Minggu, 24 Januari 2021
Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati : Rabu, 18 September 2019 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Dewiku.com - Jatuh cinta memang tak kenal usia. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasangan dengan rentang usia yang terpaut cukup jauh cenderung kurang puas ketimbang pasangan yang beda usia tidak terlalu jauh.

Dilansir dari The Indepndent, penelitian itu dilakukan sejak 2001 dengan mengukur kepuasan perkawinan partisipan setiap tahun di Australia.

Dalam jangka 13 tahun penelitian, ditemukan bahwa pasangan yang tidak terpaut jauh dalam hal usia, lebih banyak menemukan kecocokan pada sejumlah pengambilan keputusan.

Mereka lebih mudah menyelaraskan keputusan yang berkaitan dengan anak serta kebiasaan sehari-hari. Kondisi itu membuat mereka kompatibel dalam jangka waktu lama.

Selain itu, berdasarkan data yang diperoleh dari ribuan keluarga di Australia, pasangan yang lebih dekat usianya mempunyai kesiapan dalam menghadapi krisis bersama, misalnya masalah ekonomi rumah tangga.

Ilustrasi pasangan kekasih. (Shutterstock)

"Jika perbedaan usianya terpaut jauh, pasangan suami istri cenderung menginginkan hal berbeda dalam kehidupan rumah tangga," jelas Dr. Terra McKinnish, masih melansir dari The Independent.

Kedewasaan keduanya tentu berbeda. Argumen yang timbul akibat merasa iri dan uang kerap menjadi masalah utama bagi keduanya," imbuhnya.

Ilustrasi pasangan. (Unsplash/Priscilla Du Preez)

Penelitian juga menunjukkan pria yang menikahi perempuan dengan usia lebih muda merasa lebih bahagia. Sementara itu, mereka yang menikah dengan istri yang lebih tua justru merasa tidak puas dalam perkawinan tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Ogah Punya Pasangan Tukang Selingkuh, Ibu Ini Malah Dimarahi Anaknya