lifestyle

Kayak Olahraga, Berendam Air Panas Efektif Membakar Kalori

Cara menyenangkan untuk menurunkan berat badan.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Senin, 28 Januari 2019 | 21:58 WIB

Para peneliti mengklaim ada cara nyaman membakar kalori. Bukan olahraga melelahkan, tapi cukup duduk santai sambil berendam air panas.

Meski terkesan too good to be true, tapi memang itulah temuan terbaru para ilmuwan di Universitas Nottingham Trent. Dilansir dari Mirror, tim peneliti menyebutkan berendam air panas dapat membakar lebih dari 100 kalori.

Peneliti membandingkan hasil pembakaran kalori dari aktivitas berendam pada suhu air 40 derajat celcius dan bersepeda selama satu jam.

Baca Juga: Cantiknya Bunga Bangkai Jenis Amorphophallus Titanum Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas!

Kelompok bersepeda ditemukan membakar lebih banyak kalori. Namun, mereka yang mandi air panas tetap kehilangan sebagian kalorinya.

Peneliti juga menemukan bahwa mandi air panas dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap sehat dan meningkatkan kualitas tidur.

Ilustrasi mandi sambil berendam air panas. (Pexels)

''Ketika mandi air panas, tubuh berusaha mencegah dirinya dari kepanasan. Ini dilakukan dengan memperlebar pembuluh darah untuk mencoba memindahkan sebagian panas dari darah ke atmosfer di sekitarnya.''

Baca Juga: Koleksi Jam Tangan Mewah, Ini Merek Favorit Dian Sastrowardoyo

''Perubahan ini kemudian berdampak pada tekanan darah. Jadi untuk menjaga tekanan stabil, detak jantung juga meningkat,'' ungkap ahli fisiologi olahraga dari Universitas Nottingham Trent, Dr. Steve Faulkner.

Studi ini juga menemukan bahwa orang yang rajin melakukan sauna atau hot tub mempunyai risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes yang lebih rendah.

Ilustrasi mandi. (Unsplash)

Temuan ini memang menjadi kabar baik bagi orang-orang yang benci pergi berolahraga. Meski begitu, Dr. Faulkner tetap mengingatkan bahwa aktifitas fisik masih perlu dilakukan secara teratur.

Baca Juga: Demo Bar and Bistro, Tempat Nongkrong di Jakarta yang Terus Berinovasi Demi Pengalaman Kuliner Terbaik

''Ini bukan jalan pintas untuk kebugaran atau pengganti untuk berolahraga. Ini bisa meniru beberapa manfaat olahraga, tetapi tidak semuanya. Hanya saja bagi orang yang tidak bisa berolahraga, mungkin karena kondisi kesehatan atau cacat tertentu, ini bisa menjadi pilihan yang berguna,'' ujar dia menerangkan. (Risna Halidi)

lifestyle

Cantiknya Bunga Bangkai Jenis Amorphophallus Titanum Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas!

Lokasi bunga bangkai sendiri terletak di Kebun Raya Cibodas, bersebelahan dengan Taman Lumut.

lifestyle

20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Mau kirim pantun gombal untuk meluluhkan pujaan hati?

lifestyle

Balikan dengan Mantan Pacar? 4 Zodiak Ini Mau Berikan Kesempatan Kedua

Ada beberapa zodiak yang cenderung tak ragu balikan dengan mantan pacarnya.

lifestyle

6 Arti Mimpi Bulan Madu ke Luar Negeri, Harapan Indah Segera Tercapai

Pernah mimpi pergi bulan madu ke luar negeri? Apa maknanya?