lifestyle

Jadi Lebih Seru, 4 Tips Cari Pasangan di Platform Cari Jodoh

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui untuk mendapatkan pengalaman menyenangkan di platform cari jodoh.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Sabtu, 28 November 2020 | 10:41 WIB

Seiring perkembangan teknologi, ada banyak cara untuk cari jodoh. Platform seperti Hawaya pun dapat menjadi alternatif.

Hawaya didirikan pada 2017 oleh Sameh Saleh di Mesir. Awalnya, dia ingin membantu saudara perempuannya memperoleh pengalaman yang menyenangkan, nyaman dan aman menuju pernikahan melalui platform tersebut. Kini, aplikasi ini menyediakan jalan untuk menghubungkan Muslim Indonesia menemukan cinta sejati.

Hawaya juga telah meluncurkan sebuah program bernama #SistersinHearts di Indonesia yang membantu Muslim yang berstatus lajang memecahkan masalah percintaan mereka.

Baca Juga: Koleksi Jam Tangan Mewah, Ini Merek Favorit Dian Sastrowardoyo

Pada sesi pertama, Hawaya mengundang Ria Ricis sebagai pembawa acara dan psikiater, dr. Ratna Mardiati. Mereka membagikan perspektif tentang cinta dan tantangan yang dihadapi Muslim lajang dalam membangun sebuah hubungan.

Ilustrasi menggunakan aplikasi Hawaya untuk cari jodoh. (Istimewa/Hawaya Indonesia)

Dirangkum dari rilis yang diterima Dewiku.com belum lama ini, berikut 4 hal yang perlu diketahui untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan lewat platform pencarian jodoh.

Ketahui tujuanmu dan niat mereka

Baca Juga: 3 Sepatu Mewah Puan Maharani, Diam-Diam Seleranya Old Money

Ada banyak alasan orang dalam menggunakan aplikasi pencarian jodoh, mulai dari mencari pacar, teman, atau pasangan hidup. Nah, apa tujuanmu menggunakan aplikasi cari jodoh?

Kamu juga harus lebih mengenal dirimu sendiri dan kriteria pasangan untuk menetapkan standar karena terdapat banyak pilihan yang tersedia. Selanjutnya, kamu juga perlu memastikan niat mereka sebelum melangkah lebih jauh.

Buat profil yang menarik

Jika ingin menjalin hubungan jangka panjang, sebaiknya jujur dalam menuliskan deskripsi tentang dirimu. Hal ini menunjukkan karakteristik dan profil yang dapat mencerminkan seberapa serius seseorang dalam hal menjalin hubungan.

Deskripsi tersebut juga menggambarkan hobi, passion, dan karakteristik yang bisa menjadi topik pembicaraan. Kamu juga sebaiknya membangun citra yang jelas dan menarik tentang dirimu karena itu memengaruhi kesan pertama.

Selain itu, sangat dianjurkan menggunakan foto diri sendiri untuk membangun kepercayaan satu sama lain.

Hawaya sendiri sangat menjaga privasi dan keamanan penggunanya. Saat mendaftar, ada proses otentikasi menggunakan sistem 'verifikasi selfie' guna mencegah pembuatan profil palsu.

Pilih topik pembicaraan dengan bijak

Aplikasi pencarian jodoh untuk muslim, Hawaya. (Istimewa/Hawaya Indonesia)

Temukan beberapa topik yang menurutmu menarik dan tentu akan lebih baik untuk menjadi dirimu sendiri 

Menurut dr. Ratna, pasangan mencerminkan siapa diri kira. Nasib kita pun berubah ketika kita ingin berubah. Oleh karenanya, penting untuk berkomunikasi dengan sopan. 

Perhatikan dan lihat bagaimana tanggapan mereka. Lebih baik kita menjauh jika mereka memberikan tanggapan yang kurang baik

Hawaya sendiri dilengkapi fitur untuk memfasilitasi percakapan yang lebih menyenangkan dengan pencair suasana nan menarik serta pembuka percakapan yang dipersonalisasi.

Fitur unik lainnya adalah "Exclusive Mode" yang bisa dipakai untuk menonaktifkan percakapan lain yang sedang berlangsung bagi kedua pengguna.
 
Pastikan semua berjalan sesuai jalurnya

Hanya karena match dengan seseorang, bukan berarti kamu harus memulai hubungan yang serius pada saat bersamaan. Kalian perlu saling memberi waktu untuk mengetahui apakah kalian berdua cocok atau tidak.

Menurut dr. Ratna, sangat disarankan untuk memiliki pendapat pihak ketiga dari orang-orang yang memahami kita, baik teman atau keluarga. Cara ini akan memberikan kita perspektif dari orang lain.

Pada aplikasi Hawaya, terdapat fitur keamanan "Guardian", memungkinkan pengguna untuk melibatkan orang yang dipercaya, seperti teman atau anggota keluarga, dalam berkomunikasi sambil mengenal calon pasangan.

Baca Juga: Aromanya Unik, Ini 3 Rekomendasi Parfum untuk Anak Muda

Hawaya juga menawarkan opsi kepada pengguna perempuan untuk mengaburkan foto profil mereka.

lifestyle

20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Mau kirim pantun gombal untuk meluluhkan pujaan hati?

lifestyle

6 Arti Mimpi Bulan Madu ke Luar Negeri, Harapan Indah Segera Tercapai

Pernah mimpi pergi bulan madu ke luar negeri? Apa maknanya?

lifestyle

Erina Gudono Berbagi Resep Nastar, Coba Bikin Sekali Langsung Berhasil

Erina Gudono mengaku mendapatkan resep nastar tersebut dari suaminya, Kaesang Pangarep.

lifestyle

8 Arti Mimpi Burung Gagak, Kerap Dikaitkan dengan Kabar Kematian

Apakah kamu pernah bermimpi melihat burung gagak hitam?

lifestyle

5 Zodiak Paling Boros saat Banyak Uang, Kelakuannya Hedon Banget

Beberapa zodiak ternyata punya kecenderungan jadi terlalu boros saat merasa banyak duit.