Selasa, 24 November 2020
Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati : Rabu, 22 Juli 2020 | 17:30 WIB

Dewiku.com - Ketika pertama kali berkencan, kamu mungkin tak terlalu peduli seperti apa kondisi keuangan si dia. Namun, hal berbeda kalau amu ingin membangun hubungan jangka panjang dengannya.

Bagi kamu yang sudah mempunyai pasangan dan ingin melangkah ke jenjang selanjutnya, tak ada salahnya untuk lebih dulu memahami kondisi keuangan pasangan.

Pasalnya, masalah keuangan bisa berpotensi merusak sebuah hubungan. Bahkan, banyak kasus perceraian yang terjadi karena masalah keuangan.

Dilansir dari Your Tango, inilah beberapa tanda bahwa pasanganmu belum mandiri secara finansial dan belum siap diajak melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Ilustrasi lelaki menyimpan rahasia. (Shutterstock)

1. Mereka bersikap rahasia soal uang

Setiap orang memiliki hak untuk mengontrol keuangan mereka sendiri-sendiri. Namun, kalau kamu dan pasangan sudah memutuskan untuk menabung demi masa depan, wajar untuk bersikap lebih terbuka.

Waspadalah jika pasanganmu diam-diam mengambil uang dari tabungan milik bersama dan enggan memberitahumu. Bukan hanya uang milik berdua, bisa saja dia berutang tanpa berdiskusi denganmu lebih dulu.

2. Mereka tak punya tabungan atau investasi

Ketika kamu masih muda, wajar kalau kamu belum berpikiran untuk menabung atau berinvestasi. Namun, lain halnya jika kalian merencanakan pernikahan.

Jika dia tipe orang yang tidak bisa menabung, hati-hati! Ini menunjukkan bahwa dia susah berkomitmen dan cuma akan membebanimu di masa depan.

3. Mereka adalah seorang pecandu

Hati-hati dengan pasangan yang mempunyai kecenderungan kecanduan terhadap alkohol, obat-obatan, judi, atau hal lainnya. Ini dampak berdampak buruk bagi keuangan.

Bagi para pecandu, obsesi mereka jauh lebih penting. Mereka selalu rela menghabiskan banyak uang demi memenuhi keinginan pribadi.

Jika dia seorang pecandu, pastikan pasanganmu mendapat pengobatan lebih dulu sebelum membicarakan masa depan.

Ilustasi mabuk. (Shutterstock)

4. Mereka tidak peduli dengan tagihan yang menumpuk

Lupa membayar tagihan adalah hal wajar. Namun, kalau dia selalu lupa dan tak peduli dengan tagihan yang menumpuk, kamu mesti waspada.

Besar kemungkinan, dia tak tahu cara mengelola keuangan dengan baik. Kalau kalian tinggal bersama, kamu pun harus selalu membayar tagihan untuknya.

5. Pengeluaran mereka selalu melebihi budget

Mengelola uang dengan budget merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki. Sayangnya, tidak semua orang pandai membuat penganggaran.

Kalau pasanganmu mau belajar, maka kamu bisa tenang. Namun, hati-hati jika dia tidak pernah peduli dan selalu mengeluarkan uang seenaknya.

6. Tak pernah mengembalikan pinjaman

Semua orang pasti pernah meminjam uang dari orang lain. Namun, ingatlah bahwa utang wajib dibayar.

Apakah pasanganmu tipe orang yang tak pernah membayar utang atau terlalu banyak berutang? Awas, ini menandakan bahwa dia tak bertanggung jawab dan cuma mau bergantung padamu.

Ilustrasi masalah keuangan, terbelit utang. (Shutterstock)

7. Terlalu suka berbelanja

Belanja dengan pasangan memang menyenangkan. Namun, lain halnya kalau kamu dan pasangan selalu menghabiskan waktu untuk belanja.

Fokuslah pada hal yang dibutuhkan alih-alih diinginkan. Kamu dan pasangan harus dapat mengontrol keinginan untuk belanja serta membantu satu sama lain.

8. Punya banyak kartu kredit

Punya terlalu banyak kartu kredit bukan berarti kaya. Sebaliknya, ini bisa jadi pertanda mereka suka menghambur-hamburkan uang dan tidak memedulikan jumlah utang yang ada.

Waspadai kalau pasanganmu selalu membayar segala sesuatu dengan kartu kredit. Jangan sampai kamu tertipu.

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

9. Pengeluarannya tak sebanding dengan penghasilan

Terakhir, kamu boleh curiga kalau dia selalu membeli barang mewah padahal dia tak punya penghasilan tetap.

Keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran merupakan hal penting. Kalau dia tak bisa memahami dasar seperti ini, artinya dia tidak siap membangun masa depan bersamamu.

BACA SELANJUTNYA

Jatuh Cinta dengan Ayah Sahabatnya, Wanita Ini Pilih Campakkan Suami