fashion-beauty

Dipakai Beyonce, Berlian Seharga Rp452 Miliar Ini Simpan Sejarah Kelam

Beyonce dikabarkan kesal usai tahu sejarah di balik berlian mewah ini.

Nur Khotimah
Sabtu, 28 Agustus 2021 | 19:30 WIB

Beyonce baru saja dipercaya untuk menjadi model kampanye merek perhiasan Tiffany & Co bersama sang suami, Jay Z. Penyanyi cantik ini berkesempatan memakai salah satu koleksi berlian termahal dalam kampanye tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, berlian kuning yang dipakai Beyonce nilainya diprediksi mencapai 22,9 juta Pound sterling atau sekitar Rp452 miliar. Tidak banyak orang bisa memakai berlian Tiffany ini.

Beyonce adalah orang keempat di dunia yang berkesempatan memakai berlian tersebut. Ia sekaligus menjadi wanita kulit hitam pertama yang bisa tampil mengenakan berlian 128 karat itu.

Baca Juga: 4 Jenis Kepribadian Introvert, Ketahui Ciri-cirinya

Alih-alih bangga, pelantun hits "Listen" ini justru dikabarkan kesal karena sudah memakai berlian tersebut. Reaksi itu muncul setelah dia tahu sejarah di balik berlian yang dipakainya.

Melansir The Sun, berlian itu kabarnya digali dari Beers’ Kimberly Mine di kolonial Afrika Selatan pada tahun 1877 oleh buruh kulit hitam yang dibayar rendah. Kondisi mereka juga mengerikan.

Potret Beyonce dan Jay Z jadi model kampanye merek perhiasan. (Instagram/@tiffanyandco)

Mereka dipaksa bekerja dengan kecepatan dalam kondisi lokasi sempit yang membahayakan pekerja. Dikabarkan juga bahwa kecelakaan fatal kerap terjadi selama proses penggalian.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Bunga Sakura di Jepang, Pohonnya Ternyata Mudah Membusuk

Perumahan pekerja juga tidak memiliki pembuangan limbah dan sumber air alami. Akibatnya, sebanyak 1.444 pekerja meninggal karena berbagai penyakit termasuk pneumonia dan kudis.

Pada tahun 1879, berlian kuning itu dijual kepada Charles Tiffany pendiri Tiffany & Co. Saat itu Charles sudah mendirikan toko perhiasan Amerika Serikat kelas atas miliknya.

Tidak heran jika kemudian muncul kritikan online ketika Beyonce memakai berlian tersebut. Terkait kritikan ini, Beyonce pun merasa kesal karena tidak diberitahu sejarah perhiasan yang dipakainya.

Potret berlian kuning senilai Rp452 miliar yang dipakai Beyonce. (Instagram/@tiffanyandco)

"Beyonce menyadari kritikan itu dan kecewa serta marah karena tidak diberitahu tentang pertanyaan tentang sejarahnya," jelas seorang sumber seperti melansir The Sun, Jumat (27/8/2021).

"Dia mengira bahwa setiap detail terakhir telah diperiksa. Tapi sekarang dia menyadari bahwa berlian itu sendiri diabaikan," kata sang sumber lagi.

Banyaknya kritikan untuk Beyonce sempat dibalas oleh sang bunda, Tina Lawson. Dia balik bertanya kepada warganet soal kemungkinan mereka mengecek berlian mereka sendiri.

"Berapa banyak dari Anda para aktivis yang sadar sosial yang punya berlian? Apakah Anda memeriksa untuk melihat dari mana asal berlian itu? Mungkin tidak!" kata Tina Lawson.

Baca Juga: 7 Gantungan Tas Hermes Syahrini, Harganya Termurah Rp7 Jutaan

Sementara itu, tokoh lain yang pernah memakai berlian kuning ini adalah Lady Gaga saat Oscar 2019, aktris Audrey Hepburn saat promosi film tahun 1961, dan sosialita Mary Whitehouse.

fashion-beauty

Lip Balm Ampuh Mengatasi Bibir Kering, Ini 3 Rekomendasinya

Banyak orang mengandalkan lip balm untuk mengatasi masalah bibir kering.

fashion-beauty

Aaliyah Massaid Pakai 4 Modest Wear Ini saat Lebaran, Semuanya Produk Lokal

Harga busana yang dikenakan Aaliyah Massaid saat Lebaran juga cukup terjangkau.

fashion-beauty

7 Gantungan Tas Hermes Syahrini, Harganya Termurah Rp7 Jutaan

Syahrini memiliki banyak gantungan tas Hermes yang harganya tak main-main.

fashion-beauty

Momen Sherina Pakai Baju Lebaran SMP, Gaya Sederhananya Banjir Pujian

Bukan baju baru, Sherina Munaf pilih mengenakan busana Lebaran semasa SMP.

fashion-beauty

Desainer Berprestasi, Didit Hediprasetyo Ternyata Hobi Pakai Sandal Jepit

Didit Hediprasetyo ketahuan sering mengenakan sandal jepit dalam berbagai momen.

fashion-beauty

Rayakan Lebaran, Gaya Busana Mahalini Jadi Sorotan

Tak sedikit warganet yang menilai busana pilihan Mahalini kurang sopan untuk momen Lebaran.