fashion-beauty

Ini Cara Kunto Aji Mengatasi Bau Ketiak, Bukan Mengandalkan Deodoran

Kunto Aji mengaku dirinya sedang mengurangi penggunaan deodoran untuk mengatasi bau badan.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Minggu, 31 Desember 2023 | 19:00 WIB

Banyak orang menggunakan tawas sebagai alternatif deodoran untuk mengatasi bau ketiak. Bahan alami ini rupanya juga menjadi andalan musisi Kunto Aji.

Lewat cuitannya di media sosial X, Kunto Aji mengaku tengah mengurangi penggunaan produk deodoran. Sebagai gantinya, dia memilih batu tawas untuk mengendalikan bau badan.

"Btw aku lagi ngurangin banget pakai deodorant dan tiap mandi digosok pake batu tawas gini. Buat yang mau ngurangin bahan kimia bisa jadi solusi. Ada banyak yang jual di e-commerce. Murah pula. Rp12 ribu - Rp28 ribuan. Bisa buat berbulan-bulan," ungkap Kunto Aji.

Baca Juga: Menu Iduladha: Resep Tongseng Kambing, Bisa Pakai Daging Kurban

Tawas atau alum adalah bongkahan kristal yang terbuat dari garam mineral berupa kalium alum. Tawas memang mempunyai efek antiperspiran dan antiseptik sehingga bisa dipakai untuk membantu mengatasi bau ketiak akibat produksi keringat berlebih.

Loading...

Penggunaan tawas sebagai deodoran dinyatakan aman oleh Food and Drug Administration di Amerika Serikat. Di Asia Tenggara sendiri, tawas telah digunakan sebagai deodoran alami sejak ratusan tahun lalu.

Baca Juga: Resep Sate Kambing Empuk dan Gurih, Menu Andalan Iduladha

Tawas mudah larut dalam air dan aman jika terkena kulit. Meski begitu, pemilik kulit sensitif tetap perlu waspada jika ingin menggunakannya sebagai deodoran.

Dilansir dari  alodokter, tawas dikatakan dapat memicu peradangan kulit, baik karena iritasi ataupun alergi. Gejalanya bervariasi, mulai dari kulit yang terasa gatal, panas, perih, kemerahan, bruntusan, bentol, mengelupas, bengkak, kehitaman, dan sebagainya.

Baca Juga: Nagita Slavina Naik Haji, Outfit Anti UV Curi Atensi

Itulah mengapa pemakaian tawas sebagai deodoran tidak selalu cocok bagi semua orang. Pemilik kulit sensitif perlu lebih berhati-hati. Saat muncul tanda peradangan, lebih baik segera hentikan penggunaan tawas. Sangat disarankan pula untuk konsultasi dengan dokter.

fashion-beauty

Nagita Slavina Naik Haji, Outfit Anti UV Curi Atensi

Berikut beberapa outfit anti UV yang dikenakan Nagita Slavina di Tanah Suci.

fashion-beauty

Syahrini Pamer Bobotnya Naik 20 Kg, Jam Tangan Mewah Bikin Salfok

Hamil besar, Syahrini ungkap berat badannya sudah naik 20 kilogram.

fashion-beauty

Ria Ricis Pakai Abaya di Tanah Suci, Gayanya Kalem Banget

Harga busana abaya yang dikenakan Ria Ricis rupanya juga cukup terjangkau.

fashion-beauty

Serum Ini Dilengkapi Teknologi Microneedle, Apa Kelebihannya?

Somethinc meluncurkan serum dengan teknologi microneedle.