lifestyle

Tidak Bikin Sakit Hati, Ini 5 Manfaat Lidah Mertua

Sudah tahu apa saja manfaat tanaman lidah mertua?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Rabu, 10 April 2019 | 13:26 WIB

Sansevieria atau lebih dikenal dengan lidah mertua merupakan salah satu tanaman yang populer di Indonesia dan sering ditemukan di rumah. Tanaman lidah mertua ini bukan sekadar tumbuhan biasa karena bisa memberikan banyak manfaat bagi pemiliknya.

Tanaman lidah mertua ini memiliki ciri fisik berupa daun yang memanjang berwarna hijau dengan bintik-bintik putih di atasnya. Biasanya orang membeli tanaman lidah mertua ini hanya untuk hiasan rumah. Padahal dia memiliki banyak manfaat yang mungkin belum banyak diketahui orang.

Dilansir dari Balcony Garden Web, berikut enam manfaat tanaman lidah mertua.

Baca Juga: Tyas Mirasih Jual Tas Mewah ke Nagita Slavina, Hasilnya di Luar Ekspektasi

1. Menghasilkan oksigen

Sebuah penelitian yang diterbitkan Harvard University Extension menyatakan lidah mertua ini termasuk tanaman hias yang paling banyak menghasilkan oksigen, selain ficus dan pothos.

Tanaman lidah mertua. (Pixabay/zoosnow)

2. Menghilangkan polusi udara

Baca Juga: Sepatu Pernikahan Sandra Dewi Disorot Lagi, Bertabur Ribuan Kristal

Salah satu manfaat tanaman lidah mertua adalah mampu menghilangkan polusi udara yang membahayakan kesehatan dan bisa memicu kanker.

Pada eksperimen NASA tahun 1989, terbukti tanaman dengan permukaan daun yang lebar seperti lidah mertua adalah tanaman yang baik dalam mengontrol udara dan polutan di sekelilingnya. Tanaman lidah mertua ini mampu menyerap CO2, banzena, formaldehyde, xylene dan toluene.

3. Menyerap CO2 di malam hari

Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa tanaman lidah mertua terus menerus menghasilkan oksigen di malam hari. Namun, tanaman ini sudah terbukti mampu menyerap CO2 di malam hari.

Proses penyerapan CO2 ini diprakarsai Metabolisme Asam Crassulacean (CAM) yang mampu melakukan fotosintesis tertentu. Pada malam hari, tanaman lidah mertua ini membuka stomata mereka untuk meminimalkan kekeringan atau kehilangan air dalam kondisi panas.

Waspadai sinar uv di malam hari. (Unsplash/Joshua Rawson-Harris)

4. Mengurangi alergi udara

Tanaman lidah mertua yang menghasilkan banyak oksigen, menyerap CO2, dan senyawa organik rupanya juga bisa membantu mengurangi kemungkinan alergi di udara. Jadi, tanaman lidah mertua ini seperti filter udara yang membersihkan udara di sekitarnya.

5. Energi pelindung

Dalam feng shui, tanaman berduri seperti lidah mertua yang memiliki ujung tajam dipercaya baik untuk melawan energi negatif, apalagi jika diletakkan di sudut ruangan yang tepat.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Belanja Luxury yang Unik, Cuma Buka Seminggu!

Adapun tempat terbaik meletakkan tanaman lidah mertua ini adalah di sudut tenggara, selatan atau timur. Itu adalah titik paling tepat yang akan membawa energi pelindung di rumah. (HiMedik.com/Shevinna Putti Anggraeni)

lifestyle

Resep Garlic Cheese Cookies, Kue Kering Special untuk Lebaran

Tak melulu manis, kue kering seperti garlic cheese cookies juga cocok disajikan saat Lebaran.

lifestyle

6 Cara Agar Konsumsi Nasi Lebih Aman, Termasuk Pakai Metode Cuci Bersih

Untuk itu penting mengatur ulang dan membuat kebiasaan lain yang dapat membuat tubuh terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

lifestyle

32 Tahun Hadir di Indonesia, The Body Shop Ubah Konsep Toko dan Lakukan Inovasi Digital

Toko ini merupakan toko ketiga di Jakarta dan menjadi lambang dari komitmen The Body Shop untuk terus berinovasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman.

lifestyle

Hasil Survei: Perjalanan Ramah Lingkungan Lebih Disukai Wisatawan

Berdasarkan hasil survei, 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

lifestyle

Liburan ke Luar Negeri Susah Cari Makanan Halal? Dian Ayu Lestasi Berbagi Tips Mudahnya

Suka jalan-jalan ke luar negeri? Dian Ayu Lestari ungkap caranya mencari makanan halal.

lifestyle

8 Arti Mimpi Uang Robek, Bakal Ada Perubahan Prioritas Hidup

Apakah mimpi uang robek selalu berkaitan dengan masalah keuangan?