Senin, 18 Oktober 2021
Nur Khotimah : Sabtu, 31 Juli 2021 | 10:30 WIB

Dewiku.com - Publik mungkin sudah tidak asing dengan gaun pengantin ikonik yang dipakai Putri Diana saat menikah pada 29 Juli 1981. Selain gaun, Putri Diana juga memakai sepatu pengantin yang tak kalah spesial, lho.

Melansir The Sun, Putri Diana memakai sepatu bertumit yang dibuat dari bahan suede indah. Sepatu itu sangat cantik berhias 542 manik-manis dan 132 mutiara.

Sepatu tersebut dibuat oleh tukang sepatu berbakat, Clive Shilton. Dia mengatakan bahwa Putri Diana sangat memperhatikan pembuatan sepatu pengantinnya.

Saat itu, Putri Diana yang tingginya sekitar 177 cm berpesan agar tumit sepatunya dibuat rendah karena tidak ingin terlihat lebih tinggi dari Pangeran Charles.

"Perhatian utamanya adalah dia tidak akan terlihat lebih tinggi dari Pangeran Charles karena dia sangat tinggi, 5 kaki 10 inci. Sepatu itu harus bertumit rendah," kenang Clive Shilton.

Penampakan duplikat sepatu pengantin Putri Diana. (Instagram/@kerrytaylorauctions)

Namun keindahan sepatu tersebut jarang menjadi sorotan karena memang tersembunyi di balik gaun ikonik Putri Diana. Tak heran jika publik jarang memberinya atensi.

Sepatu itu ternyata menyimpan pesan manis di bagian shank (bagian bawah yang membentang dari tumit hingga depan telapak kaki). Pesan itu berupa tulisan huruf "C" dan "D".

Huruf itu merupakan inisial Putri Diana dan Pangeran Charles yang dicat khusus. Clive Shilton mengaku antusias menghias bagian bawah sepatu sang putri meski tak banyak yang melihat.

"Bahkan tidak ada yang melihat bagian bawah sepatu itu, tapi penting bagi kami untuk membuat sepatu itu tampak fantastis. Kamu akan melihat lebih banyak kalau dia tersandung," kata Clive bercanda.

Pesan rahasia di duplikat sepatu pengantin Putri Diana. (Instagram/@kerrytaylorauctions)

Clive Shilton saat itu sempat mengajukan empat desain hiasan atas untuk sepatu pengantin Putri Diana. Dia ingat bahwa Putri Diana sangat mantap memilih desain bentuk hati sebagai hiasan sepatunya.

Clive Shilton membuat dua pasang sepatu pengantin untuk Putri Diana. Satu untuk dipakai langsung, satunya lagi adalah duplikat yang dibuat sebagai sebagai cadangan.

Sepatu pengantin cadangan milik Putri Diana diketahui sudah dijual pada tahun 2011 dengan harga 84.000 Pound sterling atau sekitar Rp1,6 miliar dengan kurs sekarang.

BACA SELANJUTNYA

Pilu! Viral Cerita Pasangan Batal Menikah, Fotografer Beberkan Alasannya