fashion-beauty

Tak Cuma Mahal, Ini Fakta soal Sepatu Iriana Jokowi di Upacara Kemerdekaan

Kira-kira, apa saja fakta menarik seputar sepatu yang dikenakan Ibu Negara Iriana Jokowi?

Nur Khotimah
Rabu, 18 Agustus 2021 | 09:00 WIB

Penampilan pejabat negara di upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Selasa (17/8/2021) menjadi sorotan, termasuk gaya Ibu Negara Iriana Jokowi.

Iriana Jokowi tampil anggun memakai baju Nusantara dan kain songket saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam upacara kemerdekaan pagi tadi. Ia memasangkannya dengan sepatu hak tinggi warna hitam.

Sekilas sepatu Ibu Negara terlihat sederhana dan tidak mencolok. Namun, sepatu itu menyimpan fakta-fakta menarik yang mungkin tidak banyak diketahui publik.

Baca Juga: Liburan ke Malaysia, Harga Tas Ayu Ting Ting dan Bilqis Beda 100 Kali Lipat

Fakta pertama adalah bahwa sepatu sederhana itu merupakan keluaran rumah mode Chanel. Iriana memakai sepatu Chanel seri Black Runway Leather Heels Pearl yang diperkenalkan pada tahun 2015 lalu.

Sepatu ini memiliki hiasan mutiara dan logo "CC" khas merek Chanel di bagian haknya. Melansir Miami Lux Boutique, sepatu tersebut dibanderol dengan harga USD 1.095 atau sekitar Rp14,4 juta.

Potret Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik tahun 2021. (Instagram/@jokowi)

Fakta kedua, Iriana Jokowi ternyata sudah memakai sepatu ini selama 4 tahun berturut-turut. Merangkum berbagai sumber, ia terlihat mengenakan sepatu yang sama sejak upacara HUT RI tahun 2018 lalu.

Baca Juga: Dukung UMKM, Lembaga Keuangan Perlu Hadirkan Fasilitas Pinjaman Terjangkau

Kala itu Iriana Jokowi memasangkan sepatunya dengan busana adat kota Gadang. Ia kemudian memakai sepatu tersebut di ulang tahun kemerdekaan RI tahun 2019, 2020, dan 2021.

Laman 5inchandup melaporkan bahwa sepatu pilihan Iriana Jokowi ini sempat menjadi perbincangan di awal kemunculannya. Sepatu ini dikenalkan di Chanel Metiers d'Art 2015/16 Runway.

Potret Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik tahun 2018. (Instagram/@jokowi)

Pada saat itu, mendiang desainer Karl Lagerfeld menyebutnya sebagai "sepatu mules pertama yang layak dari rumah mode". Sepatu hak tinggi ini disebut-sebut berbeda dari alas kaki lain buatan Chanel.

Baca Juga: 5 Koleksi Tas Mewah Ayu Dewi, Colorful Banget!

Sementara itu, Presiden Joko Widodo kembali mengenakan pakaian adat daerah dalam upacara HUT RI ke-76 pada Selasa (17/8/2021). Kali ini, Presiden Indonesia yang ke-7 itu memakai baju adat Pepadun dari Lampung.

fashion-beauty

Koleksi Jam Tangan Mewah, Ini Merek Favorit Dian Sastrowardoyo

Apa merek favorit produk jam tangan mewah yang kerap jadi andalan Dian Sastrowardoyo?

fashion-beauty

3 Sepatu Mewah Puan Maharani, Diam-Diam Seleranya Old Money

Inilah beberapa sepatu mewah yang pernah dipakai Puan Maharani.

fashion-beauty

Aromanya Unik, Ini 3 Rekomendasi Parfum untuk Anak Muda

Parfum yang cocok untuk anak muda ini memiliki aroma unik dengan berbagai keistimewaan tersendiri.

fashion-beauty

5 Tas Mewah Aura Kasih, Ada Hermes Seharga Nyaris Rp500 Juta

Inilah beberapa koleksi tas mewah yang pernah dikenakan Aura Kasih.

fashion-beauty

Bos MS Glow Lebaran di Malang, Ketahuan Pakai Sandal Rp150 Juta

Sandal yang dipakai Shandy Purnamasari saat Lebaran sukses mencuri perhatian.

fashion-beauty

Tips Pilih Makeup sesuai Warna Kulit, Ini Kata MUA Profesional

Ternyata bukan coba mengoleskan ke punggung tangan, simak tips dari MUA profesional ini.