Senin, 26 September 2022
Rima Sekarani Imamun Nissa : Rabu, 23 Maret 2022 | 13:19 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Dewiku.com - Seiring meningkatnya penggunaan platform digital untuk mengekspresikan kreativitas, semakin banyak pula jenis konten yang disampaikan oleh para kreator, termasuk seputar wedding. Hal ini salah satunya dilakukan oleh Christie Basil, seorang desainer muda berbakat yang kerap mengunggah video tentang proses desain dan cerita di balik gaun karyanya secara menarik di media sosial TikTok.

Melalui akun TikTok pribadinya, @christiebasil, Christie kerap membagikan cerita di balik layar tentang pembuatan desainnya, mulai dari daily wear hingga wedding gown. Berkat konsistensinya mengunggah konten seputar proses merancang busana, akun Christie kini sudah mendapatkan 45,8 juta likes, lho!

Melihat potensi konten seputar pernikahan semakin digemari oleh komunitas pengguna, TikTok dan Christie Basil berkolaborasi untuk menghadirkan gaya bercerita baru melalui program #SerialTikTok. Di format baru yang terbagi ke dalam dua season dan masing-masing lima episode ini, Christie menceritakan secara lebih mendalam dan mendetail tentang perjalanannya mewujudkan gaun pengantin impian untuk sang klien, mulai dari momen brainstorming, pembuatan sketsa desain, tantangan yang dihadapi menuju hari-H, hingga hari berbahagia masing-masing pasangan.

Dua pasangan yang juga kreator TikTok akan mengisi cerita di kedua season ini. Season pertama yang mengangkat kisah pasangan Joni Astin dan Darin Azhari serta tayang sejak 20 Maret hingga 27 Maret 2022. Season kedua tentang cerita di balik pernikahan Ibnu Wardani dan Lalita Utami akan tayang mulai 28 Maret hingga 2 April 2022, tentu hanya di akun TikTok @christiebasil.

Christie Basil bersama Joniastin dan Darinazhari di program #SerialTikTok. (Istimewa/Dok.TikTok)

Mengawali Kiprah Sebagai Kreator Lewat Konten Mix-and-Match di TikTok

Christie mengawali perjalanannya sebagai seorang kreator di TikTok pada tahun 2020. Kala itu, Christie menggunakan akunnya untuk mengunggah konten seputar tutorial mix-and-match baju rancangannya di bawah label AT VEZZO.

Selain menunjukkan koleksi ready-to-wear miliknya, Christie juga beberapa kali mengunggah proses pembuatan berbagai busana yang ia desain, termasuk gaun pengantin yang menjadi keahlian Christie.

Melihat antusiasme yang ditunjukkan oleh para komunitas TikTok, ia pun mulai menggunakan fitur Reply Comment with Video dengan membagikan tutorial membuat item fashion, mulai dari cara membuat petticoat hingga bustier untuk wedding gown.

"Sebagai akibat dari pandemi, semua orang beralih dari offline ke online. Melihat fenomena ini, sebagai seorang entrepreneur, saya merasa tertantang untuk bisa lebih kreatif dalam menampilkan produk saya. Saya pun mulai mempelajari audiens di platform tersebut, termasuk di TikTok. Ternyata, banyak sekali audiens yang penasaran mengenai proses behind-the-scenes dari karya yang saya buat. Dari situlah terbesit ide untuk mulai mengembangkan konten seputar wedding yang menghibur namun tetap terasa intimate," ujar Christie, dalam rilis yang diterima Dewiku.com, Rabu (23/3/2022).

Wujudkan Wedding Gown Impian Para Perempuan di Seluruh Dunia

Komunitas TikTok yang beragam dan tersebar di seluruh dunia membantu Christie untuk terhubung dengan lebih banyak calon klien yang ingin mendapatkan busana rancangannya. Mereka yang rajin mengikuti konten Christie pun tergugah untuk memesan gaun pengantin ciptaannya.

Permintaan akan wedding gown jadi semakin beragam, mulai dari busana pengantin yang menggabungkan adat Tiongkok dan Jawa hingga gaun yang terinspirasi oleh baju Hanbok dari Korea. Klien yang masuk pun datang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari luar negeri seperti dari Amerika Serikat.

"Saya tidak pernah menyangka bahwa unggahan konten tentang cerita di balik pembuatan wedding gown ini dapat diterima dengan sangat positif oleh komunitas TikTok. Banyak dari followers-ku yang sangat kagum saat melihat gaun impian klienku dikenakan saat hari pernikahan mereka. Tidak sedikit dari followers-ku yang juga ikut mengucapkan selamat kepada klien atau calon pengantin yang aku feature di kontenku. Para klien pun ikut senang karena mereka bisa ikut menularkan kebahagiaan mereka ke pengguna lainnya," kata desainer yang pernah berkolaborasi dengan TikTok Indonesia untuk mengeluarkan exclusive collection tahun lalu.

Christie Basil bersama Ibnu Wardani dan Lalita Utami di program #SerialTikTok. (Istimewa/Dok.TikTok)

Merangkai Momen Penuh Makna Lewat Format Serial di TikTok

Ketekunan Christie dalam menghadirkan konten hiburan dengan cara baru ini mendapat apresiasi oleh TikTok. Lewat program #SerialTikTok, Christie diajak TikTok untuk berkolaborasi bersama dua pasang kreator konten dengan perjalanan cinta yang menyentuh. Pasangan yang dimaksud adalah Ibnu Wardani dan Lalita Utami serta Joniastin dan Darinazhari. Melalui lima episode di setiap season, Christie akan membantu kedua pasangan ini mewujudkan wedding dream mereka dengan membuat gaun dan jas pengantin impian.

"Ada banyak sekali cerita menarik di balik setiap proses merancang sebuah gaun, khususnya wedding gown. Mulai dari menyatukan pikiran dari kedua pasangan, menerjemahkan konsep yang diinginkan ke sebuah desain, hingga proses fitting yang sering kali mengharukan. Berkat durasi yang lebih panjang di TikTok, saya pun bisa semakin leluasa untuk menceritakan perjalanan di balik sebuah wedding gown ini secara lebih mendalam," ungkap Christie.

Menanggapi perilisan #SerialTikTok bersama Christie Basil, Mahwari Sadewa Jalutama, Content and Growth Operations Lead, TikTok Indonesia mengatakan, "Kreativitas kreator menjadi kunci dari keberagaman konten di TikTok. Oleh karena itulah, kami terus berusaha menghadirkan tools dan fitur untuk mendukung kreator mengeksplorasi kreativitasnya dengan lebih luas, termasuk melalui bentuk konten storytelling. Kolaborasi kami dan Christie Basil untuk menggarap #SerialTikTok dengan tema pernikahan ini diharapkan bisa menginspirasi kreator lainnya untuk terus mengembangkan gaya bercerita yang kreatif melalui konten mereka."

Selain menikmati cerita perjalanan persiapan pernikahan kedua pasangan di program #SerialTikTok, pengguna juga bisa berpartisipasi membagikan momen berkesan mereka dalam format series lewat tagar yang sama. Pemenang dengan cerita paling menarik akan berkesempatan untuk mendapatkan sebuah gaun yang didesain oleh Christie Basil!

BACA SELANJUTNYA

Malam Pertama Gagal Romantis, Wanita Ini Syok Lihat Suami Buang Air Kecil di Gaun Pengantin