Sabtu, 03 Desember 2022
Rima Sekarani Imamun Nissa : Rabu, 10 April 2019 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Dewiku.com - Sansevieria atau lebih dikenal dengan lidah mertua merupakan salah satu tanaman yang populer di Indonesia dan sering ditemukan di rumah. Tanaman lidah mertua ini bukan sekadar tumbuhan biasa karena bisa memberikan banyak manfaat bagi pemiliknya.

Tanaman lidah mertua ini memiliki ciri fisik berupa daun yang memanjang berwarna hijau dengan bintik-bintik putih di atasnya. Biasanya orang membeli tanaman lidah mertua ini hanya untuk hiasan rumah. Padahal dia memiliki banyak manfaat yang mungkin belum banyak diketahui orang.

Dilansir dari Balcony Garden Web, berikut enam manfaat tanaman lidah mertua.

1. Menghasilkan oksigen

Sebuah penelitian yang diterbitkan Harvard University Extension menyatakan lidah mertua ini termasuk tanaman hias yang paling banyak menghasilkan oksigen, selain ficus dan pothos.

Tanaman lidah mertua. (Pixabay/zoosnow)

2. Menghilangkan polusi udara

Salah satu manfaat tanaman lidah mertua adalah mampu menghilangkan polusi udara yang membahayakan kesehatan dan bisa memicu kanker.

Pada eksperimen NASA tahun 1989, terbukti tanaman dengan permukaan daun yang lebar seperti lidah mertua adalah tanaman yang baik dalam mengontrol udara dan polutan di sekelilingnya. Tanaman lidah mertua ini mampu menyerap CO2, banzena, formaldehyde, xylene dan toluene.

3. Menyerap CO2 di malam hari

Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa tanaman lidah mertua terus menerus menghasilkan oksigen di malam hari. Namun, tanaman ini sudah terbukti mampu menyerap CO2 di malam hari.

Proses penyerapan CO2 ini diprakarsai Metabolisme Asam Crassulacean (CAM) yang mampu melakukan fotosintesis tertentu. Pada malam hari, tanaman lidah mertua ini membuka stomata mereka untuk meminimalkan kekeringan atau kehilangan air dalam kondisi panas.

Waspadai sinar uv di malam hari. (Unsplash/Joshua Rawson-Harris)

4. Mengurangi alergi udara

Tanaman lidah mertua yang menghasilkan banyak oksigen, menyerap CO2, dan senyawa organik rupanya juga bisa membantu mengurangi kemungkinan alergi di udara. Jadi, tanaman lidah mertua ini seperti filter udara yang membersihkan udara di sekitarnya.

5. Energi pelindung

Dalam feng shui, tanaman berduri seperti lidah mertua yang memiliki ujung tajam dipercaya baik untuk melawan energi negatif, apalagi jika diletakkan di sudut ruangan yang tepat.

Adapun tempat terbaik meletakkan tanaman lidah mertua ini adalah di sudut tenggara, selatan atau timur. Itu adalah titik paling tepat yang akan membawa energi pelindung di rumah. (HiMedik.com/Shevinna Putti Anggraeni)