trending

Selamat Hari Tari Sedunia 2024! Ketahui Sejarah di Balik Perayaan Ini

Hari Tari Sedunia diperingati setiap tanggal 29 April 2024.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Senin, 29 April 2024 | 14:24 WIB

International Dance Day atau Hari Tari Sedunia diperingati setiap tanggal 29 April. Tahukah kamu sejarah di balik perayaan Hari Tari Sedunia?

Melansir kemdikbud.go.id, bukan tanpa alasan tanggal 29 April dijadikan momentum Hari Tari Sedunia. Perayaan ini rupanya berasal dari pembuat tari balet modern, Jean-Georges Noverre.

Tentu saja ada banyak cara untuk merayakan Hari Tari Sedunia. Kamu bisa menyempatkan waktu untuk menikmati pertunjukkan Tari atau bahkan mulai berpikir untuk belajar menari.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Angka Favorit Bisa Mengungkap Karakter Seseorang

Loading...

Pada 1982, Komite Dansa Internasional Theatre Institute (ITI) menetapkan adanya perayaan Hari Tari Internasional. Tujuannya adalah menyatukan orang-orang dengan tarian sebagai bahasa universal. Seperti yang telah disebutkan di ataa, 29 April dipilih karena tanggal ini bertepatan dengan hari lahir Jean-Georges Noverre, pencipta balet moden. 

Di Indonesia sendiri, Hari Tari Sedunia juga dirayakan dengan penuh suka cita. Salah satunya adalah pergelaran Trilogi Tari yang sekaligus memperingati Adeging Mangkunegaran ke-267 di Pendopo Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (28/4/2024) kemarin.

Baca Juga: Jarang Mandi Kayak Tasya Farasya? Dokter Kulit Ternyata Bilang Begini

Mengutip Suara.com, pergelaran ini dilaksanakan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI bersinergi dengan Pura Mangkunegaran. Trilogi Tari dilaksanakan pada 27 - 29 April 2024.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek RI, Hilmar Farid memaparkan, Trilogi Tari dimulai di Candi Sukuh Karanganyar yang kaya akan simbolisme kesuburan.

Acara lanjut di Pura Mangkunegaran Solo sebagai simbol rumah dan warisan budaya. Pertunjukkan utamanya adalah Tari Bedhaya Senapaten Diradameta yang syarat akan nilai-nilai spiritual dan historis. Puncak Trilogi Tari adalah perhelatan 24 jam menari yang digelar di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Baca Juga: Koleksi Raket Tenis Syahrini Bikin Ketar-ketir, Harganya Tembus Ratusan Juta

"Lewat rangkaian acara yang berkolaborasi dengan Pura Mangkunegaran, tidak hanya akan menonjolkan keindahan seni tari, tetapi juga bertujuan untuk menghubungkan kembali masyarakat modern dengan akar budaya mereka yang mendalam," ungkap Hilmar Farid.

trending

Apa Itu Femisida? Ramai Dikaitkan dengan Film Vina: Sebelum 7 Hari

Apa arti istilah femisida yang belakangan viral di media sosial?

trending

Nagita Slavina Datangi Rumah Sakit Bedah Plastik di Korea Selatan, Mau Oplas?

Banyak orang berharap Nagita Slavina tidak melakukan operasi plastik.

trending

Resep Puding Karamel Taman Barito, Viral Enaknya

Mau coba bikin puding karamel Taman Barito?

trending

Tak Hanya Gaji, ART Nikita Mirzani Juga Dapat Jatah Skincare

Nikita Mirzani berusaha memperlakukan ART di rumahnya dengan baik.

trending

Waspada! BPOM Temukan Skincare Racikan Berbahaya di Klinik Kecantikan

BPOM temukan lebih dari 50 ribu skincare racikan berisi obat keras berbahaya di klinik kecantikan.