lifestyle

Bisa Bikin Sulit Hamil, Ini Bahaya Infeksi di Area Kewanitaan

Jangan remehkan infeksi di area kewanitaan.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kamis, 16 Mei 2019 | 14:02 WIB

Menjaga kebersihan area kewanitaan, khususnya saat sedang menstruasi, merupakan hal wajib bagi kaum hawa. Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia, Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG (K) menjelaskan, langkah ini diajurkan demi mencegah infeksi dan anemia.

Jika tidak sering dibersihkan, darah menstruasi yang menumpuk di area kewanitaan dan pembalut bakal menjadi media tumbuhnya bakteri dan jamur.

Baca Juga: Kasual dan Menawan, 5 Gaya Dian Sastrowardoyo Pakai Celana Denim

"Karena kalau darah yang menumpuk itu dibiarkan lebih lama, dia akan menginfeksi rongga vagina, lalu rongga rahim, terus naik ke atas. Ada dampak yang bisa terjadi, salah satunya infertilitas," ungkap dia dalam peluncuran kampanye #KarenaKitaPerempuan #SalingMenjaga dari Mundipharma Indonesia di Jakarta, Rabu (15/5/2019) kemarin.

Saat daerah vagina dan rahim terinfeksi, lanjut dr. Dwiana, sperma tidak bisa masuk bertemu dengan sel telur. Hal inilah yang menyebabkan terjadi pembuahan atau kehamilan menjadi sulit.

Namun, dia menekankan, infertilitas yang dialami akibat infeksi area kewanitaan tidak persisten, berbeda dengan infertilitas permanen yang disebabkan penyakit tertentu.

Baca Juga: 6 Arti Mimpi Bulan Madu ke Luar Negeri, Harapan Indah Segera Tercapai

Pentingnya menjaga kesehatan area kewanitaan. (Shutterstock)

"Jadi kalau ada yang mau punya anak, coba cek, ada infeksi jamur atau tidak ke dokter. Siapa tahu itu yang menyebabkan sulit hamil," ujar dia,

Selain dapat menjalar ke bagian rahim, infeksi pada area kewanitaan juga bisa menjalar ke kantung kemih, sehingga memicu infeksi saluran kemih. Hal ini, kata dr. Dwiana, dikarenakan lubang kantung kemih dengan lubang vagina sangat berdekatan.

Oleh karena itu, dr. Dwiana menyarankan agar perempuan yang tengah menstruasi sering membersihkan area kewanitaan mereka. Hal itu dilakukan minimal 2-3 jam sekali atau maksimal 4-6 jam sekali.

Baca Juga: Liburan ke Malaysia, Harga Tas Ayu Ting Ting dan Bilqis Beda 100 Kali Lipat

"Harusnya setiap kita pergi ke kamar mandi. Kenapa tadi saya menganjurkan pada saat haid harus lebih banyak minum? Supaya kita lebih sering ke kamar mandi, buang air kecil, sering pula membersihkan daerah kewanitaan," tutup dr.Dwiana. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

lifestyle

6 Arti Mimpi Bulan Madu ke Luar Negeri, Harapan Indah Segera Tercapai

Pernah mimpi pergi bulan madu ke luar negeri? Apa maknanya?

lifestyle

8 Arti Mimpi Burung Gagak, Kerap Dikaitkan dengan Kabar Kematian

Apakah kamu pernah bermimpi melihat burung gagak hitam?

lifestyle

5 Zodiak Paling Boros saat Banyak Uang, Kelakuannya Hedon Banget

Beberapa zodiak ternyata punya kecenderungan jadi terlalu boros saat merasa banyak duit.

lifestyle

Shireen Sungkar Berbagi Resep Otak-Otak Ikan Tenggiri, Mertua Approved!

Begini cara membuat otak-otak ikan tenggiri yang enak ala Shireen Sungkar.

lifestyle

5 Tips Berwisata ke Dufan Ancol

Berikut ini tips berkunjung ke Dufan di kawasan Pantai Wisata Ancol.