lifestyle

Hobi Belanja Online, Begini Tips Hemat ala Andra Alodita

Jangan sampai over budget!

Rima Sekarani Imamun Nissa
Jumat, 16 November 2018 | 14:10 WIB

Belanja online sudah jadi gaya hidup di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini. Fenomena itu pun berlaku bagi influencer Andra Alodita. Dia bahkan sampai punya konsep budgeting khusus untuk belanja online.

Belanja online memang mudah praktis. Semuanya bisa dibeli dari genggaman gadget, mulai dari baju, kosmetik, hingga barang elektronik dan perabotan dapur.

Namun, belanja online juga bisa membuat pengeluaran jadi membengkak. Saking gampang transaksinya, kita jadi sering kebablasan.

Baca Juga: Aromanya Unik, Ini 3 Rekomendasi Parfum untuk Anak Muda

Meski begitu, jangan panik. Andra Alodita berbagi tips belanja online, nih. Sederhana saja. Rupanya, dia kerap menyusun anggaran belanja atau budgeting sebelumnya memulai transaksi.

''Tipsnya budgeting. Misalnya dalam setahun butuh apa. TV baru misalnya, jadi ya komitmen untuk beli TV saja. Nanti di-list lagi satu, dua tahun ke depan butuh apa. Nggak langsung beli semua juga biasanya. Misalnya Desember budgetnya untuk beli steamer, ya beli steamer saja. Jadi nggak semuanya dibeli,'' kata Andra dalam perayaan Ulang Tahun ke-17 Electronic City di Jakarta, Kamis (15/11/2018), seperti dilansir dari Suara.com.

Andra Alodita. (SUARA.com/Firsta Putri Nodia)

Andra menerapkan pos-pos keuangan untuk setip keperluan. Banyaknya diskon yang ditawarkan e-commerce bukanlah alasan untuk berbelanja di luar anggaran yang sudah ditetapkan.

Baca Juga: 5 Tas Mewah Aura Kasih, Ada Hermes Seharga Nyaris Rp500 Juta

Bahkan ketikan Andra ingin melakukan kegiatan lain seperti liburan, dia bakal menekan budget belanja online. Dengan begitu, pengeluaran keuangannya tetap terkendali.

''Lagian budget aku masih masuk akal sih, kalau beli barang. Biasa aku cari yang nggak terlalu mahal tapi juga nggak terlalu murah. Jadi di tengah-tengah,'' ujar Andra Alodita.

Ilustrasi belanja online. (Unsplash/Brooke Lark)

Dalam kesempatan tersebut, Direktur PT EIectronic City Indonesia Tbk., Wiradi mengatakan terdapat banyak perubahan terhadap kebiasaan atau gaya hidup masyarakat di era serba terkoneksi atau hyperconnected era. Kebiasaan belanja pun jadi terpengaruh.

Belanja online sudah jadi gaya hidup.

Baca Juga: 20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

''Masyarakat di era hyperconnected ini sangat menyukai kepraktisan dalam hidup, termasuk ketika membeli elektronik. Dan Electronic City berkomitmen siap untuk menghadirkan kenyamanan dan kemudahan bagi customer, baik yang berbelanja di toko offline maupun berbelanja di online.'' kata Wiradi.

lifestyle

20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Mau kirim pantun gombal untuk meluluhkan pujaan hati?

lifestyle

Balikan dengan Mantan Pacar? 4 Zodiak Ini Mau Berikan Kesempatan Kedua

Ada beberapa zodiak yang cenderung tak ragu balikan dengan mantan pacarnya.

lifestyle

6 Arti Mimpi Bulan Madu ke Luar Negeri, Harapan Indah Segera Tercapai

Pernah mimpi pergi bulan madu ke luar negeri? Apa maknanya?

lifestyle

Strada Coffee, Tempat Ngopi Baru Bernuansa Unik yang Hadir di Jakarta

Di sana, pengunjung dapat menyelami dunia kopi yang penuh dengan pengetahuan dan kenikmatan.

lifestyle

Detoksifikasi Terbukti Kaya Manfaat, Coba Ikuti Tantangan Seru Ini

Detoksifikasi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.