yakni sekitar Rp 134 ribu per jam. 

 

Artikel ini sudah dipublikasikan di Suara.com dengan judul Jasa Curhat dengan Om-Om Kini Ngehits di Jepang

BACA SELANJUTNYA

7 Rahasia tentang Dirimu yang Sebaiknya Jangan Dijadikan Konsumsi Publik