Sabtu, 03 Desember 2022
Amertiya Saraswati : Jum'at, 15 Oktober 2021 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Dewiku.com - Daur ulang sampah kini sudah menjadi aktivitas yang banyak dilakukan. Meski begitu, ada pula yang masih bingung atau merasa kerepotan dalam mendaur ulang sampah.

Salah satu sampah yang bisa dikumpulkan dan didaur ulang adalah sampah kemasan karton minuman. Sampah kemasan karton dapat ditemukan dengan mudah di rumah.

Untuk mempermudah proses mengumpulkan dan mendaur ulang sampah kemasan karton, belum lama ini SIG Combibloc Indonesia dan aplikasi Duitin berkolaborasi untuk merilis kampanye daur ulang.

Lewat gerakan ini, SIG x Duitin berharap dapat menyemangati masyarakat Indonesia dalam memilih, memisahkan, dan mendaur ulang sampah kemasan karton seperti yang dipakai untuk kotak susu, jus, dan lain sebagainya.

Selain itu, masyarakat Indonesia juga dapat berpartisipasi dalam siklus daur ulang yang lengkap sekaligus mendapatkan insentif. Seperti apa tips dan langkah-langkahnya?

Tips Daur Ulang Sampah Karton Kemasan SIG x Duitin (tangkap layar Zoom)

1. Menggunakan aplikasi Duitin

Duitin merupakan aplikasi yang bertujuan mengajak masyarakat Indonesia mendaur ulang sampah anorganik.

Agar pengalaman daur ulang lebih mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi Duitin. Aplikasi ini juga akan memberikan reward ke pengguna.

2. Pilih jenis sampah untuk didaur ulang

Pada aplikasi, Anda dapat memilih jenis sampah yang hendak didaur ulang. Khusus kolaborasi dengan SIG Combibloc Indonesia, pilih sampah kemasan karton.

3. Tentukan estimasi berat

Langkah berikutnya, tentukan estimasi berat sampah. Minimal, jumlah sampah harus mencapai 3 kg agar bisa diambil oleh picker dari Duitin.

Selain itu, Anda bisa menukarkan lebih dari satu jenis sampah daur ulang.

Tips Daur Ulang Sampah Karton Kemasan SIG x Duitin (tangkap layar Zoom)

4. Lihat estimasi reward yang diperoleh

Setelah menentukan jenis dan berat sampah, pengguna juga bisa melihat estimasi reward yang didapatkan. Reward ini nantinya bisa dicairkan dalam bentuk uang.

5. Tentukan lokasi pengambilan dan waktu pengambilan

Terakhir, Anda dapat memilih lokasi dan waktu pengambilan sampah. Pihak Duitin telah menyediakan picker yang akan menjemput dan menimbang ulang sampah.

6. Jangan lupa membilas dan melipat kemasan karton

Karton kemasan sendiri perlu dibilas dan dikemas sebelum bisa dikumpulkan untuk daur ulang. Hal ini diperlukan agar sampah karton kemasan tidak memakan tempat di bak sampah.

Selain itu, SIG x Duitin juga menggelar tantangan #WayBeyondGood Generation yang berhadiah satu unit PS5.

Untuk mengikuti tantangan tersebut, masyarakat diminta membuat video reels di Instagram yang menampilkan proses membilas, melipat, dan menggunakan aplikasi Duitin dalam menjemput sampah karton kemasan berlogo SIG.

Tertarik mencoba tips daur ulang sampah kemasan karton satu ini?

BACA SELANJUTNYA

5 Bulan Gerakan Sustainable Lifestyle, Terkumpul 3,7 Ton Sampah Kecantikan