lifestyle

Terlalu Miskin, Kotoran Sapi dan Kulit Binatang Dijadikan Pembalut

Pembalut alternatif dinilai cukup efektif menyerap darah haid.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kamis, 18 April 2019 | 06:42 WIB

Masih banyak perempuan di berbagai belahan dunia yang tidak memiliki akses terhadap produk sanitasi akibat kemiskinan. Bahkan, ada yang sampai memanfaatkan kotoran sapi dan kulit binatang untuk dijadikan pembalut.

Sebanyak 40 persen anak perempuan terpaksa menggunakan tisu toilet karena mereka tak mampu membeli produk sanitasi di Inggris, wilayah yang dikenal sebagai negara maju. Namun, di kondisi di belahan dunia lain bisa lebih mengerikan.

Dilansir dari Metro, seorang perempuan dari Uganda mengaku harus menggali lubang di tanah dan duduk di atasnya untuk mengalirkan darah menstruasi. Beberapa dari mereka yang menstruasi bahkan tidak mempunyai akses kebutuhan dasar seperti air bersih dan toilet.

Baca Juga: 30 Stiker Toples Lebaran yang Desainnya Bikin Gemas, Gratis Siap Cetak!

Badan amal Water Aid mengumpulkan galeri foto untuk menunjukkan metode yang digunakan para perempuan untuk memberikan gambaran mengenai realitas kemiskinan.

Ilustrasi pembalut. (Shutterstock)

Water Aid melaporkan, satu dari sembilan orang tidak memiliki air bersih di dekat rumah mereka dan satu dari tiga orang tidak punya toilet layak. Water Aid juga berbicara dengan beberapa perempuan terkait metode apa yang mereka gunakan untuk kebutuhan sanitasi.

Limpo, perempuan 22 tahun dari Zambia, mengaku menggunakan kotoran sapi kering. Dia memotongnya menjadi seperti kue kecil dan membungkusnya dengan kain.

Baca Juga: Tyas Mirasih Jual Tas Mewah ke Nagita Slavina, Hasilnya di Luar Ekspektasi

''Saya tidak meletakkan kotoran sapi kering tersebut langsung ke kulit saya. Saya membungkusnya dengan kain dan menempatkannya dengan baik untuk menampung aliran darah menstruasi tanpa menodai pakaian lain,'' kata dia.

Menurut Limpo, mentode itu dia sukai karena kotoran sapi kering dapat menyerap banyak darah sehingga membuatnya tidak kesulitan saat menstruasi.

''Setelah menyerap darah, saya dengan hati-hati membuangnya. Saya biasanya menggali lubang kecil di tanah dan menguburnya. Dalam budaya kita, laki-laki tidak diperbolehkan melihat hal-hal seperti itu,'' tutur Limpo kemudian.

Sapi. (Unsplash/Doruk Yemenici)

Berbeda dari Limpo, Lepera Joyce asal Uganda menggunakan rok menstruasi dari kulit binatang. Pembalut biasa dinilai terlalu boros.

''Suatu kali saya membeli sebungkus pembalut perempuan dari toko, tapi saya tidak menyukainya karena jika seseorang memiliki aliran darah yang deras ia dapat menggunakan lebih dari tiga pembalut dalam sehari dan harganya mahal,'' ujar Lepera.

Selain itu, Lepera menganggap pembalut di pasaran berukuran kecil sehingga tidak menyerap semua darah. Hal itu berbeda dengan rok dari kulit kambing yang bisa dipakai sepanjang hari.

Sangita, perempuan asal Nepal, juga membuat pembalutnya sendiri. Dia bilang, pembalut di pasaran itu tidak hanya mahal. Jika tidak dibuang dengan benar, itu juga akan mencemari lingkungan.

''Di kota seperti tempatkami, di mana tidak ada rencana untuk mengelola limbah padat, pembalut semacam ini dapat mencemari sumber air kami juga jika tidak dibuang dengan benar,'' ucap dia.

Water Aid kemudian menyatakan semua perempuan harus memiliki akses ke produk sanitasi yang bersih dan aman sebagai pilihan mereka. Mereka kemudian mendesak pemerintah masing-masing negara untuk mengambil tindakan terhadap kemiskinan.

Baca Juga: Sepatu Pernikahan Sandra Dewi Disorot Lagi, Bertabur Ribuan Kristal

''Water Aid menyerukan kepada pemerintah di seluruh dunia untuk memprioritaskan sanitasi yang layak, air bersih, dan kebersihan yang baik di sekolah, rumah, dan tempat kerja, dan akses ke produk sanitasi untuk semua, guna memastikan bahwa perempuan tidak dikecualikan dari masyarakat akan kebutuhan sebulan sekali mereka,'' ungkap pihak Water Aid. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

lifestyle

30 Stiker Toples Lebaran yang Desainnya Bikin Gemas, Gratis Siap Cetak!

Percantik toples Lebaran di rumah dengan menempelkan aneka stiker lucu.

lifestyle

4 Zodiak Ini Terkenal Ambis Banget, Hidupnya Nggak Gampang Puas

Beberapa zodiak ini tidak mudah merasa puas dengan capaian hidup mereka.

lifestyle

6 Arti Mimpi Ketinggalan Bus, Insiden yang Bikin Panik saat Mudik

Apa makna di balik mimpi ketinggalan bus yang mungkin pernah kamu alami?

lifestyle

Resep Garlic Cheese Cookies, Kue Kering Special untuk Lebaran

Tak melulu manis, kue kering seperti garlic cheese cookies juga cocok disajikan saat Lebaran.

lifestyle

6 Cara Agar Konsumsi Nasi Lebih Aman, Termasuk Pakai Metode Cuci Bersih

Untuk itu penting mengatur ulang dan membuat kebiasaan lain yang dapat membuat tubuh terhindar dari penyakit mematikan tersebut.