lifestyle

Simbol Pergerakan Perempuan, Ini 4 Fakta Menarik Hari Ibu

Hari Ibu tidak cuma milik perempuan yang sudah menjadi ibu

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kamis, 19 Desember 2019 | 13:13 WIB

Masyarakat Indonesia memeringati tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Banyak cara dan kegiatan yang sering diselenggarakan setiap tahun untuk merayakannya.

Namun, tahukah Anda jika awal mula peringatan Hari Ibu bukan cuma dipersembahkan untuk mereka yang telah menjadi ibu? Hari Ibu didedikasikan untuk semua perempuan luar biasa di Indonesia.

Nah, simak beberapa fakta menarik Hari Ibu berikut ini:

Baca Juga: Hasil Studi: Banyak Gen Z Resign karena Gaji Tak Sesuai Harapan

1. Kongres Perempuan Indonesia I

Mengutip id.wikipedia.org, Kongres Perempuan Indonesia pertama diselenggarakan di Yogyakarta pada 22-25 Desember 1928. Kongres itu diikuti oleh 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatra.

Kongres ini bertujuan memperjuangkan hak-hak perempuan, terutama di bidang pendidikan dan pernikahan. Sekitar 1.000 orang tercatat menghadiri resepsi pembukaan pada 22 Desember 1928.

Baca Juga: Pergi Mancing Ikan, Prilly Latuconsina Bawa Tas Branded

Presiden RI Soekarno lalu menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Ibu Nasional melalui Dekret Presiden RI No. 316 Tahun 1959.

Ibu dan anak. (Shutterstock)

2. Mengenang pahlawan perempuan

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, bersama Ibu Wakil Presiden RI, Wury Handayani Ma’ruf Amin, dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) DKI Jakarta, Fery Farhati Ganis, melakukan ziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata, beberapa waktu lalu.

Ziarah ini termasuk rangkaian acara Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-91. Tujuannya adalah memberikan tanda penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan, termasuk pahlawan perempuan yang telah berjuang untuk bangsa maupun pahlawan yang berjuang dalam keluarga.

"Saya harap agar nilai-nilai perjuangan dari para pahlawan terdahulu, dapat memberikan ruang dan semangat bagi perempuan Indonesia, khususnya bagi generasi milenial saat ini untuk bekerja keras dan terus berjuang, mengeksplorasi diri, serta saling menginspirasi dalam membangun bangsa," tutur Menteri Bintang, dalam siaran pers yang diterima Suara.com---jaringan DewiKu.com, Selasa (17/12/2019).

Ilustrasi Hari Ibu (Pixabay/5540867)

3. Negara-negara di dunia memperingati Hari Ibu di tanggal berbeda

Tentu saja bukan cuma Indonesia yang punya Hari Ibu. Namun, negara lain tidak merayakannya di tanggal 22 Desember.

Dilansir dari Reader’s Digest, Meksiko disebut merayakan Hari Ibu setiap tanggal 10 Mei. Prancis malah punya tradisi yang cukup unik, yaitu memeringati Hari Ibu setiap Minggu terakhir bulan Mei atau Minggu pertama Juni.

4. Perbedaan cara merayakan Hari Ibu

Masyarakat Indonesia merayakan Hari Ibu dengan beragam cara. Umumnya, itu dilakukan dengan memberi hadiah, mengajak jalan, hingga makan bersama.

Merayakan Hari Ibu. (Shutterstock)

Bagaimana dengan perayaan Hari Ibu di luar negeri? Masih melansir Reader’s Digest, ada berbagai tradisi menarik yang dilakukan di negara lain.

Contohnya adalah Nepal. Hari Ibu di negara ini dikenal dengan nama Mata Tirtha Aunsi dan diselenggarakan mengikuti penanggalan kalender lunar. Mereka bakal mengadakan perayaan suci untuk menghormati dan mengenang para ibu yang telah meninggal.

Baca Juga: Kiky Saputri Keguguran karena Masalah Kista, Ketahui Gejalanya

Setiap tahunnya, warga Nepal akan berkumpul di sebuah desa di Kathmandu dan masuk ke dalam kolam Matatritha. Tradisi ini diyakini akan mengantarkan kedamaian kepada jiwa para ibu yang sudah tiada.

lifestyle

Hasil Studi: Banyak Gen Z Resign karena Gaji Tak Sesuai Harapan

Survei ini membedah preferensi Gen Z dalam dunia kerja

lifestyle

Resep Jamur Krispi, Bisa Jadi Camilan Buka Puasa

Begini cara membuat jamur goreng krispi yang enak.

lifestyle

15 Ide Menu Takjil Ramadan, Aneka Kolak hingga Gorengan

Mau bagi-bagi takjil di bulan Ramadan? Berikut ide menu takjil yang bisa kamu siapkan.

lifestyle

8 Arti Mimpi Amputasi Kaki, Masalah Rumit Mendadak Datang?

Berikut beberapa makna di balik mimpi kaki diamputasi yang mungkin pernah kamu alami.

lifestyle

Kreasi Menu Ramadan, Resep Mi Instan Versi Lebih Sehat

Mi instan bisa dikreasikan menjadi menu buka puasa maupun sahur dengan penyajian lebih sehat.