lifestyle

Merasa Jenuh? Me Time 20 Menit Bikin Suasana Hati Membaik

Me Time berkualitas bisa dilakukan setiap hari hanya dengan menyisihkan waktu 20 menit.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Senin, 16 Agustus 2021 | 07:01 WIB

Setiap orang sebenarnya membutuhkan me time di sela-sela kegiatan sehari-hari. Baik pekerja kantoran atau ibu rumah tangga, semua butuh waktu untuk sendirian. Selain membantu meredakan stres, me time juga bermanfaat mengembalikan energi yang terbuang saat beraktivitas. Namun, berapa lama waktu yang ideal untuk me time supaya efektif?

Mia Dharma, Certified Image Consultant & Professional Trainer, mengungkapkan bahwa rasa lelah, jenuh dan stres merupakan hal manusiawi yang tidak bisa dihindari. Masalah ini tentu harus diatasi supaya tak berkepanjangan. Salah satu caranya adalah mengontrol stres dengan menyediakan waktu untuk diri sendiri.

"Kalau jenuh ya istirahat, cari waktu 20 menit sehari untuk mencari hal-hal yang kita senangi atau sukai, ibarat seperti handphone perlu di-charge. 20 menit bikin kita fresh lagi, mood jadi bagus dan lakukan lagi tanggung jawab sebagai ibu, istri dan wanita," ujar Mia dalam diskusi "Empowered Alpha Moms" padaKamis (12/8/2021) pekan kemarin.

Baca Juga: 8 Arti Mimpi Pinjam Uang, Pertanda Kebanyakan Utang di Dunia Nyata?

Apa saja yang dapat dilakukan ketika menikmati me time? Banyak! Mulai dari baca buku, nonton serial drama, minum kopi, belanja, atau bahkan sekadar duduk tanpa melakukan apa-apa.

Ilustrasi belanja. (Pixabay/gonghuimin468)

Saat energi kembali terisi, seseorang akan menjadi lebih segar dan siap menjalankan aktivitasnya lagi. Menurut Mia, me time juga membuat seseorang menjadi lebih bahagia.

Saat merasa bahagia, kita akan menularkan energi positif bagi orang-orang di sekeliling. Oleh karenanya, penting untuk membuat diri sendiri nyaman sebelum menyenangkan orang lain.

Baca Juga: Web Series Ini Suguhkan Keragaman Kuliner di Jatim, Banjarmasin dan Lombok, Tonton Yuk!

"Apa yang dilakukan akan membawa dampak positif, jadi temukan hal-hal yang disukai, misalnya di rumah tetap dandan. Melakukan hal-hal yang kita senangi itu penting sebelum membuat orang lain happy, diri sendiri harus happy," ucap Mia, seperti dikutip dari Antara.

Mia kemudian mengatakan, setiap orang mesti mampu mengatur energinya dengan seimbang untuk menjaga tingkat kewarasan. Minta tolong orang lain dalam menghadapi masalah juga termasuk cara mengelola emosi.

Baca Juga: Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

"Kita harus mengakui bahwa kita butuh orang lain. Namanya wanita hebat, wanita kuat bukan berarti dia harus tampil sendiri. Tapi di satu sisi harus berani minta tolong. Itu buat support system dan pasti punya me time," tuturnya. (*Vania Rossa)

lifestyle

Hasil Survei: Perjalanan Ramah Lingkungan Lebih Disukai Wisatawan

Berdasarkan hasil survei, 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

lifestyle

Manfaat Minum Susu saat Sahur, Minuman Sehat Kaya Protein

Belum banyak yang tahu, ini pentingnya konsumsi susu saat sahur.

lifestyle

Liburan ke Luar Negeri Susah Cari Makanan Halal? Dian Ayu Lestasi Berbagi Tips Mudahnya

Suka jalan-jalan ke luar negeri? Dian Ayu Lestari ungkap caranya mencari makanan halal.

lifestyle

5 Resep Kue Bawang Renyah, Camilan Gurih di Hari Lebaran

Mau bikin kue bawang sendiri di rumah? Simak resep di bawah ini!

lifestyle

8 Arti Mimpi Uang Robek, Bakal Ada Perubahan Prioritas Hidup

Apakah mimpi uang robek selalu berkaitan dengan masalah keuangan?

lifestyle

Cegah Masalah Asam Lambung, Habis Sahur Jangan Langsung Tidur

Penderita asam lambung juga tidak langsung makan berat saat berbuka puasa.